Webinar Nasional – Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Di Era Kenormalan Baru

UNPATTI,- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura Jurusan Ilmu Pendidikan Program Studi Bimbingan Konseling melaksanakan Webinar Nasional dengan mengusung tema Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Di Era Kenormalan Baru,  Rabu (7/4).

Ketua panitia pelaksana Rusnawati Ellis., S.Psi. M.Pd dalam sambutanya mengatakan Webinar Nasional Program Studi bimbingan konseling 2021 merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan Program Studi Bimbingan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura. Webinar ini bertujuan sebgai wadah atau forum untuk berbagai informasi maupun ide tentang apa yang terjadi dilapangan dan kondisi akademik Bimbingan Konseling baik di universitas, sekolah dan lingkungan masyarakat.

Ditambahkan pula era kenormalan baru merupakan era baru dalam kehidupan masyarakat Indonesia saat ini dimana semua orang dituntut untuk mengubah kebiasaan dan perilaku yang didasarkan budaya hidup bersih dalam mengantisipasi penularan Covid-19. Perubahan kebiasaan dan perilaku siswa dalam pembelajaran pada saat ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru sehingga mampu menciptakan pembelajaran yang menarik dan tepat sasaran, demikain juga guru Bimbingan Konseling.

Lanjutnya menanggapi perubahan ini Program Studi Bimbingan Konseling FKIP Unpatti menggadakan webinar nasional dengan menghadirkan tiga nara sumber yang berkompeten dalam bidang Bimbingan Konseling yaitu Dr. Arif Taufik Dani Abdillah., M.Pd dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan P4TK- Penjas dan Bimbingan Konseling dengan materi yang diberikan “Arah Kebijakan Bimbingan dan Konseling di Era Kenormalan Baru”, Dr. Aip Badrujaman., M.Pd  Dosen Bimbingan Konseling, Kepala UPT Layanan dan Pusat Karir UNJ Ketua ABKIN DKI Jakarta dengan materi yang diberikan “Pedoman Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Konseling di Era Kenormalan Baru”, Budhy Ramdhany, S.Pd., M.Pd.,  Ketua Pusat MGKN Indonesia dengan materi yang di berikan  “Layanan Bimbingan dan Konseling Kreatif di Era Kenormalan Baru”.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura Prof. Dr. Izaak H. Wenno, M.Pd dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan webinar nasional  menyampaikan terima kasih kepada  semua pemateri yang telah  bersedia berbagi pengetahuan terkait dengan Bimbingan Konseling di era kenormalan baru. Peran dan tanggung jawab bimbingan konseling sangat besar ditengah pandemi, sebagai pendidik harus memiliki pikiran yang positif untuk memberikan motivasi, minat dan dorong bagi  perkembangan anak didik, “bagaimana kualitas pendidikan yang baik  dapat tercipta tergantung dari peran guru dalam memberikan layanan pendidikan dan pemberian materi yang bermutu”, ungkap Prof. Wenno.

Prof Wenno berharap, melalui webinar ini ada masukan terkait dengan peran dan tanggung jawab Bimbingan Konseling dalam era kenormalan baru, adnya Perkembangan ilmu pengetahuan khususnya kepada konselor untuk kualitas menagjar, ia juga berharap adanya masukan kepada guru Bimbingan Konseling sehingga nantinya dapat memberikan masukan juga  kepada pemerintah dalam  membantu proses pembelajaran  Konseling di era kenormalan baru.

Peserta yang mengikuti webinar berasal dari praktisi pendidikan, dosen, guru dan mahasiswa bimbingan konseling yang berasal dari Padang sampai Papua yang berjumlah 198 peserta dan pemakalah berjumlah 19 orang yang berasal dari Padang, Bengkulu, Lampung, Surabaya, Banjarmasin dan Maluku.

Sukses atas pelaksanaan Webinar Nasional Program Studi Bimbingan Konseling.

Leave a Reply

Your email address will not be published.