Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Yudisium Dan Penggelaran 163 Lulusan Fakultas Hukum Universitas Pattimura Periode April 2021

UNPATTI,- Pelaksanaan Yudisium dan Penggelaran Fakultas Hukum Universitas Pattimura yang digelar pada 19 April 2021, merupakan proses akademik sebagai penilaian akhir dan penetapan penilaian serta kelulusan bagi 163 lulusan yaitu Program studi Ilmu Hukum di Kampus Utama 130 lulusan dan Program studi Hukum di PSDKU Kabupaten Kepulauan Aru dan Kabupaten Maluku Barat Daya 33 lulusan yang selama ini telah menempuh studi dalam jangka waktu tertentu.

Acara Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Yudisium Dan Penggelaran Lulusan Fakultas Hukum Universitas Pattimura Periode April 2021 dibuka oleh Ketua Senat Fakultas Hukum Universitas Pattimura Dr. A. D. Bakarbessy, SH., LLM Acara dilanjutkan dengan Pembacaan Surat Keputusan, Pengukuhan Lulusan oleh Dekan Fakultas Hukum Dr.Rory J. Akyuwen, S.H., M.Hum, Pembacaan Panca Purna Ikrar Lulusan Oleh salah satu lulusan cumlaude Fernando Tantaru (IPK 3,81) dilanjutkan dengan penyerahan lulusan dari Dekan kepada Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Saartje Sarah Alfons, S.H., M.H.

14 lulusan Cumlaude Periode April 2021 yaitu :

  1. Christenia G. A. Andris (IPK 3,84)
  2. Karina Hatane (IPK 3,83)
  3. Fernando Tantaru (IPK 3,81)
  4. Jihan R. C. Prameswari (IPK 3,80)
  5. Priescillia Mariana Palapessy (IPK 3,79)
  6. Nur Tanachi Mardan (IPK 3,74)
  7. Ayu Intan Novelianna Setyono (IPK 3,70)
  8. Callchya J. R. Tuhumena (IPK 3,70)
  9. Norma R. Latukaisupy (IPK 3,69)
  10. Jesicha Martha Suripatty (IPK 3,68)
  11. Risvonda Souhaly (IPK 3,64)
  12. Devi Neng Hartini (IPK 3,61)
  13. Paramitha A. G. Wakim (IPK 3,60)
  14. Ahriani (IPK 3,53)

“Kita sangat bersyukur dan bangga sebagai lulusan bunda asuh tercinta Fakultas Hukum Universitas Pattimura” ungkap Perwakilan lulusan Christenia G. A. Andris (IPK 3,84). Ia juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Dekan, Para Wakil Dekan, Kaprodi, Para Dosen, Koordinator, serta staf tenaga kependidikan yang telah membantu, memberikan ilmu, berbagi pengalaman serta kasih sayang. “Dibalik para lulusan Fakultas Hukum yang tangguh terdapat perjuangan dan keringat yang dititihkan para dosen untuk mendidik dan menjadikan kami individu yang cerdas dan berkualitas”.

Lanjutnya Untuk rekan-rekan seperjuangan lulusan Fakultas Hukum Periode April 2021 Pandemi Covid-19 bukanlah halangan untuk teruslah belajar, proses kita tidak selalu berjalan mulus dan penuh tantangan tetapi yakinlah semua adalah proses pendewasaan agar kita memhami tidak mudah menjadi sarjana. Setelah resmi keluar dari gerbang Universitas Pattimura, ini merupakan langkah awal kehidupan dimana masyarakat menanti kebermanfaatan kita, akan ada banyak profesi yang lahir di tempat ini. Christenia mengajak seluruh lulusan fakultas hukum agar sigap mengikuti perkembangan jaman, berdaya saing positif dan menjadi sumber daya manusia yang siap dipakai.

“Kemana pun kamu ingin pergi ikutilah jalanmu dengan kepercayaan, dedikasi dan kerja keras kamu akan sampai di tujuan, hiduplah seperti motto kita AD AUGUSTA PER ANGUSTA”, tutupnya.

Mewakili orang tua, Anthoni Hatane, SH, MH mengucapkan terimakasih kepada Dekan, Para Wakil Dekan, para dosen dan tenaga kependidikan atas bimbingan maupun bantuan yang diberikan. Kepada para lulusan jadikanlah Fakultas Hukum Universitas Pattimura sebagai ibu asuh, dan setiap ilmu yang didapatkan akan menjadi bekal bagi masa depan dalam pembangunan Bangsa dan Negara.

Ketua Senat Fakultas Hukum Universitas Pattimura Dr. A. D. Bakarbessy, SH., LLM dalam sambutanya mengatakan “salah satu tujuan pendidikan adalah mengajarkan bahwa hidup itu berharga” (Abraham Maslow), “Para lulusan dididik dan dibina di almamater ini untuk dijadikan lebih berharga”,ungkap ketua senat. Ketua senat berharap untuk setiap lulusan mampu mengaplikasikan ilmu yang didapat untuk membangun dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

Prof. Dr. T. G. Ratumanan, M.Pd dalam sambutanya mewakili ketua Pengelola Program Studi diluar Kampus Utama (PSDKU) mengatakan Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Yudisium Dan Penggelaran Lulusan Fakultas Hukum Universitas Pattimura Periode April 2021 adalah momentum yang luar biasa yang turut menentukan masa depan bagi para lulusan. Empat tahun atau lebih pendidikan yang diterima di fakultas hukum unpatti merupakan bekal yang cukup bagi para lulusan untuk menjadi seseorang yang ahli di bidang hukum. “Jangan Pernah ragukan almamater anda karena almamater anda akan selalu memberikan yang terbaik, ragukan bahwa bintang-bintang itu api, ragukan bahwa matahari itu bergerak, ragukan bahwa kebenaran itu dusta, tapi jangan ragukan almamater anda (William Shakespeare)”

Di era revolusi industry 4.0 para lulusan dihadapkan pada perubahan paradigma yang cukup luar biasa yaitu pemanfaatan Teknologi menjadi sebuah komponen penting yang akan menentukan masa depan kita, dan Fakultas Hukum mampu beradaptasi pada perubahan ini, tutur Prof. Ratumanan.

Penggunaan IT dibidang hukum sudah sangat berkembang Prof. Ratumanan berharap lulusan Fakultas Hukum mampu menguasai bidang IT dengan demikan para lulusan jangan pernah berhenti belajar, kembangkanlah ilmu, tingkatkanlah kemampuan dalam berpikir kritis, kemampuan berkomunikasi, kolaborasi dan berkreatifitaslah.

Prof. Ratumanan memberikan apresiasi kepada Dekan, para wakil dekan atas kebijakan dan terobosan yang dibuat oleh Fakultas Hukum Universitas Pattimura sehingga PSDKU Unpatti meluluskan lulusan terbanyak dari bidang Hukum.

Dekan Fakultas Hukum Dr.Rory J. Akyuwen, S.H., M.Hum dalam sambutanya mengatakan Tracer Study Fakultas Hukum telah dilaksankan keseluruh kabupaten kota, dari hasil yang di dapat ada beberapa hal yang harus dibenahi, dengan demikian kepada para lulusan untuk belajar lebih giat karena tantangan diluar sangat berat, salah satu kelemahan para lulusan sebelumnya berada pada dibidang IT.

Lanjutnya Fakultas Hukum Universitas Pattimura akan menyusun kurikulum yang baru dari informasi, data maupun masukan dari seluruh stakeholder dan alumni untuk menerepkan kebijakan Menteri Pendidkan dan Kebudayaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Para lulusan diharapkan bisa membenahi diri dan terus belajar dalam menjawab tantangan di revolusi industri 4.0 menuju 5.0.

Rektor Universitas Pattimura yang diwakili Wakil Rektor Bidang Perncanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi Dr. Muspida, M.Si dalam sambutanya mengatakan hari ini bukan akhir sebuah proses belajar tetapi hari ini adalah awal untuk membuktikan akademik kita ditengah-tengah masyarakat dengan cara terus belajar dan kembangkanlah ilmu yang di peroleh Karena aspek kehidupan manusia tidak terlepas dari persoalan-persoalan hukum dan solusi yang diberikan melalui pendekatan- pendekatan ilmu hukum.

Dr. Muspida mengucapkan selamat kepada Fakultas Hukum Universitas Pattimura yang meyudisium 163 lulusan, 33 lulusan diantaranya dari PSDKU Kabupaten Kepulauan Aru dan Kabupaten Maluku Barat Daya ini menunjukan kualitas dan keseriusan Fakultas Hukum Unpatti untuk membangun Sumber Daya Manusia yang ada diluar kampus utama.

Lanjutnya berdasarkan perjanjian kinerja rektor dengan menteri yaitu 80% alumni dengan masa tunggu enam bulan sudah harus bekerja maka diharapkan kepada para lulusan setelah diwisuda bekerjalah sesuai dengan bidang ilmunya yaitu ilmu hukum, “banyak konsultan-konsultan hukum yang bisa menampung kalian, jangan bergantung dan menunggu untuk menjadi PNS, teruslah belajar, buktikan bahwa Alumni Fakultas Hukum Universitas Pattimura mampu bersaing di pasar kerja, tidak menyerah dengan kesarjanaannya tetapi kesarjanaan yang didapat adalah modal utama untuk bisa berkarya ditengah msyarakat”.

Kegitan yang digelar secara konvensional dan virtual ini diikuti oleh para Wakil Dekan, para Anggota Senat, Ketua program studi, para dosen, koordinator, para tenaga fungsional dan tenaga kependidikan dalam lingkup Fakultas Hukum Universitas Pattimura serta para Purnabakti, untuk para lulusan yang berada di Kabupaten Kepulauan Aru dan Kabupaten Maluku Barat Daya dan orang tua/wali lulusan mengikutinya lewat aplikasi zoom. Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Pandemi Covid-19 maka, pelaksanaan Yudisium dan Penggelaran Lulusan Fakultas Hukum dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Selamat dan sukses kepada para lulusan Fakultas Hukum Universitas Pattimura. Hotumese!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.