Penyerahan Bonus Dan Sertifikat Kompetisi Virtual Mahasiswa Universitas Pattimura 2020

UNPATTI,-  Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum melakukan penyerahan Bonus dan Sertifikat kepada para pemenang Kompetisi Virtual Mahasiswa Universitas Pattimura Tahun 2020, didampingi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Jusuf Madubun, M.Si, serta penyerahan dokumen pemenang lomba tersebut kepada Direktur Pattimura Media Group, Sahlan Helut, agar dapat dipublikasi. Acara tersebut berlangsung di Aula lantai II, Gedung Rektorat Universitas Pattimura, Rabu (27/1/2021). Kegiatan diawali dengan Pembukaan hingga penyerahan dokumen hasil lomba dan sertifikat dari Rektor kepada Direktur Pattimura Media Group.

Adapun mata lomba yang diperlombakan dalam Kompetisi Virtual Mahasiswa Universitas Pattimura 2020 meliputi Kategori Penulisan Esai, Penulisan Puisi, Penulisan Cerpen, Desain Poster, Fotografi dan Video Pendek. Dalam perlombaan tersebut, mahasiswa yang berhasil memenangkan lomba kategori Penulisan Esai, antara lain:

  1. Muhammad Nur Habib (Juara I) dengan NIM 201569041, Program Studi Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, judul karya “Tatanan Baru Alam Semesta Generasi Milenial”
  2. Baqum Saimima Wakano (Juara II) dengan NIM 201880030, Program Studi Kehutanan, Fakultas Pertanian, judul karya “Platform Interaktif Sebagai Model Pembelajaran Baru Milenial Universitas Pattimura”
  3. Ode Dermansya (Juara III) dengan NIM 201825120, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, judul karya “Saatnya Kita Bangkit Dan Melawan Covid-19”

untuk kategori Penulisan Puisi, mahasiswa yang berhasil memenangkan lomba tersebut antara lain:

  1. Muhamad Akib Tatroman (Juara I) dengan NIM 201635052, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, judul karya “Jalan-Jalan Bersama Bayang-Bayang”
  2. Hendra Rusdi Wattimena (Juara II) dengan NIM 201974002, Program Studi Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, judul karya “Psikopat Tak Kasat Mata”
  3. Cristina Natalia Sinaga (Juara III), dengan NIM 202030165, Program Studi Akuntasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, karya judul “Anugerah Dan Kutukan”

mahasiswa yang berhasil memenangkan lomba kategori Penulisan Cerpen, antara lain:

  1. Excellion Soplero (Juara I), dengan NIM 201974021, Program Studi Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, judul karya “Kehadiran Pandemi Membayar Rinduku”
  2. Arlisa Putri Sihombing (Juara II), dengan NIM 201766017, Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, judul karya “00.00”
  3. Julyanty Misye Polibu (Juara III), dengan NIM 201935037, Program Studi Pendidikan Sastra dan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, judul karyan “Senyum Yang Hampir Hilang”

kategori Desain Poster, berhasil diraih oleh mahasiswa:

  1. Sammy Imanuel Joab Lesnussa (Juara I), dengan NIM 202048037, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, judul karya “Pattimura Muda Pake Masker”
  2. Nada Dwi Faihah Madubun (Juara II), dengan NIM 201725021, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, judul karya “Virus In Your Area, Protect Yourself”
  3. Marco Stevyus Hetharia (Juara III), dengan NIM 201730048, Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, judul karya “Mahasiswa Universitas Pattimura Melawan Covid-19”

untuk kategori Forografi, mahasiswa yang berhasil memenangkan lomba tersebut antara lain:

  1. Angel Marsenda Siahaya (Juara I), dengan NIM 201974082, Program Studi Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, judul karya “Bertahan Ditengah COVID-19 Laksana Ilmu Yang Ada Di Buku”
  2. Hendra Rusdi Wattimena (Juara II), dengan NIM 201974002, Program Studi Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, fakultas Teknik, judul karya “Semangat Belajar Di Tengah Pandemi”
  3. Panji Stevani Jotlely, dengan NIM 201876053, Program Studi Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, judul karya “Perjuangan VS Covid-19”

dan mahasiwa yang berhasil memenangkan lomba tersebut, kategori Video Pendek, antara lain:

  1. Maria Oktaviani Uto Hawan (Juara I), dengan NIM 202043004, Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, judul karya “Kuliah Online Tetap Efektif Dimasa Pandemi”
  2. Muhammad Hasan (Juara II), dengan NIM 201725014, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, judul karya “Once For A Lifetime”
  3. Elsafira Jihan Islami (Juara III), dengan NIM 201725006, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, judul karya “Mahasiswa Pandemi”.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiwaan dan Alumni, Dr. Jusuf Madubun, M.Si melaporkan, dalam rangka meningkatkan Kreativitas dan Inovasi dari mahasiswa Universitas Pattimura di masa Pandemi Covid-19, melalui Bidang Kemahasiswaan dan Alumni telah menyelenggarakan kegiatan Kompetisi Virtual Mahasiswa Universitas Pattimura Tahun 2020, dengan tema “Pandemi Covid-19 Dimata Milenial Universitas Pattimura”.

“Ada 6 mata lomba yaitu Penulisan Esai, Penulisan Puisi, Penulisan Cerpen, Desain Poster, Fotografi dan Video Pendek. Tahapan kegiatan dilaksanakan dalam 4 tahap antara lain, tahap I yaitu Open Recruitment berlangsung sejak tanggal 21-30 November 2020, tahap II yaitu Penilaian Dewan juri berlangsung tanggal 01-08 Desember 2020, tahap III yaitu Pengumuman Pemenang berlangsung tanggal 28 Desember 2020 dan tahap IV yaitu Penyerahan bonus dan Sertifikat berlangsung sejak hari ini. Kegiatan tersebut sekaligus dilakukan Penyerahan Dokumen Karya Lomba kepada Pattimura Media Group untuk ditayangkan pada 3 media yaitu Pattimura TV, Radio Suara Pattimura dan Pattimura News”, tutur Dr Madubun. Lanjut dikatakan, ada 120 karya oleh 99 peserta “Jadi, ada 1 peserta yang menyampaikan 1, 2 hingga 3 karya dalam cabang lomba yang berbeda sehingga partisipaasi dari 99 peserta memiliki jumlah 120 karya”.

Beliau juga mengatakan, kami mengharapkan bahwa apa yang dihasilkan dalam lomba tersebut bisa memacu dan memicu kreativitas dan inovasi di waktu-waktu mendatang terutama mempersiapkan diri untuk mengikuti berbagai event Nasional maupun International serta para mahasiswa memiliki motivasi yang kuat untuk mengikuti lomba. Dr Madubun juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada para Dewan Juri yang meluangkan waktu untuk mengikuti dan menilai para peserta dalam kegiatan lomba tersebut khususnya membutuhkan waktu untuk membaca karya kategori Cerita Pendek (CERPEN).

Dr Madubun berharap, apa yang dihasilkan hari ini menjadi satu poin bagi anda semua untuk meningkatkan lagi kreativitas dan inovasi pada diri masing-masing. “Jangan pernah berhenti berkarya, karena dengan karya itulah anda terkenal dan mendapatkan apa yang dicita-citakan”, ujarnya. Selamat dan Sukses bagi para pemenang lomba.

Sementara itu, Rektor dalam sambutan mengucapkan terimakasih kepada Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni yang telah menggagas kegiatan ditengah Pandemi Covid-19 bersama-sama dengan para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan serta para Dewan Juri dan hasilnya telah disampaikan. “Itu berarti dalam kondisi Pandemi Covid-19, kita tetap eksis melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam seluruh kekurangan dan keterbatasan masing-masing”, tutur Rektor.

Prof Saptenno mengatakan, dari 99 peserta ada 18 peserta yang berhasil meraih juara, mendapatkan sertifikat dan penghargaan. Kedepan kegiatan terus dilanjutkan dengan kegiatan lainnya. Dikatakan juga, perlu diketahui bulan Februari, Universitas Pattimura akan melakukan Launching Studio Rekaman. “Karena itu lewat Studio Rekaman, kita dapat berimprovisasi, berinovasi, berkreativitas walaupun ditengah Pandemi Covid-19”, katanya. Kepada Direktur Pattimura Media Group, Prof Saptenno berharap, semua karya dapat di dokumentasikan dan di publikasikan pada media-media Universitas Pattimura.

Rektor berharap, kedepan dapat dimulai dengan lomba Karya Tulis Ilmiah, agar menjadi landasan untuk berkompetisi pada tingkat Regional, Nasional maupun Internasiona, serta dapat berkarya dan dimasukkan pada media-media yang ada di Universitas Pattimura sehingga orang dengan mudah dapat membaca pikiran-pikiran saudara sehingga bermakna bagi orang lain.

Kegiatan dihadiri, Dekan Fakultas Hukum, Dr. Rory J. Akyuwen, S.H, M.Hum., para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni., para Dewan Juri., Koordinator Kemahasiswaan, Sub koordinator Minat dan Bakat dan Sub Koordinator Humas, serta para mahasiswa pemenang lomba. Kegiatan berlangsung dengan menerapkan prosedur Kesehatan Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published.