FISIP GELAR YUDISIUM SARJANA PERIODE APRIL 2021

UNPATTI,-   Universitas Pattimura menyelenggarakan Yudisium pada Rapat Terbuka Luar Biasa Senat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dalam rangka Yudisium  dan Penggelaran Lulusan Periode April 2021 yang dilakukan secara konvensional di Auditorium Fisip,  Senin (19/4).

Acara Yudisium Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dibuka oleh Ketua Senat Fisip Drs. A.R. Malawat, M.Si dilanjutkan dengan Pengukuhan lulusan oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, penyerahan lulusan kepada Ketua Ikatan Alumni Fakultas Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Penggelaran Lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sesuai dengan Surat Keputusan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pattimura Nomor : 62/UN13.1.2/SK/2021 Tentang Pengukuhan Dan Penggelaran Lulusan Sarjana (S1) Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Pattimura Periode April Tahun 2021  kepada 140 orang sarjana baru dari 4 program Studi yakni Administrasi Publik sebanyak 36 orang, Ilmu Pemerintahan sebanyak 52 orang, Ilmu Komunikasi sebanyak 5 orang dan Sosiologi sebanyak 38 orang serta Surat Keputusan Dekan Fakultas  Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pattimura Nomor : 63/UN13.1.2/SK/2021 Tentang Mahasiswa Lulusan Predikat Pujian, IPK Tertinggi Dan Tercepat Fakultas  Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Pattimura sebanyak 9 orang.

Sembilan orang Mahasiswa Lulusan Predikat Pujian, IPK Tertinggi Dan Tercepat Fakultas  Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Pattimura antara lain :

  1. Simon Batmomolin, S.Sos., Program Studi Sosiologi masa studi tercepat 3 tahun 8 bulan dan IPK 3,80
  2. Indah Kumalla S. Rery, S.IP., Program Studi Ilmu Pemerintahan, IPK 3,73
  3. Jesmendi A. Sadubun, S.IP., Program Studi Ilmu Pemerintahan, IPK 3,72
  4. Billeam Gevin, S.IP., Program Studi Ilmu Pemerintahan, IPK 3,70
  5. Iftifaja Rizkiany Latar, S.IP., Program Studi Ilmu Pemerintahan, IPK 3,68
  6. Sidiq F. Patty, S.IP., Program Studi Ilmu Pemerintahan, IPK 3,68
  7. Diah Anggraini, S.IP., Program Studi Ilmu Pemerintahan, IPK 3,69
  8. Thegar Rezky Jhon Sabarlele, S.IP., Program Studi Ilmu Pemerintahan, IPK 3,56
  9. Yudhawan Galang Pradissa, S.IP., Program Studi Ilmu Pemerintahan, IPK 3,51.

Perwakilan lulusan terbaik Simon Batmomolin, S.Sos (3.80) saat menyampaikan kesan dan tekad lulusan mewakili para lulusan lainnya, mengucapkan terima kasih kepada Dekan beserta para Wakil Dekan, staf Kependidikan, Kaprodi terkhususnya para dosen yang sejak awal perkuliahan hingga akhir telah memberikan bimbingan, pengajaran, dan memberikan motivasi untuk terus belajar, berjuang dan bersaing secara sehat sehingga kami mampu menyelesaikan program sarjana.

“Tentu hari ini merupakan hari yang kita nanti-nantikan sebagai mahasiswa selama kurang lebih 3-6 tahun. perjuangan panjang dalam meraih impian dan cita-cita bukanlah suatu hal yang mudah, melainkan kita dapat melewatinya dengan upaya kerja keras dan cucuran keringat. proses yang kita rasakan pada saat kuliah kurun waktu 3-6 tahun merupakan waktu untuk mempersiapkan diri sebagai aktor dipanggung belakang secara baik, maka pada saatnya pula saya bersama dengan seluruh peserta yudisium Fisip Unpatti saat ini akan mampu menjadi aktor yang baik pula di panggung terdepan yakni ditengah masyarakat “ ungkapnya

Ia berharap, selaku alumni nantinya akan mampu menjaga nama baik almamater dan juga mampu bersaing di tengah lingkungan masyarakat.

Mewakili orang tua Ibu Marta Kailuhu, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dekan, Para Wakil Dekan, para Dosen, dan tenaga kependidikan atas bimbingan dan ilmu pengetahuan sehingga hari ini, anak- anak kami dapat menyelesaikan studi dengan baik. Ia berharap, dengan bekal ilmu yang diterima selama ini, para lulusan dapat mampu bersaing  sehingga mampu membawa perubahan bagi bangsa ini.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Prof. Dr. T. D. Pariela, M.A dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada para lulusan yang telah berhasil melewati tahapan proses pembelajaran sebagai upaya mematangkan prespektif  cara pandang para lulusan dan sebagai bentuk ekspresi dari rasa hormat maka yudisium hari ini dilakukan.

Lanjutnya, Fisip Unpatti dalam beberapa tahun terakhir telah berbenah diri dalam berbagai hal yang telah direncanakan. Situasi pandemi covid -19 menjadi faktor yang ikut menentukan capaian kerja di tahun ini dan kami berupaya agar FISIP tetap bermutu.

Dekan berharap, semoga dengan bekal ilmu yang diperoleh menjadi dasar untuk bergerak maju dengan kreativitas dan inovasi – inovasi baru untuk meningkatkan kapasitas diri sehingga dapat bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga dan bangsa. Beliau juga berharap, para lulusan nantinya dapat tetap membangun ikatan silaturahmi dengan institusi ini khususnya pemberian data saat mendapatkan pekerjaan merupakan bentuk dukungan bagi kemajuan almamater karena sebagai alumni, anda ikut bertanggung jawab terhadap masa depan lembaga ini.” kami bangga ketika suatu hari nanti  anda berhasil dalam bidang apapun namun jangan pernah lupa dengan almamter ” tutup Dekan.

Ketua Senat Fisip Drs. A.R. Malawat, M.Si, mengucapkan terima kasih kepada Rektor, Dekan, serta sivitas Akademika Fisip dan para orang tua yang telah memberikan kontribusi yang besar sehingga hari ini Fisip Unpatti dapat menghasilkan lulusan terbaik.  Keberhasilan hari ini merupakan sebuah proses panjang dan melalui banyak variable pengukuran keberhasilan diantaranya, Senat mengadakan sidang mutu yang berkaitan dengan proses belajar-mengajar pada akhir semester dan proses penelitian institusional harus mengacu pada Rod Map yang sudah diseminarkan dan hasil penelitianpun harus diseminarkan sacara terbuka begitupun pengabdian kepada masyarakat. Proses – proses ini semuanya menuju pada fase pemantapan Fisip Bermutu.

Harapan kami, para lulusan dapat meningkatkan kualitas akademik di tengah- tengah masyarakat dengan menjaga etika, kerena dengan demikian para lulusan telah berkontribusi besar terhadap almamater serta mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh dari almamater ini kepada masyarakat, bangsa maupun negara. Tentunya alamameter sangat bangga apabila para lulusan dapat mengelola ilmu yang telah diperoleh untuk menciptakan lapangan kerja baru bagi indvidu maupun masyarakat.

Pada kesempatan itu juga Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd mewakili Rektor dalam sambutannya mengatakan, moment yudisium hari ini begitu penting, kerena merupakan hasil dari  proses pembelajaran mendidk anak bangsa menjadi manusia yang bemutu dan berkualitas.

Prof. Edy menjelaskan, ada lima Proses pendidikan di Perguruan Tinggi, antara lain input,proses, output, outcame dan impact.  Untuk itu rasio lulusan harus sebanding dengan rasio input yang di diterima pertahunnya sehingga dapat memberikan impact bagi institusi.

Beliau berharap, dengan output yang dihasikan hari ini, dapat memberikan impact bagi institusi lebih baik ke depan dan diharapkan juga para lulusan harus dapat menjadi agen perubahan.

Kegiatan ini dihadiri oleh para anggota Senat, para Wakil Dekan, Ketua Program Studi, para Dosen, Koordinator, Para Tenaga Fungsional dan Tenaga Kependidikan Dalam lingkup Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, dengan  tetap memperhatikan protokol kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published.