Fakultas Pertanian Unpatti Gelar Yudisium Dan Penggelaran Lulusan Periode April 2021

UNPATTI,- Fakultas Pertanian Universitas Pattimura menggelar Yudisium dan Pagelaran Lulusan Periode April 2021 terhadap 57 lulusan yang dilakukan pada Rapat Terbuka Luar Biasa Senat Fakultas Pertanian dalam rangka Yudisium  dan Penggelaran Lulusan  Periode April 2021,  Kamis (14/4), yang dilakukan secara konvensional dan Virtual.

Acara Yudisium dan Pagelaran Lulusan Fakultas Pertanian dibuka oleh Ketua Senat Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir. A. E. Pattiselano, M.Si dilanjutkan dengan Pengukuhan lulusan oleh Dekan Fakultas Pertanian, penyerahan lulusan kepada Ketua Ikatan Alumni Fakultas Pertanian (IKAFATANI) dan pemberian kartu alumni oleh Ketua IKAFATANI Dr. G.S.J Tomatalla, M.Si kepada perwakilan lulusan Cesia Angelia Nusa, S.P.

Penggelaran Lulusan Fakultas Pertanian kepada 57 orang sarjana baru dengan jumlah Sarjana Pertanian 25 orang dari Program Studi Budidaya Pertanian 19 orang, dan prodi Sosial Ekonomi Pertanian 17 orang, Sarjana Peternakan 18 orang yaitu dari Program Studi Peternakan PSDKU 10 orang dan Sarjana Kehutanan 13 orang dari program studi Kehutanan.

Lulusan terbaik dalam periode ini disematkan kepada Fiolita Karmite, SP dengan IPK 3,90 dari Jurusan Budidaya Pertanian program studi Agroekoteknologi Dalam kesan dan tekad lulusan mewakili para lulusan lainnya, mengatakan “kita lebih tahu rintangan yang dihadapi, cobaan yang di lewati, kesedihan dan kebahagiaan selama menempuh pendidikan maupun menyelesaikan studi di Fakultas Pertanian Universitas Pattimura. Kekecewaan yang pernah dirasakan, apalagi dalam situasi dan kondisi saat ini merupakan kendala yang menghambat berbagai rencana, sehingga beberapa proses harus dijalani secara online, keadaan tersebut membentuk kita menjadi angkatan yang adaptif terhadap perubahan serta tahan banting terhadap masalah yang terjadi”.

Lanjut dikatakan Setelah ini kita akan memasuki babak baru untuk menggapai cita-cita yang lebih tinggi untuk itu diharapkan, sebagai lulusan dapat menjadi petarung dimasa depan dan membawa perubahan yang lebih baik di tengah masyarakat, membangun negeri, serta mewujudkan kejayaan Bangsa dan Negara dengan cara meningkatkan kreatifitas  dan inovasi dalam diri kita, memberikan usaha terbaik, menumbuhkan rasa haus akan ilmu pengetahuan, dan membuktikan bahwa kita lebih baik dibandingkan lulusan dari universitas manapun.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada para dosen dan sivitas akademika Fakultas Pertanian Unpatti “Terima kasih telah menjadikan kami memiliki pola pikir serta wawasan yang lebih luas, untuk semua hal yang menginspirasi, canda tawa, bahkan isak tangis, kami sadar bahwa semua itu merupakan proses pendewasaan untuk menjadikan kami memiliki kemampuan dan ketrampilan yang lebih baik”.

“Sebentar lagi kita akan menjadi bagian dari alumni Fakultas Pertanian Universitas Pattimura yang adalah sebagian dari  ujung tombak Universitas Pattimura yang nantinya memberikan kontribusi untuk kemajuan almamater, menjaga nama besar almamater “ dan kami akan lebih bangga lagi bila saatnya nanti kami mendengar di tempat-tempat pengabdian bahwa semua program studi dalam Fakultas Pertanian Unpatti telah terakreditasi unggul, sebagai alumni kami akan terus mendukung obsesi dan cita-cita almamater ini menjadi Fakultas Pertanian yang unggul di Indonesia yang berkarakter kepualauan”, tutur Fiolita.

Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir. J.M. Matinahoru dalam sambutannya mengajak para sarjana baru untuk tidak cepat puas dengan apa yang telah dicapai, karena ini merupakan langkah awal untuk belajar dan bekerja lebih keras lagi. Berdasarkan pengalaman di tengah masyarakat, para lulusan akan dianggap sebagai orang yang serba tahu, karena itu dekan berharap para lulusan dapat bekerja sesuai keahliannya dan bisa menciptakan atau menyediakan lapangan kerja bagi orang lain dan tidak harus bergantung untuk menjadi PNS. Bagi para sarjana baru yang ingin mandiri dalam usaha sesuai kompetensi, baik dibidang pertanian, peternakan atau kehutanan, almamater akan selalu siap untuk membantu terutama dari aspek non finansial.

“Sebagai sarjana baru saat ini status kalian adalah sebagai Alumni Fakultas Pertanian dan tergabung dalam Ikatan Alumni Fakultas Pertanian (IKAFATANI), pesan almamater tercinta adalah berjuang semaksimal mungkin untuk menggapai cita-cita, dan jangan lupa dengan ibu kandung (Almamater Fakultas Pertanian) yang telah susah payah melahirkan kalian” ungkap Dekan.

Di tempat yang sama Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dan Alumni, Dr. Jusuf Madubun, M.Si, mewakili Rektor dalam sambutannya mengatakan, perjuangan para lulusan sudah selesai, tetapi ada perjuangan yang lebih panjang yaitu bagaimana mengaplikasi ilmu yang didapat selama berada pada bangku kuliah agar bisa bermanfaat bagi masyarakat luas sehingga dapat ikut berkontribusi nyata dalam masyarakat demi kemajuan bangsa. Gelar sarjana harus mampu bermanfaat bagi, diri, lingkungan dan masyarakat luas

Beliau berharap sebagai alumni nantinya  dapat tetap menjaga nama baik almamater dan tetap membangun hubungan yang baik dengan Fakultas dan Universitas, “kita mempunyai dua orang tua, orang tua pertama adalah orang tua yang melahirkan kita dan  orang tua kedua yaitu almamater Universitas Pattimura dan Fakultas Pertanian maka hargailah almamater tersebut”, para alumni diharapkan memberikan dukungan ketika pelaksanaan tracer study dilakukan, sehingga universitas tetap bisa mengakses data terbaru dari para lulusan.  Pengambilan data tracer study dimaksudkan untuk mengetahui kompetensi lulusan Universitas Pattimura di pasar kerja, dan ini sangat berpengaruh terhadap perengkingan Universitas. Ketentuan yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu terserapnya lulusan di dunia kerja dalam kurun waktu 6 bulan setelah lulus.

“Jadilah Ilmuan muda yang bertanggung jawab bagi pembangunan bangsa dan Negara, khususnya bagi pembangunan Provinsi Maluku”.

Kegiatan yang dilakukan secara konvesional dan virtual ini diikuti oleh Para Wakil Dekan, Ketua Senat Fakultas Perikanan Prof. Dr. Ir. A. E. Pattiselano, M.Si, Ketua Alumni Fakultas Pertanian , para Ketua Jurusan, Para Koordinator dan Tenaga Fungsional serta tenaga kependidikan dalam lingkup Fakultas Pertanian, dengan menjalankan protokol kesehatan covid-19 serta orang tua yang mengikutinya lewat ruang virtual.

Selamat atas keberhasilannya dan selamat berjuang dimedan gumul yang telah menanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published.