Sebanyak 40 Mahasiswa Lulusan Fakultas Teknik Unpatti Di Yudisium

UNPATTI,- Bertempat di Ruang Kuliah Umum lantai II Fakultas Teknik Universitas Pattimura berlangsungnya Yudisum dan Penggelaran Sarjana Periode April 2021, Selasa (20/4/21).

Sebanyak 40 mahasiswa dinyatakan lulus dalam Rapat Terbuka Luar Biasa Senat Fakultas Teknik Universitas Pattimura Dalam Rangka Yudisium Dan Penggelaran Sarjana Periode April 2021, yang sesuai dengan Surat Keputusan Dekan Fakultas Teknik Nomor 87/UN13.1.6/SK/2021.

Yudisium dan Penggelaran Sarjana dibuka secara resmi oleh Ketua Senat Fakultas Teknik, Prof. Dr. Ir. M. Tukan, BSE, M.T berlangsung secara konvensional dengan memperhatikan Protokol Kesehatan Covid-19. Turut hadir dalam acara tersebut, para Wakil Dekan, para Ketua Jurusan, para Ketua Program Studi, Ketua Senat dalam lingkup Fakultas Teknik, Rohaniawan, para Lulusan serta perwakilan Orang Tua lulusa.

Penyerahan Tanda Piagam Penghargaan dari dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. W. R. Hetharia, M.App.Sc diberikan kepada 4 Lulusan dengan predikat “Pujian”, atas nama :

  1. Fransisca Villia Tanisiwa, masa studi 4 tahun 7 bulan, IPK 3,80 dengan Judul Skripsi “Studi Eksperimental Limbah Kopi dan Kapur Padam Sebagai Bahan Subtitusi Parsial Semen Terhadap Kuat Beton”
  2. Admiral Yehuda Taihuttu, masa studi 5 tahun 4 bulan, IPK 3,62 dengan Judul Skripsi “Analisa Engine Propeller Matching KM Sunlia 490 GT Akibat Pergantian Mesin Induk”.
  3. Leni Kusumawati, masa studi 4 tahun 7 bulan, IPK 3,51 dengan Judul Skripsi “Studi Eksperimental Pemanfaatan Limbah Plastik Sebagai Subtitusi Agregat Kasar Pada Campuran Beton Dengan Sikacim Concrete Addictive”
  4. Sri Astuti, masa studi 4 tahun 7 bulan, IPK 3,51 dengan Judul Skripsi “Perencanaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Domestik Kampung Baru Desa Nania Kota Ambon”

“Merupakan suatu kehormatan besar bagi saya dapat berdiri di hadapan Bapak dan Ibu, mewakili rekan-rekan peserta Yudisium Fakultas Teknik untuk menyampaikan ucapan terimakasih atas segala jasa, ilmu, bimbingan dan pengalaman yang telah dibagikan bagi kami sehingga bisa berada pada momen yudisium di hari ini. Masih segar dalam ingatan saya ketika beberapa tahun lalu pertama kali menginjak kaki di ruangan ini sebagai mahasiswa baru, dan hari ini kembali menempati ruangan ini untuk melaksanakan proses yudisium yang merupakan moment akhir sebagai mahasiswa”, ujar Fransisca Villia Tanisiwa, dalam menyampaikan sambutan mewakili lulusan.

Lanjut dikatakan, kami juga mengucapkan terimakasih kepada para dosen, tenaga kependidikan  Fakultas Teknik, serta perwakilan para Orang Tua lulusan atas segala didikan dan doa kepada kami sehingga boleh mencapai suatu kesuksesan dalam meraih Sarjana Teknik pada yudisum disaat ini.

“Jadikanlah hari ini sebagai hari yang selalu kita syukuri, karena hari ini adalah awal dari perjuangan kita kedepan. Apapun profesi yang akan kita tekuni nanti, besar harapan saya semoga kita tetap rendah hati kepada orang-orang di sekitar, baik keluarga maupun masyarakat. Hari ini adalah tentang masa depan dengan kerja keras dan tanggungjawab sesuai dengan keilmuwan dan profesi kita. Kelulusan bukanlah akhir, melainkan awal dari perjuangan sesungguhnya”, pesannya.

Dalam sambutan Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. W. R. Hetharia, M.App.Sc mengatakan, atas nama Institusi Fakultas Teknik Universitas Pattimura, kami mengucapkan selamat atas kesuksesan dan keberhasilan dari 40 Sarjana Fakultas Teknik. “Ini bukan merupakan akhir dari perjuangan para lulusan, tetapi awal dari perjuangan untuk menggapai masa depan”, kata Dekan.

Beliau juga mengatakan, kami di Fakultas Teknik Unpatti telah membekali para lulusan dengan ilmu pengetahuan dan pembuktian lewat Ijazah. Ada beberapa kegiatan sebelumnya yang telah dilaksanakan yaitu Entrepreneurship yang dilaksanakan selama berkuliah di Fakultas Teknik merupakan kegiatan tahunan yang wajib diberikan bagi mahasiswa.

Pesan Beliau, jadilah lulusan yang berkualitas dan bisa menciptakan lapangan kerja bagi kehidupan masyarakat dan Bangsa Indonesia.

“Jangan tanyakan apa yang negara berikan bagi kami, tetapi lakukanlah segala seuatu yang terbaik buat negara ini”, tegasnya.

Dekan berharap, kedepan para lulusan dapat belajar ekstra lewat Ilmu Teknologi (IT) yang semakin berkembang bahkan penggunaan Bahasa Inggris yang menjadi kebutuhan dasar, maka dari hal tersebut dapat memperkaya ilmu pengetahuan juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

Mewakili Rektor Universitas Pattimura, kesempatan yang sama sambutan disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistim Informasi, Dr. Muspida, M.Si mengatakan, atas nama pimpinan universitas menyampaikan “Selamat Hari Ulang Tahun Fakultas Teknik Universitas Pattimura ke-51 pada tanggal 16 April 2021 yang lalu. Usia emas 51 tahun tentunya akan melahirkan sarjana-sarjana emas, khusunya para lulusan boleh dikatakan Sarjana Emas karena di Yudisiumkan hari ini.

“Persaingan pasar kerja sekarang ini di Era Pandemi Covid-19 tentunya sangat terbatas dalam menghasilkan lapangan pekerjaan. Karena itu saya mengucapkan terimakasih kepada Institusi Fakultas Teknik yang telah menjadikan kewirausahaan sebagai pendidikan tambahan dalam kurikulum, sehinggan para lulusan sudah siap untuk bersaing di pasar kerja atau menciptakan lapangan kerja yang baru berdasarkan disiplin keilmuwan kita”, ujar Dr. Muspida.

Beliau menambahkan, hari ini  “ anda telah dilepaskan Jas Almamater sebagai mahasiswa, dan pada saat ini juga anda diserahkan kepada alumni untuk menjadi bagian dari Ikatan Alumni Fakultas Teknik Universitas Pattimura”, tegasnya.

Beliau berharap, tentunya para lulusan dapat memberikan yang terbaik bagi almamater Fakultas Teknik Unpatti serta mampu menciptakan lapangan pekerjaan untuk perkembangan kemajuan Bangsa Indonesia kedepan.

Acara dilanjutkan dengan Pengukuhan Lulusan oleh Dekan, Pelepasan Jaket Almamater hingga penyerahan kembali acara Penutupan Rapat Senat kepada Senat Fakultas Teknik Universitas Pattimura.

“Selamat” kepada 40 Lulusan  Sarjana Teknik Universitas Pattimura. Hotumese…!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.