95 Lulusan FPIK Unpatti Di Yudisium

UNPATTI,- Sebanyak 95 mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dinyatakan lulus dalam Yudisium dan Penggelaran Sarjana, yang dilakukan dalam  Rapat Senat Terbuka Luar Biasa dalam rangka Yudisium dan Penggelaran Sarjana Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura, Kamis (15/4/21).

Keputusan Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura Nomor 128/UN13.1.7/SK/2021 tanggal 06 April 2021 tentang Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Yudisium dan Penggelaran Sarjana Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Dalam Rangka Wisuda Sarjana 1 Universitas Pattimura Periode Desember 2020 – April 2021, menjadi dasar pelaksanaan Yudisium dan Pegelaran Sarjana hari ini

Kegiatan yang diselenggarakan secara virtual dan konvensional, diikuti oleh oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Si mewakili Rektor, para Wakil Rektor, Kepala Biro Umum dan Keuangan Unpatti, Senat Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, para Wakil Dekan, para Ketua Jurusan, para Ketua Program Studi, Koordinator dan Sub Koordinator serta Tenaga Kependidikan dalam lingkup FPIK, Ketua dan Pengurus Ikatan Alumni FPIK, Orang Tua Lulusan dan para Lulusan.

Penyerahan Plakat dan Tanda Piagam Penghargaan dari Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Dr. Y. Lopulalan, M.Si diberikan kepada 2 orang lulusan yang dinyatakan lulus dengan predikat “Cumlaude”, atas nama :

  1. Christo Benmar Eoh, S.Pi., Program Studi Teknologi Hasil Perikanan (THP), masa studi 3 tahun 7 bulan dan IPK 3,85, dengan Judul Skripsi “Profil Asam Amino dan Kualitas Protein Telur Ikan Gindara (Lepidocybium sp)”
  2. Christina Syesi Nanlohy, S.Pi., Program Studi Budidaya Perairan (BDP), masa studi 3 tahun 7 bulan dan IPK 3,76, dengan Judul Skripsi “Pengaruh Paparan Bakteri (Aeromonas hydrophila) Terhadap Leukosit Ikan Nila (Oreochromis niloticus)

Kesempatan yang sama, Dekan juga memberikan ‘Sertifikat’ sebagai ‘Tanda Penghargaan’ kepada 9 orang lulusan yang dinyatakan lulus dengan predikat “Pujian” atas nama :

  1. Juan R. Tentua, S.Pi., Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perairan (PSP) masa studi 4 tahun 7 bulan dan IPK 3,71
  2. Magfirah Nahda Latupono, S.Pi., Program Studi Manajemen Sumberdaya Perikanan (MSP), masa studi 4 tahun 7 bulan dan IPK 3,69
  3. Ika Yustika F. Sukensri, S.Pi., Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perairan (PSP), masa studi 4 tahun 4 bulan dan IPK 3,60
  4. Maria A. R. Sarbunan, S.Pi., Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perairan (PSP), masa studi 4 tahun 4 bulan dan IPK 3,60
  5. Jihan Tety Purwaty Galiong, S.Pi., Program Studi Budidaya Perairan (BDP), masa studi 3 tahun 7 bulan dan IPK 3,58
  6. Rahman Ainun Ramadhanty, S.Pi., Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perairan (PSP), masa studi 4 tahun 6 bulan dan IPK 3,57
  7. Ruth Cindy Sumaraw, S.Pi Program Studi Agrobisnis Perikanan (AGP), masa studi 4 tahun 5 bulan dan IPK 3,55
  8. Shardar Afid Syaibany Lestaluhu, S.Pi., Program Studi Ilmu Kelautan (IK), masa studi 4 tahun 4 bulan dan IPK 3,53
  9. Riviyanti Simaela, S.Pi., Program Studi Teknologi Hasil Perikanan (THP), masa studi 4 tahun 5 bulan dan IPK 3,53

Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Pandemi Covid-19 maka, pelaksanaan Yudisium dan Penggelaran Lulusan FPIK dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan mekanisme dan prosedur pembagian ruang yang diatur, untuk lulusan dengan predikat Memuaskan pada Lantai II Ruang Seminar, Ruang Kuliah 2.1 dan Ruang Kuliah 2.3. Lulusan Predikat Sangat Memuaskan berlangsung di Ruang Kuliah 2.1 dan 2.3 sedangkan bagi Lulusan dengan Predikat Cumlaude berlangsung di Ruang Seminar

“Gelar Sarjana Perikanan (S.Pi), memberikan hikmat bahwa laut tempat kita berlayar penuh dengan sejuta kejutan. Komitmen untuk tidak menyerah dan tetap yakin untuk terus berlayar walaupun sulit, mengantarkan kita pada hari ini, 15 April 2021, hari dimana kita telah sampai pada tujuan  pelayaran kita semua yaitu Sarjana Perikanan (S.Pi) Periode Desember 2020 – April 2021 “ ujar wakil lulusan, Christo Benmar Eoh, S.Pi dalam menyampaikan kesan.

Lanjut dikatakan, segala pencapaian yang membanggakan hari ini tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak. Pelayaran kita tidaklah berhenti sampai disini, melainkan awal dari pelayaran untuk mencapai suatu yang lebih besar dan luar biasa di setiap season hidup di masa depan. “Kemanapun kita berlayar dan dimanapun perhentian yang kita lalui, tanamkanlah dalam diri: jadilah pribadi yang bermanfaat, pribadi yang membawa kemajuan dan pribadi yang menjadi berkat bagi orang-orang dalam lingkungan kehidupan kita”, pesannya.

Christo Benmar juga mengatakan, pelayaran kita selanjutnya akan lebih sulit dan berat dari pelayaran sebelumnya. Inilah saatnya bagi kita untuk membalas jasa dari almamater, mengharumkan nama baik, memajukan kampus Universitas Pattimura serta menunjukkan bahwa lulusan FPIK Universitas Pattimura merupakan pribadi yang bermental tangguh, berkepribadian teladan dan dapat diandalkan dimanapun kita berada. When You Give Your Best You Will Get Your Best. Ketika Kamu Memberikan Yang Terbaik, Kamu Akan Dapatkan Yang Terbaik”, tutupnya.

Dekan FPIK Unpatti, Dr. Y. Lopulalan, M.Si dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan yudisium saat ini boleh berlangsung secara virtual melalui Zoom Meeting, tetapi makna Yudisium tidak boleh berubah karena kita semua sadar sebagai Sivitas Akademika boleh melalui perjalanan selama Periode Desember 2020 – April 2021 dalam melaksanakan seluruh tanggungjawab kita”, ungkap Dr Lopulalan. Beliau juga mengatakan, secara khusus FPIK dapat melahirkan lulusan dalam Wisuda Sarjana Universitas Pattimura yang bertepatan dengan Dies Natalis ke 58 Universitas Pattimura.

Lanjut dikatakan, berbagai dinamika terus terjadi di FPIK, namun patut bersyukur dan bangga bahwa kita boleh melaksanakan Penggelaran Yudisium bagi 95 lulusan selama kurang lebih 5 bulan. “Ini memperlihatkan prestasi kerja yang telah ditunjukkan oleh semua Sivitas Akademika dalam lingkup FPIK. Jika dicermati pada setiap yudisium, ada peningkatan jumlah secara kuantitatif, tetapi dibarengi pula dengan kualitas lulusan. Selain itu para lulusan juga mesti dibekali dengan sertifikat pendamping ijazah yang dapat menjadi kekuatan bagi mereka dalam mencari pekerjaan”, katanya.

“Jikalau bukan Tuhan yang membangun rumah, sia-sialah usaha orang yang membangunnya, jikalau bukan Tuhan yang mengawal kota, sia-sialah pengawal berjaga-jaga”, tutupnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutannya mengatakan seluruh proses telah dijalani hingga berada pada moment penting dari semua proses pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri khususnya program sarjana pada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura dan 95 lulusan boleh dikukuhkan. Beliau mengapresiasi semua proses yang dilakukan lulusan selama melakukan studi pada FPIK Unpatti, sehingga diharapkan kedepan FPIK Unpatti dapat menghasilkan output yang berkualitas dan berguna bagi masyarakat serta memberikan dampak yang baik bagi Universitas Pattimura tetapi juga almamater pada FPIK. “Aspek-aspek tersebut menjadi penting dan indeks atau jumlah input yang masuk harus sama dengan jumlah output yang dihasilkan sehingga memberikan dampak bagi institusi”, katanya.

Beliau berharap, pimpinan fakultas, para Ketua Jurusan maupun para Ketua Program Studi terus melakukan sosialisasi sejak dini bukan hanya persiapan ketika calon mahasiswa masuk pada jalur SNMPTN, SBMPTN maupun MANDIRI tetapi juga dapat memperkenalkan keunggulan FPIK Unpatti kepada siswa di tingkat pendidikan SMP/SMA dan sederajat.

Acara dilanjutkan dengan Pembacaan Panca Purna Ikrar oleh lulusan FPIK, Pengukuhan lulusan FPIK oleh Dekan hingga Penyerahan lulusan kepada Ketua Ikatan Alumni FPIK, Dr. Ir. R. Far-Far, M.Si.

Selamat dan Sukses para lulusan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura. Hotumese..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.