RAKERPIM FAKULTAS TEKNIK TAHUN 2021 DIGELAR

UNPATTI,- (Selasa, 6/4) Fakultas Teknik Universitas Pattimura menggelar Pembukaan Rapat Kerja Pimpinan (RAKERPIM) Tahun 2021 yang berlangsung di ruang kerja masing-masing secara virtual via zoom. RAKERPIM Fakultas Teknik direncanakan berlangsung 6-7 April 2021

Pada hari pertama pelaksanan RAKERPIM, disampaikan pengantar oleh Bagian Perencanaan dan Kerjasama Universitas Pattimura oleh Koordinator Perencanaan, Lussi R. Loppies, S.Pi dan didampingi Sub Koordinator perencanaan, Martha M. Hitijahubessy, S.E., M.Si dan penyampaian Presentasi LAKIN Fakultas Teknik Tahun 2021 dan Pokok-Pokok Kebijakan Pengembangan Fakultas Tahun 2022 Pembukaannya oleh Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. J. M. Hetharia, M.App.Sc.  RAKERPIM dilanjutkan pada tanggal 7 April 2021 di Hotel Mitra, Kabupaten Seram Bagian Barat, dengan agenda pleno rancangan Program Jurusan dan Prodi dalam lingkungan Fakultas Teknik.

RAKERPIM dihadiri Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. J. M. Hetharia, M.App.Sc., para Wakil Dekan., Ketua dan Sekretaris Senat., para Ketua dan Sekretaris Jurusan., para Ketua Program Studi., para Kepala Laboratorium Bagian., para Kepala Laboratorium., Ketua Pengelola Program Reguler II., Koordinator Bagian Tata Usaha dan para Sub Koordinator Bagian dalam lingkungan Fakultas Teknik.

Ketua Panitia, Dr. Monalisa Manuputty, S.T, M.Kes dalam laporannya memberikan apresiasi kepada Pimpinan Fakultas Teknik Unpatti dan seluruh panitia sehingga RAKERPIM Fakultas Teknik tahun 2021 dapat terlaksana dengan baik. Lanjut dikatakan, dasar dari pelaksanaan RAKERPIM Fakultas Teknik adalah :

  1. Rencana strategis Fakultas Teknik tahun 2020-2024
  2. Data dukung Fakultas Teknik tahun 2021 untuk program layanan perkantoran, program seminar atau pelatihan maupun workshop, pengembangan mutu SDM Tenaga Kependidikan khususnya kegiatan RAKERPIM Fakultas Teknik
  3. Surat Keputusan Dekan Fakultas Teknik Nomor 62/UN13.6/SK/2021 tentang pengangkatan Panitia Pelaksana RAKERPIM Fakultas Teknik tahun 2021

Beliau menambahkan, RAKERPIM Fakultas Teknik Universitas Pattimura bertujuan melakukan evaluasi komprehensif terhadap seluruh capaian kinerja Fakultas Teknik tahun 2020, meningkatkan koordinasi dan kesepahaman antar Unit Kerja terkait pencapaian sasaran-sasaran prioritas pengembangan fakultas.

Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. W. R. Hetharia, M.App.Sc dalam sambutan mengatakan, hari ini Fakultas Teknik Universitas Pattimura memulai kegiatan RAKERPIM yang berlangsung selama dua hari mulai hari Selasa, 06 April 2021 hingga Rabu, 07 April 2021. Kegiatan tersebut digabungkan bersama-sama dengan kegiatan sosialisasi Program Studi dalam lingkungan Fakultas Teknik di Kabupaten Seram Bagian Barat. “Jadi pembukaan RAKERPIM berlangsung di hari ini dan beberapa kegiatan awal sudah dilaksanakan hingga dilanjutkan besok di Piru sekaligus kegiatan sosialisasi beberapa Program Studi di Kabupaten Seram Bagian Barat. Kegiatan ini dimaksudkan untuk merancang berbagai kegiatan yang akan berlangsung di tahun 2022”, ujar Dr Hetharia.

Lanjut dikatakannya, hasil yang dicapai dari kegiatan tersebut akan dirampungkan dan akan disampaikan pada RAKERPIM Universitas Pattimura. “Jadi persiapan RAKERPIM Fakultas Teknik berlangsung lebih awal dari beberapa fakultas yang ada di Universitas Pattimura”, kata Dr Hetharia.

Beliau menambahkan, dalam kegiatan tersebut juga membicarakan tentang kegiatan Tri Dharma pada Fakultas Teknik yang akan berlangsung di tahun 2022 meliputi Bidang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan berbagai kegiatan penunjang lainnya. “Pada prinsipnya kita siapkan lebih awal dan persiapan kita dalam rencana sesuai dengan kontrak kerja/Perjanjian Kerjasama antara Rektor dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tetapi juga Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi”, ungkap Dr. Detharia.

Harapannya, kedepan Fakultas Teknik harus berbenah diri agar kedepan lebih baik dan juga pengembangan peralatan-peralatan laboratorium untuk peningkatan kinerja. Harapannya juga ada kerjasama bukan hanya di tingkat lokal, melainkan di tingkat Nasional maupun International.

Mewakili Rektor Universitas Pattimura, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistim Informasi, Dr. Muspida, M.Si mengatakan, RAPKERPIM Fakultas Teknik sebagai suatu bentuk pertanggungjawaban atas program yang telah berlangsung dan telah dicapai pada tahun 2020 sekaligus memprogramkan rencana kegiatan di tahun 2022. RAKERPIM penting dilakukan sebagai suatu kesamaan pemahaman dalam rangka pelaksanaan kegiatan akademik maupun Tri Dharma Perguruan Tinggi pada Fakultas Teknik sehingga menjadi kebijakan dan prioritas dalam mendukung pengembangan pendidikan khususnya mendukung perjanjian kinerja Rektor dengan Kementerian keuangan tetapi juga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “oleh karena itu dalam program kerja yang akan dihasilkan merupakan bentuk dukungan dari Fakultas Teknik untuk mendukung program kerja dari Kementerian Keuangan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Rektor Universitas Pattimura” kata Dr Muspida.

Beliau menambahkan, hasil dari RAKERPIM Fakultas Teknik tahun 2021 merupakan Perjanjian Kinerja antara Dekan Fakultas Teknik dengan Rektor Universitas Pattimura. “RAKERPIM yang dilakukan baik secara daring dan luring (tatap muka) dengan memperhatikan Protokol Kesehatan Covid-19 bukan hanyak diharapkan melahirkan rancangan-rancangan program kedepan yang lebih unggul tetapi memperhatikan faktor-faktor kesehatan dalam masa Pandemi Covid-19 karena menjadi hal yang mutlak untuk dilakukan sehingga tetap aman dan berhasil dalam meluruskan program-program kerja kedepan”, tutupnya.

Selamat atas pelaksanaan Rakerpim Fakultas Teknik dan Kegiatan Sosialisasi Program Studi dalam lingkup Fakultas Teknik.

Hotumese

Leave a Reply

Your email address will not be published.