UNPATTI LAKUKAN MOU DENGAN IAIN AMBON

UNPATTI,- Rabu, (3/3/21) berlangsungnya acara Penandatanganan Kerjasama (MoU) Antara Universitas Pattimura Ambon dengan Institut Agama Islam Negeri Ambon, yang berlangsung di Ruang Rapat Senat IAIN Ambon. Penandatanganan Kerjasama (MoU) secara langsung oleh Rektor IAIN Ambon, Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si dan Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H., M.Hum, kedua pihak bersepakat untuk melakukan kerjasama dalam Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia serta bidang lainnya yang disepakati. Acara tersebut disaksikan Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi Unpatti Dr. Muspida M.Si., para Wakil Rektor, para Dekan., Wakil Dekan Bidang Akademik., Direktur dan Wakil Direktur Pascasarjana., Kepala Biro Kepegawaian dan AUK serta Kepala Bagian Akademik dalam lingkungan IAIN Ambon dan Sub Koordinator Kerjasama Unpatti.

Rektor IAIN Ambon, Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si,  dalam sambutannya mengatakan acara saat ini menjadi sebuah momentum kerjasama resmi melalui MoU antara UNPATTI dengan IAIN Ambon. “Melalui momentum MoU ini, diharapkan dapat berjalan dengan baik dan memperoleh hasil maksimal dalam peningkatan pendidikan tinggi khususnya di Maluku”, ujar Rektor IAIN Ambon. Lanjut dikatakan dasar dari kebijakan dalam MoU bagi kami bahwa Universitas Pattimura Ambon merupakan Induk Semang bagi pengembangan pendidikan tinggi yang ada di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon yang awalnya adalah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN). “Berbagai jurusan sejak berdirinya STAIN hingga IAIN yaitu Jurusan Matematika, Biologi dan Fisika, mendapatkan support para dosen dari Universitas Pattimura, dan kami masih membaungun kerjasama tersebut sampai saat ini, untuk tetap menghadirkan para dosen dari Universitas Pattimura bukan hanya di lingkungan fakultas untuk S1 akan tetapi di lingkungan Pascasarjana”, tutur Rektor IAIN Ambon. Beliau berharap, dalam momentum saat ini bukan hanya kerjasama yang terbatas dalam ruang lingkup akademik tetapi juga dalam lingkup vokasi artinya dalam pengembangan-pengembangan keilmuan bersifat penelitian dan laboratorium yang bersinergi.

“Mou antara UNPATTI dan IAIN Ambon merupakan MoU pertama dilakukan secara resmi. Universitas Pattimura merupakan universitas yang tertua di Maluku dengan usia 58 tahun, yang menjadi universitas negeri dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tanggungjawab kami di Perguruan Tinggi adalah mencerdaskan anak-anak bangsa di Maluku” tutur Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum, dalam membuka sambutan pada acara MoU. Lanjut dikatakan, Universitas Pattimura hadir dan terbuka untuk melakukan kerjasama baik dengan IAIN maupun perguruan tinggi lainnya di Maluku, bahkan dengan instansi lainnya, sehingga fasilitas yang ada di Unpatti merupakan fasilitas milik bersama. “Semua fasilitas yang ada di Universitas Pattimura bukan milik pribadi akan tetapi semuanya merupakan Barang Milik Negara (BMN) yang dititipkan dan dimanfaat secara bersama”, kata Prof Saptenno

Beliau berharap, ujung dari semua proses Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah menghasilkan lulusan yang berkualitas serta bermanfaat bagi kepentingan masyarakat. Acara dilanjutkan dengan penyerahan Cenderamata serta sesi Foto Bersama, dengan memperhatikan Protokol Kesehatan Covid-19.

One comment

  1. Alhamdulillah semoga selalu terjalin kerjasama yang baik hingga sama2 dapan mendorong anak2 Maluku agar bisa maju ke era globalisasi yang semakin ketat.👍👍💪

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *