Rektor Melantik DPP IKAPATTI Periode 2021-2025

UNPATTI,- Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Alumni Universitas Pattimura (IKAPATTI) Periode 2021-2025 secara resmi dilantik oleh Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H., M.Hum berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Pattimura Nomor : 610/UN13/SK/2021. Selasa, (27/4).

Prosesi Pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan, pelantikan Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Alumni Universitas Pattimura (IKAPATTI) Periode 2021-2025 oleh Rektor Universitas Pattimura, Pembacaan Ikrar Alumni Universitas Pattimura dan dilanjutkan dengan Penyerahan PATAKA (bendera IKAPATTI) dari Ketua Umum IKAPATTI sebelumnya Dr. Zeth Sahuburua, S.H, M.H kepada Ketua IKAPATTI yang baru Dr. M. Marasabessy, SP., ST., M.Tech.

Acara yang berlangsung di Auditorium Universitas Pattimura ini dihadiri oleh FORKOPIMDA Maluku, Anggota DPR RI Saadia Uluputti, ST., Sekretaris Kota Ambon, Anthony Gustaf. Latuheru, SH., M.Si., MH., Bupati Kabupaten Maluku Barat Daya, Benjamin Thomas Noach, S.T., Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, para Wakil Rektor, Para Dekan, para Wakil Dekan, para Kepala Biro dalam lingkungan Universitas Pattimura para Kepala Dinas, serta para Alumni Universitas Pattimura dan tamu undangan.

Dr. Muhamat Marasabessy, SP., ST., M.Tech dalam pidatonya mengatakan “Kita patut bersyukur atas segala rahmat yang Allah limpahkan kepada kita para alumni Universitas Pattimura untuk tetap bersatu dalam kebersamaan saling dukung, saling menginspirasi, dan saling memotivasi melalui organisasi perkumpulan yang kita cintai bersama Ikatan Alumni Universitas Pattimura.

Menurutnya, IKAPATTI sebagai wadah darmabakti alumni unpatti oleh karena itu kita berkewajiban untuk memberikan kontribusi yang terbaik bukan saja untuk kepentingan dan kemajuan para alumni tetapi juga untuk mendukung pengembangan Universitas Pattimura menjadi universitas yang unggul berbasis spesifik lokal wilayah kepulauan sehingga mampu berkompetensi pada tingkat nasional.

IKAPATTI juga memiliki kewajiban menghasilkan lulusan Unpatti agar memperoleh lapangan pekerjaan yang lebih luas sehingga kontribusi alumni bagi masyarakat Maluku dan negeri ini lebih signifikan. Disamping itu, IKAPATTI sebagai organisasi profesional dapat menyumbangkan ide produktif serta energi positif dengan memaksimalkan potensi dan kompetensi para alumni dalam berkontribusi serta berprestasi untuk kepentingan bangsa dan negara.

“Kedepan, saya akan mengidentifikasi semua alumni baik S1,S2,bahkan S3 dan membangun Data Base IKAPATTI agar dapat melihat para Alumnus sebagai aset pengembangan”, ujarnya.

Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H., M.Hum dalam sambutannya mengatakan, hari ini adalah moment yang luar biasa untuk melantik kepengurusan IKAPATTI karena “IKAPATI merupakan sebuah wadah yang luar biasa yang diminati banyak alumni”.

Selama kurun waktu 58 tahun, IKAPATTI bisa melakukan Mubes dan ini merupakan sejarah baru. Prof. Saptenno berharap IKAPATTI akan bersama menciptakan lapangan pekerjaan untuk para alumni dengan cara membangun kerjasama dengan pihak swasta dan pemerintah dan kepada para alumni diharapkan untuk tetap mencintai bunda asuh kita Universitas Pattimura.

Ditambahkan, kepada pengurus yang telah dilantik agar dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara baik sampai selesai, dan dapat berkontribusi langsung baik kepada almamater maupun kepada masyarakat”, tuturnya.

Gubernur Maluku, Drs. Murad Ismail dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi atas pelantikan IKAPATTI. “Atas nama Pemerintah Provinsi Maluku dan sebagai Ketua Dewan Kehormatan, saya memberi apresiasi yang tinggi, atas terbentuknya IKAPATTI periode 2021-2025, semoga ini menjadi momentum sekaligus langkah baru, bagi Unpatti untuk terus maju dan menjadi lebih baik serta unggul, bersama IKAPATTI yang dilantik hari ini”.

Dikatakan, Unpatti di usia 58 tahun, telah membuktikan diri mampu melahirkan begitu banyak alumnus terbaik, dengan prestasi yang membanggakan, serta berhasil memainkan peran strategis diberbagai bidang pekerjaan, baik pada tingkat daerah, nasional, maupun internasional.

“Pencapaian prestasi para alumnus ini, membuktikan bahwa IKAPATTI merupakan wadah dengan kekuatan profesional, yang di harapkan dapat berkonstribusi bagi kemajuan Unpatti, dan dapat bekerja sama dengan pemerintahan daerah maupun pemerintah pusat, sebagai mitra sekaligus motor penggerak di berbagai sektor pembangunan”, ungkapnya.

Saat ini, kata Gubernur, pemerintah daerah masih memprioritaskan kegiatan-kegiatan yang terkait dengan pengentasan kemiskinan, kesejahteraan masyarakat, dan perlindungan sumber daya alam sebagai aset untuk generasi mendatang.

Disamping itu, menurut Gubernur dengan di tetapkan Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN) oleh Presiden RI, dan Ambon New Port yang segera dilaksanakan tahun ini, serta perpanjangan landasan Airport di Wilayah Maluku, merupakan pencapaian, serta tanggung jawab yang besar buat kami, dalam meningkatkan ekonomi dan pendapatan daerah, sekaligus membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Maluku.

“Oleh sebab itu, diharapkan keterlibatan langsung IKAPATTI, bekerjasama dengan Unpatti dan pemerintah daerah untuk mempersiapkan SDM yang berkualitas dan siap bekerja di sektor-sektor unggulan ini”, ujarnya.

Pemerintah daerah, sebut Gubernur, membuka ruang kerjasama yang seluas-luasnya bagi IKAPATTI, untuk duduk bersama, bersinergi membangun Maluku. “Maluku harus sejahtera dan sejajar dengan provinsi lainnya di Indonesia. Itu sudah menjadi tekad kami sebagai Gubernur Maluku”.

“Kami juga harapkan, pengurus IKAPATTI harus kreatif, inovatif dan produktif, serta peka terhadap kebutuhan daerah, agar mampu menjawab tantangan dan kebutuhan global kedepan,” tandas Gubernur.

Gubernur juga meminta, agar program-program kegiatan yang disusun IKAPATTI, harus mencirikan karakteristik Kepulauan Maluku, serta mengedepankan kearifan lokal di Maluku. “Kami yakin, dengan kepemimpinan Ketua Umum yang baru, berdasarkan hasil Mubes ke-1, IKAPATTI akan maju dan mampu memberi kontribusi terbaik, untuk Unpatti dan daerah Maluku”, ungkap Gubernur.

Dihari yang sama dilaksanakan juga acara buka puasa bersama pengurus IKAPATTI di Auditorium Universitas Pattimura.

Sukses selalu Ikatan Alumni Universitas Pattimura.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *