Pengambilan Sumpah Dan Pelantikan Dokter Baru Lulusan Ke-20 Periode April 2021 Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura

UNPATTI,- Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura melakukan Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Dokter Baru Lulusan Ke-20 Periode April 2021, yang dilaksanakan secara virtual, rabu (14/4).

Pelantikan dilakukan kepada :

  1. Feby Ilvana, S.Ked
  2. Siti Aisa R. Samal, S.Ked
  3. Michyal Harli Rukmana Karapesina, S.Ked
  4. Aprilia Teropina Warkey, S.Ked
  5. Siska Teurupun, S.Ked
  6. Yulinda Ratusehaka, S.Ked

Wakil Dekan Bidang Akademik drg. Christiana R. Titaley, MIPH., Ph.D dalam laporannya menjelaskan Keenam dokter baru ini merupakan dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura yang telah menjalani tahap pre-klinik dan profesi dokter selama kurang lebih enam tahun.

Tahap Kepanitraan Klinik telah berlangsung di Rumah Sakit dan Puskesmas di wilayah Provinsi Maluku, yaitu di RSUD Dr. M. Haulussy Ambon, RSKD Ambon, RS. Angkatan Laut, Kantor Kesehatan Pelabuhan Ambon, Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, BASARNAS dan Klinik Dokter Keluarga di Kota Ambon, serta beberapa Puskesmas di wilayah pelayanan Dinas Kesehatan Kota Ambon dan Kabupaten Seram Bagian Barat. Untuk Rumah Sakit dan Rumah Sakit Pendidikan di luar Ambon, ke-6 dokter ini telah menempuh kepanitraan klinik di RSP FK Universitas Hasanuddin dan RSUD dr. Soetomo Surabaya.

Setelah menyelesaikan kepanitraan klinik, mereka telah mengikuti Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) yang dilakukan secara nasional, serentak diseluruh wilayah Indonesia. Ujian Kompetensi ini merupakan exit exam dalam menentukan kelulusan dan kompetensi mereka untuk memperoleh gelar dokter.

Hingga saat ini, jumlah dokter yang diluluskan dari Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura telah bertambah menjadi 217 dokter. Dari 6 peserta UKMPPD first taker pada periode ini, 5 dokter lulus sehingga presentase  kelulusan  adalah 83% untuk first taker. Secara total, sejak kelulusan pertama ditahun 2015, total kelulusan first taker FK Unpatti adalah 78,4%, ini adalah presentase kelulusan yang tinggi, terutama dikawasan Indonesia Timur.

Dari 211 lulusan dokter sebelumnya sebagian besar telah menyelesaikan program internship, dan ada yang masih mengikuti program internship. Dari yang telah menyelesaikan program internship, ada yang telah melanjutkan pendidikan di tingkat spesialis maupun S2, dan sebagian telah bekerja menjadi PNS maupun dokter kontrak di berbagai instansi, bahkan termasuk staf dosen di almamater tercinta Fakultas Kedokteran Unpatti.

Acara dilanjutkan dengan Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Dokter Baru oleh dekan Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura. Selanjutnya Rektor Universitas Pattimura yang diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd menyerahkan keenam Dokter Baru lulusan FK Unpatti kepada  Ikatan Dokter Indonesia (ID) Wilayah Maluku yang diterima oleh dr. Hendrita Tuankotta, M.Kes.

Dekan Fakultas Kedokteran, dr. Bertha Jean Que, Sp.S., M.Kes dalam sambutanya memberikan apresisasi kepada ke-6 dokter baru yang telah menunjukan nilai kelulusan 83% pada UKMPPD.

Dekan juga mengucapkan terima kasih kepada Rumah Sakit jejaring, para kepala pusat kesehatan masyarakat tempat para dokter baru menjalani proses pendidikan hingga selesai, semua pihak dan semua dosen pembimbng serta orang tua yang selama ini memberikan yang terbaik kepada para dokter dokter baru.

Dekan berharap agar keenam dokter yang baru dilantik dan diambil sumpahnya dapat memaknai bahwa ini merupakan awal dari perjalanan panjang melaksanakan tugas pelayanan sebagai seorang dokter, “jangan berhenti belajar karena ilmu selalu berkembang dan ada hal-hal baru yang nantinya membuat kamu akan terus berkembang. Setelah ini kalian akan menjalani internship yang merupakan bagian dari program Kementerian Kesehatan di wilayah Maluku, sebagai bentuk pengabdian kepada daerah Maluku dan merealisasikan Visi dan Misi Fakultas Kedokteran yaitu dipersiapkan untuk menjadi dokter pulau dan diharapkan para dokter baru akan mengabdi di pulau-pulau pada wilayah Maluku”.

Rektor Universitas Pattimura yang diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutanya memberikan apresiasi atas perjuangan dan prestesi yang ditunjukan keenam dokter baru ini dan lulusan dokter sebelumnya. “Prestasi – prestasi yang ditunjukan semua lulusan Fakultas Kedokteran membuktikan Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura mampu berkompetisi dengan Fakultas Kedokteran di universitas-universitas ternama”. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada dosen dan pembimbing yang berjuang bersama untuk pencapain ini.

Prof. Leiwakabessy berharap agar ke enam dokter baru dan para dokter lulusan Universitas Pattimura dapat mengabdi di pulau-pulau terluar di provinsi Maluku sebagaimana visi dan misi fakultas kedokteran, “para dokter lulusan Universitas Pattimura adalah perpanjangan tangan Tuhan yang dipakai untuk melayani banyak orang”.

Lanjutnya kedepan Fakultas Kedokteran akan tetap berbenah mempersiapkan fasilitas penujang yang lebih baik dan lebih unggul.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Ketua Ikatan Dokter Indonesia Wilayah Maluku, Ketua Ikatan Dokter Indonesia Kota Ambon, Para Kepala Rumah Sakit jejaring, Para Wakil Dekan, koordinator, tenaga fungsional, pegawai dalam lingkup Fakultas Kedokteran Unpatti serta orang tua dokter baru.

Selamat kepada para dokter baru…!!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.