FGD, KERJASAMA FAKULTAS KEDOKTERAN UNPATTI DENGAN FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNHAS

UNPATTI,- Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka persiapan pembukaan Program Studi Kedokteran Gigi Unpatti sekaligus Penandatanganan Kerjasama antara Universitas Pattimura dan Universitas Hasanuddin berlangsung di Aula Rektorat lantai II, Senin (26/4).

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, dimulai dari tanggal 25 April 2021 dengan agenda Sosialisasi Program Pendidikan S2 dan Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) yang disampaikan oleh Muhammad Ruslin, drg., M.Kes., Ph.D., Sp.BM (K), Rapat Tim Pembukaan Prodi Kedokteran Gigi Universitas Pattimura dan Tim Pengelola Pendidikan Prodi Kedokteran Gigi Universitas Pattimura oleh Adam Malik H, drg., M.Med.Ed dan Irfan Sugianto, drg., M.Med.Ed., Ph.D dilanjutkan dengan Buka Puasa

Hari kedua kegiatan dilanjutkan dengan Penandatangan perjanjian Kerjasama antara Fakultas Kedokteran Unpatti dan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin yang ditanda tangani oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura, Dr. dr. Bertha J. Que., Sp.S., M.Kes dan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Muhammad Ruslin, drg., M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K) disaksikan oleh Rektor Universitas Pattimura.

Rektor Universitas Pattimura dalam sambutan mengatakan, Universitas Pattimura merasa perlu membuka Prodi Kedokteran Gigi Unpatti karena Masyarakat Maluku perlu dilayani dalam berbagai bidang termasuk bidang kesehatan lebih khusus lagi bidang perawatan mulut dan gigi. Ada kurang lebih 226 puskesmas di Maluku akan tetapi ketersediaan dokter gigi masih sangat rendah, hanya 41 Puskesmas yang ada dokter gigi, ini menjadi keprihatinan tersendiri, padahal Maluku membutuhkan tenaga dokter gigi untuk disebarkan di pulau-pulau di Maluku.

Rektor berharap, dengan langkah strategis yang sudah dibuat oleh Dekan Fakultas Kedoteran Unpatti terkait pembukaan Prodi Kedokteran Gigi Universitas Pattimura nantinya dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat di pulau-pulau khususnya dalam bidang kesehatan. Beliau juga berharap kolaborasi yang terbangun antara Universitas Pattimura dengan Universitas Hasanuddin dapat terus berlanjut untuk melayani masyarakat melalui pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat bagi kepentingan Bangsa dan Negara.

Sementara itu Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Muhammad Ruslin, drg., M.Kes., Ph.D.,Sp.BM (K) dalam sambutannya menyampaikan Universitas Hasanuddin mendukung sepenuhnya pembukaan Prodi Kedokteran Gigi Universitas Pattimura. “Dalam situasi pandemi Covid-19 keseahtan gigi dan mulut menjadi sangat urgent, untuk itu kami akan selalu memberikan support dan berbagi pengetahuan sehingga pembukaan Prodi Kedokteran Gigi Universitas Pattimura bisa segera terealisasikan”, ungkapnya.

Beliau berharap dengan adanya prodi kedokteran gigi, Universitas Pattimura dapat melayani masyarakat.

Acara ini dilanjutkan dengan pemberian materi oleh, Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno., S.H., M.Hum terkait dengan Komitmen Universitas Pattimura dalam Pengembangan Program Studi Kedokteran Gigi, Arah Pengembangan Dan Potensi Prodi Kedokteran Gigi yang disampaikan oleh Prof. Dr. Bahruddin Thalib, drg , M.Kes., Sp.Pros(K)., Assesmen LamPTKes untuk pembukaan Prodi oleh, Prof. Dr. Sri Oktawati, drg., Sp.Perio (K)., Peran RSGM dalam Pendidikan Dokter Gigi oleh, A. Tajrin, drg., M.Kes., Sp.BM(K),

Dilanjutkan dengan FGD Penyusunan Dokumen yang meliputi, Urgensi Pembukaan Prodi yang dibawakan oleh Adam Malik H, drg., M.Med.Ed/Irfan Sugianto, drg., M.Med.Ed., Ph.D, Pembahasan Kurikulum oleh Adam Malik H, drg., M.Med.Ed/Irfan Sugianto, drg., M.Med.Ed., Ph.D., Akreditasi minimal LamPTKes Prof. Dr. Sri Oktawati, drg., Sp.Perio (K) dan dilanjutkan dengan Penyusunan Dokumen oleh Adam/Irfan dan Prof. Dr. Sri Oktawati, drg., Sp.Perio (K) serta Finalisasi dan Rencana Tindak Lanjut yang oleh Adam/Irfan dan Prof. Dr. Sri Oktawati, drg., Sp.Perio (K)/Dr. Nurlinda Hamrun, drg., M.Kes

Selamat dan sukses..

Hotumese!!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.