Diskusi Publik PMKRI – Tantangan dan Peluang Kaum Muda Katolik Dalam Menghadapi Perubahan Sosial

UNPATTI,- Optimisme dalam upaya menghadapi perubahan sosial tidak terlepas dari keterpanggilan iman yang hidup sebagai wujud dari spiritualitas masyarakat terlebih kususnya kaum muda katolik. Kehadiran kaum muda katolik sebagai bagian dari elemen masyarakat setidaknya menjadi formula baru dalam menjawab beberapa kesenjangan sosial dan juga mampu merekontruksi kembali struktur dan tatanan sosial budaya yang dipengaruhi oleh aspek-aspek perubahan sosial itu sendiri hal ini yang menjadi latar belakang diadakanya Diskusi Publik Latihan Kepemimpinan Kader (LKK) Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia Cabang Ambon St. Fransiskus Xaverius Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia Cabang Ambon St. Fransiskus Xaverius Tahun 2021 dengan tema “Tantangan dan Peluang Kaum Muda Katolik Dalam Menghadapi Perubahan Sosial”, berlangsung di Aula lantai II gedung Rektorat Unpatti, Senin (1/2).

Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M.J. Saptenno, S.H., M.Hum dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan ini mengatakan menjadi pemimpin yang baik harus memiliki kemampuan untuk menata internal organisasi, menyelesaikan masalah dengan cara-cara yang dapat diterima oleh anggotanya dan terutama memiliki disiplin dan menjadi contoh. Lanjut dikatakan seorang pemimpin harus membuat sejarah dalam masa kepemimpinanya “lakukanlah perubahan sehingga dapat menjadi makna bagi diri sendiri, orang lain , keluarga, bangsa dan negara”.

Prof. Saptenno berharap melalui kegiatan diskusi publik pada hari ini dapat melahirkan kader-kader PMKRI yang mampu bertahan dalam dinamika perubahan sosial.

Ketua panitia penyelenggara Diskusi Publik Latihan Kepemimpinan Kader (LKK) Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia Cabang Ambon St. Fransiskus Xaverius Tahun 2021 Edi Martinus Tebwaiyanan menjelaskan, tujuan kegiatan diskusi publik ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kaum muda katolik dalam menghadapi tantangan perubahan sosial dan kemampuan kaum muda katolik dalam upaya menjawab kesenjangan dan keresahan masyarakat akibat perubahan sosial.

Narasumber pada kegiatan ini adalah Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Dr. Jantjie Tjibtabudy, S.H., M.Hum, Ketua Presidium Pengurus Pusat PMKRI Benidiktus Papa, Vikaris Jenderal Keuskupan Amboina RD. Ignasius S.S Refo, Bupati Kabupaten Kepulawan Tanimbar Petrus Fatlolon, SH., M.H dengan moderator Christian A.D. Rettob.

Turut hadir, Pastor Moderator PMKRI Cabang Ambon, Pengurus pusat PMKRI, perwakilan dari beberapa organisasi pemuda se-Kota Ambon, pengurus orang muda katolik se-Kota Ambon, keluarga mahasiswa Katolik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unpatti, unit kegiatan mahasiswa Katolik Unpatti, unit kegiatan mahasiswa katolik Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unpatti.

Leave a Reply

Your email address will not be published.