FKIP Unpatti Menggelar Acara Puncak Hari Pendidikan Nasional

UNPATTI,- Merayakan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2021, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura menggelar Acara Puncak Hari Pendidikan Nasional yang berlangsung di Student Center FKIP Unpatti, Senin (3/5). Kegiatan ini mengusung tema “Optimalisasi Kampus Merdeka, Merdeka Belajar FKIP UNPATTI Menuju Pendidikan Berkualitas Berbasis Daerah Kepulauan”. Turut hadir dalam kegiatan ini para Wakil Dekan, para Ketua Jurusan dan Ketua Program Studi, Tenaga Pendidik, Tenaga Fungsional, dan Tenaga Kependidikan serta mahasiswa peserta lomba dalam lingkup FKIP Unpatti.

Seluruh rangkaian kegiatan dihari menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19. Kegiatan dimulai dari acara penyambutan Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd oleh Sanggar Seni “Aminata Tutuhitu”, yang didampingi Dekan FKIP, Prof. Dr. Izaak H. Wenno, M.Pd., Wakil Dekan Bidang Akademik FKIP, Prof. Dr. Jacob Anaktototy, M.Pd,., Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FKIP, Dra. Henderika Serpara, M.Pd., para Guru Besar pada FKIP, para Wakil Dekan terpilih serta Ketua Panitia, Happy Lelapary, S.Pd, M.Pd.

Ketua Panitia, Happy Lelapary, S.Pd, M.Pd dalam laporannya mengatakan saat ini kita bisa melaksanakan suatu momentum nasional yang menjadi tanggungjawab moral bersama yaitu Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei 2021 sehingga kita boleh merayakannya dihari ini. Ia juga mengatakan, “Implementasi Kampus Merdeka – Merdeka Belajar tidak sebatas pada kurikulum yang disusun, tetapi implementasi tersebut sudah berjalan lewat program pemerintah. Hal ini sudah dilakukan oleh Program Studi Pendidikan Biologi dan Pendidikan Kewarganegaraan yang mengirimkan mahasiswa untuk berada di Kampus Mengajar. Kampus Mengajar merupakan kegiatan Mengajar di sekolah dan bagian dari Kampus Merdeka”, ujar Happy Lelapary, M.Pd.

Ia juga melaporkan bahwa saat ini lomba-lomba kegiatan bersifat akademik akan diimbangi dengan kegiatan pentas seni mahasiswa. “Yang mengikuti lomba pentas seni ada 12 Program Studi, lomba debat 13 Program Studi, lomba Pidato 14 Program Studi”, kata Happy Lelapary, M.Pd.
Lanjut, Ia juga memberikan apresiasi kepada para Program Studi yang terlibat dalam waktu yang singkat tetapi dapat menyempatkan diri untuk terlibat. “Patut kita berikan apresiasi kepada para Program Studi yang sudah terlibat saat ini”, ungkapnya. Dikatakan pula hari ini panitia akan Launching perdana Visi dan Misi Dekan FKIP Unpatti periode 2021-2025 dikemas dalam lagu berjudul “FKIP CERIA” ciptaan Dekan FKIP dan arrangement dibuat oleh mantan Ketua Senat FKIP dari Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Hengky Sopacua, S.Pd., S.H, M.H yang diperdengarkan secara simbolis.

Dekan FKIP Unpatti, Prof. Dr. Izaak H. Wenno, M.Pd mengatakan kemajuan pendidikan adalah tanggungjawab kita bersama terhadap perkembangan dan kemajuan pendidikan untuk Maluku secara khusus dan Indonesia secara umum. Tanggal 2 Mei 2021 kita merayakan moment nasional yaitu Hari Pendidikan Nasional. “Pendidikan abad 21 menuntut berbagai keterampilan. Sejalan dengan itu, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga menghadirkan banyak peluang dan tantangan yang menuntut kita melakukan penyesuaian. Kita harus mengembangkan kreativitas baik sebagai Pendidik, tenaga Kependidikan maupun mahasiswa dan segenap komponen bangsa untuk berjalan bersama-sama membangun pendidikan terutama di Provinsi Maluku sebagai daerah kepulauan”, ujar Prof Wenno.

Beliau menambahkan, Kemerdekaan yang dimaksudkan adalah kemerdekaan berfikir dan berkarya karena kita sendiri merupakam agen perubahan menuju perbaikan kualitas pendidikan. Beliau mengucapkan terimakasih kepada para dosen, Tenaga Kependidikan, para mahasiswa dan semua pihak yang terkait dalam bekerjasama, membaktikan diri dan menghasilkan karya ditengah Pandemi Covid-19.

Mewakili Rektor, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutan memberi apresiasi atas pelaksanaan acara yang oleh FKIP untuk memberi warna bagi lembaga ini tentang pentingnya menghayati sejarah, mengahayati filosofi dari Ki Hajar Dewantara dengan ‘Tutwuri  Handayani’ yang menjadi simbol dari Kementerian dan seluruh aras kependidikan di negara kita.

Lanjut dikatakan “Pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Tahun 2021 pada  perayaan Hari Pendidikan 2 Mei 2021, menekankan catatan penting yang perlu diterjemahkan dalam proses bagaimana membangun pendidikan di Indonesia  kita harus belajar dari sejarah, sehingga kita menghargai para pendahulu, kita menghargai tokoh-tokoh pendidikan  tetapi serentak dengan itu, kita juga harus menjadi orang yang membuat sejarah dan saya percaya  hari ini FKIP membuat sejarah  dengan melakukan kegiatan ini  dan saya yakin kedepan FKIP akan membuat banyak sejarah. Bahwa kita semua baik para pendidik dan peserta didik untuk terus menggenggam Pancasila sebagai falsafah dan ideolagi negara, sehingga kita betul-betul akan mengahayati dan menegakkan Pancasila sebagai Falsafah kehidupan bernegara kita” Lanjut dikatakan, dalam pidato pak Menteri ada empat kebijakan besar yang harus dikerjakan  Pertama, perbaikan pada infrastruktur dan teknologi. Kedua, perbaikan kebijakan, prosedur, dan pendanaan, serta pemberian otonomi lebih bagi satuan pendidikan. Ketiga, perbaikan kepemimpinan, masyarakat, dan budaya. Keempat, perbaikan kurikulum, pedagogi, dan asesmen.

Prof Leiwakabessy berharap agar 10 Episode Merdeka Belajar sebagai bagian dari kebijakan Pemerintah bisa dipahami dan dapat dilaksanakan. Bahwa dalam penerapan Merdeka Belajar, kebhinekaan menjadi aspek yang penting, kita akan memberikan kontribusi sosial bagi pelaksanaan program kerja, kita bisa memberikan inspirasi dalam kinerja kita. “16 Prodi pada FKIP harus berpacu untuk mencapai akreditasi unggul dan bahkan akrediatasi internasional. Program Kompetisi Kampus Merdeka, Kampus Mengajar, Permata Sakti dan Permata Merdeka, serta berbagai program lainnya yang saat ini sementara berjalan, diharapkan bisa memberikan kontribusi yang signifikan bagi institusi ini “.

Diakhir sambutannya Prof Leiwakabessy, membuka secara resmi acara puncak hari pendidikan Nasional yang dilaksanakan oleh FKIP Unpatti.

Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan Launching lagu terbaru dari FKIP Unpatti berjudul “FKIP CERIA” dinyanyikan oleh Dekan FKIP Unpatti, Prof. Dr. Izaak H. Wenno, M.Pd, tarian “Kidabella”, tarian ini berasal dari Kepulauan Tanimbar dibawakan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unpatti, Musikalisasi dari Sanggar Cakadidi yang berjudul “Nusantara Berpadu – Mariana Lewier” dibawakan oleh mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unpatti.

Dalam rangka Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2021, FKIP Unpatti juga melakukan serangkaian lomba diantaranya Lomba Debat, Lomba Bertutur dan Lomba Pidato yang serempak berjalan di hari ini.

Selamat dan Sukses FKIP Unpatti.

#Salam FKIP Ceria

#Selamat Hari Pendidikan Nasional

#Semangat Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar

#Hotumese

Leave a Reply

Your email address will not be published.