PUBLICATION MANAGEMENT CENTER (PMC) LAUNCHING WEBSITE

UNPATTI,- Publication Management Centre (PMC) Universitas Pattimura resmi melaunching websitenya https://pmc.unpatti.ac.id, Kamis, 4 Maret 2021, bertempat  Laboratorium Nanotech Fakultas MIPA.

Kehadiran Website PMC merupakan bentuk implementasi dari upaya untuk pengembangan PMC guna menjawab tuntutan kebutuhan akan hasil – hasil publikasi dari Penelitian maupun kegiatan Pengabdian yang dilaksanakan oleh Civitas Akademika di lingkuungan Universitas Pattimura Ambon yang semakin kompleks. Kehadiran website PMC dapat menjadi rujukan yang akurat dan sumber informasi terbaru terkait penelitian yang dipublikasikan dan perkembangan jurnal di lingkungan Unpatti Ambon.

“Kehadiran Website PMC hari ini mengusung misi data integration, dimana semua data terkait jurnal maupun publikasi akan terhubung dengan beberapa sistem database di Unpatti maupun kementrian. Kehadiran website PMC diharapkan dapat menjadi sumber data yang valid dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan data bagi seluruh sivitas akademika Unpatti baik data yang bersumber dari Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, maupun Publikasi”, hal ini disampaikan Ketua PMC Unpatti, Dr. Ir. F. Latumahina, S.Hut., MP.IPU, dalam sambutan saat pelaksanaan launching.

Lanjut dikatakan Proses Pembuatan Website PMC dilakukan oleh tim website sebanyak 10 orang sejak bulan November 2020 lalu dan terus berbenah, dan hari ini kami merasa sudah waktunya dibuka secara umum kepada semua civitas akademika, harapan kami kiranya website ini akan terus berkembang dan mendapat dukungan dari semua pihak yang ada dilingkup Unpatti. Dalam kesempatan ini, PMC juga memberikan piagam penghargaan kepada 18 jurnal yang telah terakreditasi dan kepada 3 orang penulis artikel yang berhasil mempublikasikan tulisannya pada jurnal internasional bereputasi Scopus Q1 – Q3 periode bulan Januari – Maret 2021.

Dr. Fransina Latumahina juga mengharapkan agar dengan di launchingnya website PMC maka semua informasi terkait pengelolaan jurnal maupun publikasi dari para dosen Unpatti akan tersampaikan secara tertanggungjawab kepada masyarakat akademik maupun masyarakat umum sehingga dapat menjadi rujukan formal untuk menjawab kebutuhan – kebutuhan akademik mahasiswa maupun dosen.

Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H., M.Hum dalam sambutannya mengatakan PMC diharapkan dapat mengakomodir semua jurnal yang didalamnya terdapat tulisan-tulisan ilmiah dari para dosen yang mempunyai kemampuan sesuai keilmuan. Jurnal yang ada dalam lingkup Universitas Pattimura harus terakreditasi, karena jurnal selain memuat pemikirian ilmuan tetapi juga menjadi salah satu tolak ukur akreditasi suatu program studi. “Universitas Pattimura akan tetap mendorong dan mendukung semua aspek yang terkait dengan pengembangan tridarma tetapi yang terpenting adalah perlunya dukungan dari pimpinan fakultas untuk dapat bersinergi dalam pengelolaan jurnal pada setiap fakultas, sehingga nantinya semua jurnal dapat terakreditasi dan adanya peningkatan pemeringkatan terhadap jurnal yang telah terkareditasi menuju SINTA peringkat 2 dan 1”, ujar Rektor.

Rektor juga berharap dengan adanya website ini semua data Penelitian, Pengabdian dan Publikasi dilingkungan sivitas akademika Universitas Pattimura semakin mudah  diakses.

Kegiatan launching dilanjutkan dengan penyerahan reward kepada 18 jurnal yang telah terakreditasi dan juga untuk penulis yang telah mempublikasikan jurnalnya di Jurnal berindex scopus Q1.

18 Jurnal tersebut adalah Terakreditasi peringkat SINTA 3 : – Indonesian Journal of Chemical Research, Jurnal Budidaya Pertanian, Sasi, Barekeng, Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, Agritekno, Belo. Terkareditasi peringkat SINTA 4 : – Triton, – Jurnal Magister Pendidikan Matematika. Terkareditasi peringkat SINTA 5 : Tahuri, Molluca Medica, Agrologia, Biopendix, Molluca Journal Of Chemistry, Jurnal Hutan dan Pulau-Pulau Kecil, Arika, Agrilan, serta Papale.

Penghargaan juga diberikan kepada penulis produktif yang telah mempublikasikan artikelnya pada jurnal terbitan Januari hingga Maret 2021 dan terindex scopus masing – masing pada jurnal terindeks Scopus Q1 atas nama drg. Christiana Rialine Titaley, MIPH., Ph.D dan tim dari  Fakultas Kedokteran, dan pada jurnal terindeks Scopus Q2 atas nama Dr Marleny Leasa,S.Pd.M.Pd dan Tim dari FKIP Unpatti dan Scopus Q3, atas nama Dr. Dominggus Rumahlatu, S.Pd.M.Pd  dan tim dari Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unpatti

Dalam acara launching juga diselipkan dengan kegiatan Road to Nanotech garden dan Laboratory untuk memperkenalkan beragam tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai obat tradisional, dimana maksud PMC menyelipkan kegiatan ini, karena ingin menyampaikan bahwa laboratorium, baik indoor maupun outdoor adalah sumber data dan informasi terbaik untuk dijadikan rujukan utama ketika akan melakukan penulisan sebuah artikel yang akan dipublikasikan pada jurnal – jurnal bereputasi internasional maupun akreditasi SINTA di tataran nasional, sehingga akan menghidupkan kembali marwah laboratorium yang tersebar begitu banyak di lingkungan Unpatti.

Kegiatan launching dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. F. Leiwakabessy, M.Pd., Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Hukum dan Fakultas Kedokteran, Pengelola Jurnal, Penulis terproduktif, para Dosen dan mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.