Dr. Yoisye Lopulalan, S.Pi, M.Si Terpilih Sebagai Dekan FPIK Unpatti

UNPATTI,- Senat Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan menggelar Rapat Senat, Jumat (19/3/21) dengan agenda penyampaian Visi, Misi dan Program Kerja serta Pemilihan Calon Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Periode 2021-2025.

Dr. Ir. A. W. Soumokil., M.Si selaku Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Periode 2021-2025, yang ditetapkan dengan SK Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan  Nomor : 32/UN13.1.7/SK/2021 mengatakan bahwa panitia telah bekerja untuk mempersiapkan seluruh proses pelaksanaan pemilihan Dekan ini dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan mekanisme yang diatur dalam Peraturan Senat Universitas Pattimura Nomor 1 Tahun 2020, mulai dari pendaftaran Bakal Calon, penerimaan berkas dari bakal calon, verifikasi berkas bakal calon, sampai penetapan bakal calon menjadi calon dekan dalam rapat senat tanggal 15 Maret 2021 dimana sampai saat batas waktu yang ditetapkan sesuai aturan hanya ada dua bakal calon yang mendaftar dan diverifikasi yakni Prof. Dr. Ir. Debby J. A. Selanno, M.Sc dan Dr. Yoisye Lopulalan, S.Pi, M.Si.

Rapat yang dimulai pukul 09.00 WIT dibuka oleh Ketua Senat FPIK, Prof. Ir. Jusuf Leiwakabessy, M.S dan Sekretaris Senat, Dr. Ir. Julius A. N. Masrikat, M.Si yang di hadiri oleh seluruh Anggota Senat FPIK.,  Pejabat Dekan FPIK yang juga Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd., Ketua Jurusan dan Prodi dalam lingkungan FPIK Unpatti, perutusan mahasiswa FPIK serta Pejabat Fungsional Ahli Madya dan Ahli Muda.

Sebelum pemilihan, dua bakal calon terlebih dahulu menyampaikan Visi, Misi dan Program Kerja. dilanjutkan dengan pemilihan Calon Dekan periode 2021-2025 yang dimulai dari tahap pengecekan jumlah anggota senat, jumlah surat suara hingga prosesi pemilihan. Hasil penghitungan suara, Dr. Yoisye Lopulalan, S.Pi, M.Si mengungguli suara Calon Dekan lainnya, yakni dengan memperoleh 12 suara dari 22 suara anggota senat.

Selanjutnya Panitia akan membuat berita acara pemilihan dan diserahkan kepada Rektor untuk dapat dibuatkan Surat Keputusan Penetapan Dekan Fakultas PIK Periode 2021-2025 sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

“Puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena diberikan kesempatan oleh Senat FPIK memilih saya sebagai Dekan FPIK Periode 2021-2025. Sesuai Visi yang saya usung yaitu Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Berinovasi dan Menginspitasi dapat diwujudkan dalam Misi dalam tujuan serta program yang akan digagas bersama di FPIK. Ini yang pertama dilakukan supaya fakultas ini maju kedepan”, ujar Dr. Yoisye Lopulalan, S.Pi, M.Si, Dekan FPIK terpilih saat melakukan wawancara langsung dengan Humas Unpatti.

Beliau menambahkan, ada tiga tujuan dalam pengembangan FPIK yaitu :

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas unggul dengan prinsip-prinsip Merdeka Belajar – Kampus Merdeka
  2. Membenahi Laboratorium yang merupakan jantung bagi proses pembelajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat.
  3. Tata Kelola perlu dibenahi baik keuangan maupun administrasi agar menunjang semua proses akademik yang berlangsung di FPIK

“Sementara untuk kegiatan kemahasiswaan, pola pembinaan yang berorientasi pada prestasi dan kewirausahaan akan dikembangkan. Selain itu jejaring dengan alumni yang mampu mengembangkan FPIK menjadi lebih baik”, kata Dr Lopulalan.

Beliau menjelaskan, ada tiga jalur penerimaan mahasiswa di universitas Pattimura yaitu Jalur SBMPTN, SMNPTN dan Mandiri. Jadi, yang harus di prioritaskan dari ketiga jalur tersebut adalah jalur SMNPTN. “Bagaimana fakultas dalam program-program studi mulai menggagas ide-ide cemerlang yang menarik bagi siswa di Kelas 3 SMA dengan cara menawarkan beasiswa atau membuat event-event menarik siswa agar tertarik masuk di FPIK. Karena perlu diketahui bahwa Maluku unggul di Bidang Perikanan dan Ilmu Kelautan”, tutur Dr Lopulalan.

Kegiatan dilakukan dengan memperhatikan Protokol Kesehatan.

Selamat dan Sukses atas Dekan FPIK terpilih. Hotumese…!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.