SOSIALISASI SNMPTN DAN SBMPTN 2021

UNPATTI,- Jelang Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2021, Universitas Pattimura menyelenggarakan sosialisasi SNMPTN, UTBK dan SBMPTN 2021 secara Daring, Jumat, (15/01).

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd mengatakan bahwa pada  tahapan penerimaan mahasiswa baru ada 3 mekanisme yang dijalankan  yakni, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN). Materi yang akan di berikan pada sosialisasi hari ini adalah materi yang diberikan dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Prof. Leiwakabessy mangatakan, untuk SNMPTN mekanisme seleksi secara administratif dilakukan LTMPT Pusat sedangkan untuk SBMPTN Universitas Pattimura melalui Program Studi akan menyampaikan data terkait jurusan- jurusan yang siap menampung lulusan SMK dan SMA.

Lebih lanjut dikatakan, yang menjadi persoalan dalam pendaftaran SNMPTN maupun SBMPTN adalah siswa harus memiliki akun LTMPT. Akun LTMPT diperoleh siswa, ketika sekolah dimana siswa itu belajar harus mengisi Pangkalan Data Siswa sekolah (PDSS). PDSS itu juga menjadi ukuran indikator evaluasi sekolah terhadap siswa, guru dan institusi. “Jadi kalau sekolah kemudian tidak mengupdate PDSS siswa, dan ketika diminta akun LTMPT karena dia link dengan PDSS, maka siswa tidak terdaftar di PDDS rugilah siswa itu. Kami di Perguruan Tinggi tidak bisa buat apa-apa, karena ini urusan akunnya sekolah masing – masing. Menjadi hal penting yang harus diperhatikan dinas adalah melihat sekolah-sekolah yang tidak mengupload updating PDSSnya, jangan sampai operator sekolah di daerah-daerah tidak paham terkait dengan PDSSnya dan siswalah yang dirugikan”.

Beliau berharap, melalui sosialisasi ini, semua kepala sekolah, operator sekolah maupun para siswa dapat memahami bagaimana cara untuk dapat mengakses jalur masuk ke Perguruan Tinggi Negeri.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Dr. Ir. Insun Sangadji, M.Si dalam sambutannya mengatakan, suatu kehormatan bagi Dinas Pendidikan maupun para kepala sekolah se-Provinsi Maluku bisa mendapatkan kesempatan untuk bertatap muka  walaupun lewat virtual dengan Wakil Rektor Bidang Akademik pada sosialisasi  proses SNMPTN, UTBK dan SBMPTN yang akan belangsung di Universitas. “Saya mengharapakan sosialisasi ini terus dilakukan untuk  memberikan pemahaman kepada satuan-satuan pendidikan maupun para siswa terhadap proses ini, sehingga di tahun ini banyak anak-anak kita yang mendapat kesempatan mengikuti seleksi SNMPTN, UTBK dan SBMPTN maupun Seleksi Masuk Perguruan Tinggi melalui  jalur mandiri.

Kegiatan ini diikuti oleh 222 partisipan yang terdiri dari pera Kepala Sekolah SMU/MA/ SMK, para operator dan pihak terkait se-Provinis Maluku.

Leave a Reply

Your email address will not be published.