KIPRAH PROGRAM KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA UNPATTI

UNPATTI,- Universitas Pattimura melalui bagian Kemahasiswaan dan Alumni terus berupaya untuk melakukan Program Kewirausahaan Mahasiswa dengan membentuk kelompok wirausaha mahasiswa dan mendanai kegiatan-kegiatan yang terkait dengan kewirausahaan  bagi 9 fakultas yang ada pada Universitas Pattimura, dengan bersumber dari dana Program Mahasiwa Wirausaha, Kamis (14 Januari 2021).

Berbagai usaha dipercayakan kepada masing-masing kelompok mahasiwa, yakni FPIK dan Fakultas MIPA melakukan pengelolaan terhadap keramba jaring apung , Fakultas FISIP dan FKIP melakukan pengelolaan tumbuhan hidroponik, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran dan Fakultas Hukum membuat pengembangan tumbuhan hidroponik, Fakultas Ekonomi melakukan olahan kerajinan berupa souvenir dan florist, Fakultas Teknik melaukan usaha pengelasan konstruksi ringan untuk perabot rumah tangga berupa (tempat bunga) sesuai dengan pesanan.

Selain itu Universitas Pattimura juga menyediakan 2 buah keramba jaring apung untuk dikelola oleh para mahasiswa. Sesuai dengan SK Rektor Nomor 2053/UN13/SK/2020  telah dibentuk Kelompok Wirausaha Pada Program Mahasiswa Wirausaha, yang pendanaan bersumber dari DIPA BLU Unpatti. Dalam upaya tersebut ada  80 orang mahasiswa yang terlibat dari seluruh fakultas di Universitas Pattimura, salah satunya adalah pada pengembangan wirausaha keramba jaring apung dimaksud.

Apa yang dilakukan para mahasiswa ini di harapkan dapat menumbuhkan motivasi untuk berwirausaha, berkreatifitas dan berinovasi sebagai bagian dari Kampus Merdeka Merdeka Belajar, dan upaya untuk mengembangkan diri menjadi wirausaha muda yang berkiprah sesuai bidang ilmu yang ditekuni.

Leave a Reply

Your email address will not be published.