Aksi Tanam Pohon Gerakan Pramuka Gugus Depan Pattimura 005-006

UNPATTI,- Sejarah pendidikan kepramukaan kita tidak dapat lepas dari riwayat hidup pendiri gerakan kepramukaan sedunia Lord Robert Baden Powell of Gilwell. Hal ini disebabkan pengalaman beliaulah yang mendasari pembinaan remaja di Negara Inggris. Pembinaan remaja inilah yang kemudian tumbuh berkembang menjadi gerakan kepramukaan.

Untuk Memperingati Hari Lahir Baden Powell yang ke 164, Gerakan Pramuka Gugusdepan Pattimura 005-006 mengadakan Aksi Menanam Pohon dengan tema “Tanamkan Harapan Bersama Alam, Serta Gerakan Ditangan Racana” yang dilaksanakan di Hutan Pelagandong Unpatti, Jumat (26/2).

Pohon memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia akan tetapi, banyak manusia yang kurang peduli akan manfaat keberadaan pohon itu sendiri, sehingga dihari ini kita hadir dalam aksi menanam pohon yang merupakan manfaat dari penghijauan sebagai tanda kita mencintai lingkungan yang merupakan aplikasi dari dasar darma cinta alam dan kasih sayang terhadap sesama manusia. Tutur Ir. A. Umasangaji, M.P., yang juga Pembina Gerakan Paramuka Gugusdepan Pattimura 005-006.

Lanjutnya, kegiatan dihari ini bukan hanya sekedar menanam pohon saja tetapi juga menjaga ekosistim yang adalah bagian dari alam dan dapat memberikan keseimbangan lingkungan “lingkungan yang baik adalah lingkungan yang seimbang antara struktur buatan manusia dan struktur alam”.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Jusuf Madubun, M.Si dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan ini mengatakan keseimbangan ekosistem alam dan manusia saling terkait. “Sebutir pasirlah yang membuat kokoh sebuah gedung”, kita merupakan bagian dari analogi sebutir pasir dalam membangun gedung. Sama halnya dengan kegiatan dihari ini, kita memang baru melakukannya dalam skala yang kecil tetapi akan berdampak besar dikemudian hari, karena tanaman yang ditanam hari ini akan tumbuh dan dinakmati serta bermafaat bagi generasi berikutnya, dan bernialai sosial karena memberi kehidupan pada alam.

Dr. Madubun juga memberikan apresiasi terhadap aksi menanam pohon, dan berharap Hutan Pelagandong menjadi semakin hijau dan aksi menanam pohon dapat diperluas bukan hanya di area Hutan Pelagandong Unpatti akan tetapi di lingkungan tempat tinggal kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published.