WEBINAR KEMENRISTEK/BRIN

UNPATTI,- Jumat, 15 Januari 2021 Mewakili Rektor Universitas Pattimura, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd melalui Zoom Teleconference mengikuti acara Webinar “GeNose Inovasi Teknologi Kemandirian Alat Kesehatan Anak Bangsa”. Hal ini sebagai wujud nyata dukungan Pemerintah menekan kasus penularan melalui suatu sistem survailans, dengan Program 4T (Testing, Tracing, Tracking dan Treatment) yang cepat, akurat dan terjangkau untuk mencegah meluasnya penularan Covid-19. Produk inovasi dari peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM) GAMA e-Nose (GeNose), merupakan inovasi test kit yakni alat deteksi awal untuk  mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC) yang terbentuk karena adanya infeksi COVID-19 yang keluar bersama hembusan nafas ke dalam kantong khusus.

Kegiatan ini diikuti oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Bapak Nizam, masyarakat umum, para Tenaga Medis dan 73 Rektor di seluruh Indonesia yang Kegiatan ini menghadirkan Pembicara antara lain :

  1. Ketua Persatuan Dokter Paru Indonesia, Agus Dwi Susanto
  2. Kepala LBM Eijkman, Amin Soebandrio
  3. Ketua Ikatan Dokter Indonesia, Daeng M. Faqih
  4. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Erlina Burhan
  5. Universitas Airlangga, Fedik Abdul Rantam

yang dipandu moderator, Ali Ghufron Mukti. Kegiatan dibuka secara langsung oleh Menteri Ristek/Kepala BRIN, Bambang Brodjonegoro. Pelaksanaan Webinar diharapkan memberikan  masukan untuk perbaikan kedepannya dan mendapat dukungan agar produk ini nantinya benar-benar dipakai pada tingkat nasional maupun international untuk mendukung Program 4T (Testing, Tracing, Tracking dan Treatment) guna mencegah meluasnya penularan Covid-19. Harapan lainnya agar alat tersebut bisa bermanfaat untuk mendorong Indonesia agar dapat menangani Pandemi Covid-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *