Launching Dan Bedah Buku “Fenomena Sains dan Sosial Humaniora di Era Industri 4.0 ; Percikan Pemikiran Mahasiswa Universitas Pattimura”

UNPATTI,- Guna mempersembahkan karya dari mahasiswa Bidikmisi, Universitas Pattimura menggelar Launcing Dan Bedah Buku “ Fenomena Sains dan Sosial Humaniora di Era Industri 4.0 ; Percikan Pemikiran Mahasiswa Universitas Pattimura”. Jumat (7/5).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Rektorat Lantai II menghadirkan narasumber , Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Hukum, Dr. S. S. Alfons. SH.,MH., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Dr. Yoisye Lopulalan, M.Si., dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas ISP Junus Rahawarin, M.Si dengan moderator, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Pertanian, Ir. Handry R. D. Amanupunyo, M.P

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Jusuf Madubun, M.Si dalam laporannya menjelaskan bahwa berbagai percikan pemikiran yang tertuang dalam buku ini adalah buah karya para mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi selaku peserta Lokakarya Penulisan Karya Tulis Ilmiah yang digagas oleh Bidang Kemahasiswaan Universitas Pattimura. Kegiatan ini merupakan bagian dari pengembangan potensi mahasiswa dalam bidang akademik sekaligus perluasan wawasan dalam menjemput kemajuan Ilmu Pengetahuan di Era Industri 4.0.

Lanjutnya, kemajuan IPTEK sangat didasari oleh hukum-hukum kekekalan, seperti energi, massa, momentum dan muatan. Hukum kekekalan kekuasaan di bidang sosial politik mendominasi kebenaran kepemimpinan. Dengan demikian proses pengembangan ilmu pengetahuan perlu didasari dengan kolaborasi para mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu.

Beliau mengapresiasi setiap gagasan yang dikemukakan para mahasiswa dari berbagi prespektif ilmu dalam bidang sains , sosial dan humaniora. “ Banyak pemikiran baru membuktikan bahwa mahasiswa sebagai insan cendikia akan menjadi calon pemimpin yang piawai dalam bidangnya oleh karena itu buku ini sangat berharga” tutupnya.

Beliau juga berharap buku ini dapat memberikan pencerahan sekaligus motivasi bagi setiap pembaca.

Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M.J Saptenno, SH., M.Hum dalam sambutannya mengatakan, menulis adalah bagian yang tak terpisahkan dari dinamika intelektual di sebuah kampus termasuk pada Universitas pattimura. “ saya menyambut dengan gembira terbitnya buku yang diberi judul : Fenomena Sains dan Sosial Humaniora di Era Industri 4.0; Percikan Pemikiran Mahasiswa Universitas Pattimura, yang merupakan kumpulan karya tulis mahasiswa Unpatti dalam mencermati fenomena dan dinamika kehidupan masyarakat sesuai disiplin ilmu eksakta, sosial dan humaniora “ujarnya

Rektor memberikan apresiasi terhadap penulis dalam menuangkan buah pikirnya dan kepada Tim Editor, Dr. Jusuf Madubun, Dr. Mariana Lewir dan Hendry Izaac Elim, Ph.D dalam mengintegrasikan percikan pemikiran mahasiswa menjadi sebuah bunga rampai. “semoga kerja intelektual kolaboratif ini dapat memberikan manfaat besar bagi upaya mencerdaskan generasi bangsa dan dapat memotivasi para mahasiswa lainnya untuk berlomba menuangkan gagas/pikir dalam bentuk tulisan ilmiah maupun karya akademik lainnya. semoga hasil kerja keras kita tetap diberkati dan buku ini dapat bermanfaat bagi pembaca” ungkapnya

Pada kesempatan yang sama Rektor menyerahkan buku ‘Fenomena Sains dan Sosial Humaniora di Era Industri 4.0; Percikan Pemikiran Mahasiswa Universitas Pattimura’ kepada perwakilan mahasiswa dari Sembilan Fakultas Universitas Pattimura dan perwakilan dari Perguruan Tinggi lainnya.

kegaitan ini di hadiri oleh, para Wakil Rektor, para pimpinan unit kerja, kepala UPT, perwakilan mahasiswa Universitas Pattimura dan perwakilan mahasiswa dari Perguruan Tinggi di Maluku serta Tenaga Fungsional dilingkup Rektorat Unpatti.

Leave a Reply

Your email address will not be published.