Vaksin Covid-19 Tahap Pertama Bagi 86 Mahasiswa Koas FK Unpatti

UNPATTI,- 86 orang mahasiswa koas Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura menerima vaksin Covid-19 di RSUD dr. M. Haulussy, Ambon. Tindakan ini merupakan persyaratan yang harus dilakukan oleh setiap mahasiswa koas yang akan menjalani rotasi klinik/profesi di RSUD dr. M. Haulussy dan beberapa RS jejaring di Kota Ambon.  “Setelah melakukan rapid antigen pada 19 dan 20 Februari 2021, untuk memastikan para mahasiswa koas bebas dari Covid-19, hari ini mereka menerima vaksin sebagai upaya memberikan perlindungan bagi tubuh mereka supaya mereka tidak sakit jika terpapar dengan Covid-19. Karena ketika menjalani rotasi klinik mereka akan bertemu dengan banyak orang terlebih khusus dengan para pasien” hal tersebut dikatakan Dekan Fakultas Kedokteran Dr. dr. Bertha Jean Que, Sp.S., M.Kes, saat mendampingi mahasiswa koas dalam pelaksanaan vaksin tahap pertama, (Senin, 22/2)

Lanjut dikatakan dalam melaksanakan rotasi klinik, para mahasiswa koas nantinya akan tetap melakukan rapid antigen setiap 2 minggu untuk memastikan bahwa mereka tidak terpapar “Apalagi Koass ini bagian dari tenaga kesehatan yang akan berkontak langsung dengan pasien, mereka akan berada disamping pasien (bedside teaching), melakukan pemeriksaan terhadap pasien, belajar menegakkan diagnosa penyakit, belajar merencanakan pemeriksaan penunjang dan terapi lewat bimbingan dokter spesialis baik pada rumah sakit maupun ditengah masyarakat”

Bertha juga mengatakan rapid antigen dan pemberian vaksin Covid akan dilakukan terhadap 90 orang mahasiswa koas FK Universitas Pattimura yang nantinya akan menjalani rotasi klinik beberapa minggu kedepan sehingga total 176 mahasiswa koas FK Unpatti dinyatakan aman dan sehat untuk melakukan rotasi klinik/profesi pada rumah sakit yang ditunjuk.

“Memang pemberian vaksin menjadi sesuatu yang wajib dilakukan oleh seluruh masyarakat bukan hanya di Indonesia bahkan di seluruh dunia, karena pemberian vaksin merupakan salah satu upaya yang efektif untuk mengatasi masalah Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, dan apa yang dipersiapkan pemerintah baik untuk masyarakat, tidak mungkin pemerintah asal-asalan semua yang dilakukan telah melalui proses uji klinik dan dipercaya bahwa vaksin Covid-19 yang diberikan saat ini  aman bagi masyarakat Indonesia”

Bertha menyatakan FK Unpatti sudah bisa melakukan pemeriksaan rapid antigen, rapid antibodi. dan dalam waktu dekat juga akan melakukan pemeriksaan sampel klinis RT-PCR (polymerase chain reaction) untuk semua warga kampus dan nantinya juga untuk masyarakat umum.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *