18 Jurnal Unpatti Terakreditasi SINTA

UNPATTI,- Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional, Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan, menyampaikan Hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Tahun 2020 dan 2021 serta Keputusan Menteri Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional Republik Indonesia tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah.

Dalam tahun 2021 ini, Unpatti telah berhasil memperoleh akreditasi sebanyak 6 jurnal sehingga total keseluruhan berjumlah 18 Jurnal yang telah memperoleh akreditasi SINTA (Science and Technology Index) dengan pemeringkatan yang berbeda. 18 Jurnal tersebut adalah :

Terkareditasi peringkat SINTA 3

1. Indonesian Journal of Chemical Research

2. Jurnal Budidaya Pertanian

3. Sasi

4. Barekeng

5. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan

6. Agritekno

7. Belo

Terakreditasi peringkat SINTA 4

1. Triton

2. Jurnal Magister Pendidikan Matematika

Terakreditasi peringkat SINTA 5

1. Tahuri

2. Molluca Medica

3. Agrologia

4. Biopendix

5. Molluca Journal of Chemistry

6. Jurnal Hutan dan Pulau-Pulau Kecil

7. Arika

8. Agrilan

9. Papalele

Ketua Public Management Center ( PMC) Universitas Pattimura Dr. Ir. F. S. Latumahina, S.Hut, M.P,IPU diruang kerjanya Jumat lalu mengatakan “ Universitas Pattimura sampai saat ini memiliki 67 Jurnal, namun belum semua pengelola jurnal berproses secara optimal dalam mengelola jurnalnya. Latumahina memberikan apresiasi yang tinggi terhadap upaya dan kerja dari semua pengelola jurnal sehingga ditahun ini ada kenaikan jumlah jurnal yang terakreditasi oleh Kemenristek “ dimana di tahun 2020 hanya terdapat 12 jurnal, namun ditahun 2021 terdapat penambahan 6 jurnal lagi yang terkareditasi “

Lanjut dikatakan dalam lima tahun terakhir telah terjadi pengalihan penerbitan dari bentuk cetakan ke Online Journal System sehingga hal ini menuntut peran aktif semua pihak di kampus baik pengelola jurnal maupun dosen sebagai penulis artikel. PMC Unpatti akan bekerjasama dan mendorong para pengelola jurnal di program studi untuk tetap melakukan kegiatan publikasi sesuai keilmuan. tutur Dr.Ir. F. S. Latumahina, S.Hut, M.P,IPU yang juga dosen pada Fakultas Pertanian Jurusan Kehutanan ketika melakukan wawancara langsung dengan HUMAS UNPATTI diruang kerjanya lantai 1 Fakultas Pertanian Blok C, Universitas Pattimura, Jumat (29 Januari 2021).

Sampai saat ini akreditasi jurnal pada Universitas Pattimura berada pada pemeringkatan 3-5 SINTA dan diharapkan akan dilakukan reakredistasi agar ada peningkatan peringkat. Menurut Latumahina, ada kendala-kendala yang dihadapi pengelola jurnal ditiap program studi yang perlu mendapat perhatian dari pimpinan tiap unit kerja. Support dari sisi perencanaan dan penganggaran merupakan salah satu hal perlu diperhatikan. Selain itu juga diperlukan adanya motivasi menulis dari tiap dosen pada jurnal ilmiah yang telah ada.

PMC Unpatti yang dibentuk sejak tahun 2020 melalui Surat Keputusan Rektor Nomor 10/UN 13/SK/2020 memiliki tugas utama mengkoordiner dan mendorong publikasi para dosen di lingkungan Universitas Pattimura menjadi lebih baik, maju dan berkembang. Selain dari sisi kuantitas, maka kualitas publikasi dosen Universitas Pattimura harus ditingkatkan baik melalui publikasi nasional maupun internasional. Oleh karena itu PMC akan tetap berupaya agar semua jurnal di Universitas Pattimura bisa terakreditasi serta mendorong semua tulisan dosen terpublikasi pada jurnal-jurnal bereputasi.

PMC juga diharapkan kedepan dapat berperan untuk mendorong Jurnal di Unpatti dapat terkategori jurnal nasional terakreditasi sinta 1 maupun 2 dan menuju jurnal internasional bereputasi “karena salah satu indikator untuk menaikan grade Univesitas dalam bidang penelitian dan publikasi adalah terakreditasinya sejumlah jurnal dan jumlah publikasi dari para dosen”, tegasnya. Selaku Ketua PMC, Latumahina berharap kiranya semua pengelola jurnal bisa bekerja optimal agar ditahun ini jurnal yang diterbitkan dapat diajukan dan mencapai akreditasi minimal SINTA 6 atau reakreditasi untuk peningkatan peringkat. Latumahina juga mengharapkan agar para dosen dapat menulis artikel yang berbobot sesuai dengan pembidangan keilmuan sehingga dapat menembus jurnal bereputasi baik nasional maupun internasional, ujarnya.

Dalam Tahun 2021 PMC Unpatti menargetkan adanya jurnal yang kembali eksis, reakreditasi jurnal, mendorong publikasi jurnal di tiap fakultas, mendorong lahirnya kebijakan yang mendukung baik dari sisi penganggaran maupun fasilitas terhadap pengelolaan jurnal yang ada di Universitas Pattimura, serta melakukan program-program peningkatan kapasitas pengelola jurnal, peningkatan layanan pengelolaan jurnal, pengadaan website PMC, dan penguatan kapasitas dosen untuk menulis artikel. PMC juga akan membangun kolaborasi melalui MOU dengan pengelola jurnal terakreditasi di Indonesia sehingga artikel dari dosen-dosen Unpatti dapat terpublikasi.

Terkait dengan tercapainya peringkat Sinta bagi 18 jurnal maka dalam waktu dekat akan diberikan AWARD dari Rektor Unpatti sebagai bentuk apresiasi atas capaian kerja pengelola jurnal yang ada di Universitas Pattimura.

Leave a Reply

Your email address will not be published.