Panen Perdana PKM Kelompok Usaha Hidrophonik FISIP

UNPATTI,- Rabu ( 3/3) bertempat di Walang Hidrophonik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unpatti Program Kewirausahaan Mahasiswa (PKM) Universitas Pattimura – Kelompok Usaha Hidroponik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik melaksanakan panen perdana 100 pohon sawi sendok.

Program Kewirausahaan Mahasiswa merupakan implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan harapan mendorong munculnya jiwa wirausaha mahasiswa sejak dini dan terbimbing dan tentunya berorientasi pada IPTEK

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Prof. Dr. T. D. Pariela, M.A, memberikan apresiasi atas kinerja bidang kemahasiswaan dan alumni untuk program kewirausahaan mahasiswa yang saat ini dilaksanakan, sehingga mahasiswa mampu membuat usaha ekonomi produktif Hidrophonik secara kreatif.

Dekan mengucapkan terimakasih kepada pimpinan universitas yang memberi kesempatan dan mendorong para mahasiswa untuk mengembangkan kreatifitas dan usaha lainnya, yang memungkinkan para mahasiswa mendapatkan pengalaman yang unik “ini diluar wilayah kompentensi keilmuan dari teman-teman mahasiswa tetapi kelompok usaha hidroponik ini penting karena bersentuhan dengan dunia nyata dan aktivitas ekonomi produktif adalah sebuah pengalaman penting yang harus dialami”.

Prof Pariela berharap kegiatan seperti ini bisa terus dan berkelanjutan, kepada Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan bisa membantu teman-teman mahasiswa untuk menata pengelolannya agar kelompok usaha hidrophonik ini bisa berkembang dan diwariskan kepada para mahasiswa lainnya, juga nantinya memungkinkan pembentukan kelompok usaha lainnya, agar para mahasiswa mengembangkan pengetahuan tambahan khususnya untuk usaha ekonomi produktif.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Jusuf Madubun, M.Si dalam sambutanya sekaligus membuka panen perdana mengatakan Program Kewirausahaan Mahasiswa kelompok usaha hidrophonik merupakan sebuah program nasional dimana mahasiswa harus punya kemampuan kompetensi tambahan yang didapatkan diluar ruang kuliah berdasarkan kurikulum dari masing-masing program studi yang ada,  dan ini bagian dari upaya pengembangan karakter kewirausahaan mahasiswa yang diharapkan bisa mengahasilkan para wirausaha muda di waktu yang akan datang.

Dr Madubun berharap kelompok usaha hidrophonik FISIP bisa menjadi pemicu dan ditularkan kepada teman-teman mahasiswa yang lain  untuk bisa bergabung dalam klompok usaha ini. Kepada Dekan dan WD III FISIP dalam perencanaan anggaran Fakultas bisa memberikan sedikit bantuan dana kepada teman-teman mahasiswa dalam mengembangkan karakter kewirausahannya, membentuk kelompok –kelompok usaha yang lain sehingga mahasiswa yang diluluskan tidak hanya menunggu pekerjaan tetapi bisa menciptakan lapangan pekerjaan.

Lanjutnya, diharapkan walang hidrophonik FISIP bisa melakukan pengembangan terhadap usaha ini dari sisi penyediaan lahan, sehingga bukan hanya memproduksi jenis sawi mangkok saja tetapi juga jenis sayuran yang lainnya.  Dr Madubun juga memberikan apresiasi kepada kelompok usaha hidrophonik FISIP yang sudah menunjukan keseriusannya dalam melakukan usaha ini, dan nantinya akan semakin baik pada panen-panen berikutnya.

Turut hadir dalam PKM Unpatti Bidang Usaha Hidrophonik FISIP Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Sosisal dan Ilmu Pendidikan, Dr. Y. Rahawarin, M.Ag, Ketua BEM FISIP dan para anggota kelompok usaha hodrophonik FISIP.

Sukses selalu PKM Unpatti Bidang Usaha Hidrophonik Fakultas Ilmu Sosisal dan Ilmu Politik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *