Pelantikan Dan Musyawarah Kerja Pengurus Pattimura Diving Society

UNPATTI,- Bertempat di Aula Gedung Rektorat Unpatti dilaksanakan Acara Pelantikan dan Musyawarah Kerja Pengurus UKM Pattimura Diving Society (PADIS) Universitas Pattimura Periode 2021-2022 dengan mengusung Tema “Insan Bina Mulia Ke Lautan”, Rabu (31/3).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Gedung Rektorat Unpatti ini diawali dengan Pembacaan Ikrar, Penandatanganan berita acara dilanjutkan dengan laporan ketua panitia Musyawarah Kerja Pengurus PADIS.

Rektor Universitas Pattimura yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. F. Leiwakabessy, M.Pd, dalam sambutanya mengucapkan terimakasih kepada pengurus lama yang sudah bekerja dengan baik dan selamat kepada pengurus yang baru.

Pattimura Diving Society sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa, harus menunjukan eksistensi untuk bisa dilihat baik dalam menunjang tridarma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penilitian dan pengabdian masyarakat. UKM PADIS dibentuk untuk menampilkan keunggulan dari kelautan, salah satu kebijakan rektor yang harus didukung dalam upaya pencapaian indikator kinerja utama yakni aktifitas mahasiswa harus bisa menunjukan bahwa selama studi, mahasiswa sudah punya pekerjaan sampingan dengan besaran insentif tertentu dan diharapkan dalam kurun waktu enam bulan setelah lulus, alumni sudah mendapatkan pekerjaan atau menciptakan pekerjaan sendiri. Dengan demikian pemeringkatan institusi akan meningkat karena mampu menciptakan lulusan yang kompeten sesuai keilmuannya.

Prof. Leiwakabessy berharap dengan adanya unit-unit Kerja Mahasiswa ada peluang yang nantinya membawa para mahasiswa – mahasiwa ini bisa menjalin kerjasama dengan berbagi instansi terkait maupun menciptakan lapangan kerja baru.

Lanjutnya Universitas Pattimura memiliki Sembilan fakultas, dari Musyawarah yang akan dilaksankan ini dapat mengakomodir seluruh mahasiswa unpatti sehingga setiap fakultas dapat mengetahui aktifitas PADIS, salah satunya Fakultas Kedokteran Unpatti yang memiliki keunggulan dalam mata kuliah Dokter Pulau, para dokternya diwajibkan untuk bisa diving ,berenang dan bisa mengoperasikan kapal motor, dengan demikian PADIS diharpkan mampu bisa mengakomodir semua fakultas di Universitas Pattimura “jangan dilupakan teruslah perjuangkan kebhinekaan kita dan merefleksikan hal-hal baik yang kita dapatkan sehingga bisa di promosikan dan ditonjolkan pada jurnal-jurnal ilmiah nasional maupun internasional”.

Ketua Umum Patimura Diving Society M. Yudha T. P. Rumakat dalam sambutanya mengatakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) merupakan wadah kreatifitas bagi para mahasiswa untuk mengembangkan soft skill maupun talenta, PADIS merupakan salah satu UKM di Universitas Pattimura yang bergerak dibidang pesisir dan laut, visi dari PADIS diangkat dari Pola Ilmiah Pokok yang berorientasi pada “Bina Mulia Kelautan” yaitu mengutamakan gugus pulau-laut sebagai fokus pengembangan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang adalah tema pada kegiatan di hari ini, sehinga diharapkan anggota dapat merealisasi apa yang ingin dicapai dari UKM PADIS.

Kepengurasan dihari ini bertepatan dengan 10 tahun PADIS berdiri dan mengabdi di Unpatti, dalam menyongsong satu dekade, PADIS melaksanakan Musyawarah Kerja Pengurus sehinga diharapkan para anggota dapat bekerja sama sesuai dengan AD/ART yang sudah ditetapkan dan adanya dukungan dari para anggota dalam mensukseskan program yang akan di tetapkan saat musyawarah kerja, tutur Yudha.

Pembina PADIS Saiful, S.Pi, M.Si yang juga Dosen Fakultas Perikanan dan ilmu Kelautan dalam arahan mengucapkan terima kasih kepada para pengurus sebelumnya atas kerjasama dan komitmen dalam menjalankan kepengurusan, dan berharap kepada para pengurus PADIS yang baru bisa melihat kinerja para pengurus yang lalu sehingga pada kepengurusan yang sekarang dapat melanjutkan apa yang sudah ada agar lebih kuat dalam hal melaksanakan tugas-tugas organisasi dengan begitu banyak tantangan baik itu dari segi waktu dan materi. “pengorbanan butuh tanggungjawab, komitmen yang harus lakukan”.

PADIS diharapkan bisa lebih memantapkan diri lagi terkait dalam bidang perguruan tinggi seperti kegiatan Expedisi Haliclona Ambonese II “Exploration of Nusalaut Island Tourism” untuk mengeksplore pariwisata di Pulau Nusalaut sehingga bisa mepublikasikanya pada jurnal- jurnal ilmiah dan tidak sampai disutu saja pengurus yang baru diharapkan mempu mebuat kegiatan-kegiatan serupa lainya. Kepengurus PADIS harapannya bisa lebih bersinergi dengan Fakultas, Universitas dan berbagai bidang di pemerintahan.

“Unit Kerja Mahasiswa merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam pengembangan kreatifitas di lingkunan Universitas Pattimura karena pengembangan kampus tidak hanya dilihat dari sisi akademik saja tetapi dari sisi kemahsiswaan juga salah satunya, UKM Pattimura Diving Society”, ungkap Saiful, M.Si.

Sukses untuk Pelantikan dan Musyawarah Kerja Pengurus UKM Pattimura Diving Society (PADIS) Universitas Pattimura.

Leave a Reply

Your email address will not be published.