Pemanfaatan Dan Pelestarian Lingkungan Pesisir Dan Laut Di Negeri Naku Kecamatan Leitimur Selatan – PKM Prodi Magister Ilmu Kelautan Unpatti

UNPATTI,- Desiminasi Hasil Penelitian Dosen Program Studi Magister Ilmu Kelautan Pascasarjana bersama Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura kepada masyarakat dilakukan melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Negeri Naku Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon pada hari Sabtu, 8 Mei 2021. Program Studi Magister Ilmu Kelautan yang telah terakrediatsi Unggul ini, melakukan kegiatan PKM bekerjasama dengan Mahasiswa KKN Universitas Pattimura dan melibatkan masyarakat nelayan serta siswa-siswi SD di Negeri Naku. Kegiatan PKM ini diketuai oleh Koordinator Program Magister Ilmu Kelautan : Dr Ir Simon Tubalawony, M.Si dengan tema: PEMANFAATAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN PESISIR DAN LAUT DI NEGERI NAKU KECAMATAN LEITIMUR SELATAN dilaksanakan dalam bentuk:

1. Sosialisasi

2. Penyuluhan

3. FGD

4. Aksi Pemanaman Bakau.

Adapun materi yang disampaikan adalah:

1. Pengenalan Lingkungan Laut dan Sumberdaya Pesisir bagi Siswa-siswi SD ( Dr. Ir. J. Natan, M.Si, Dr. H.J.D. Waas, S.Pi, M.Si, Dr.Ir. Simon Tubalawony, M.Si dan Ronald D. Hukubun, S.Pi, M.Si)

2. Pengenalan Ikan Ekonomis Penting dan Alat Tangkap Ramah Lingkungan bagi Masyarakat nelayan (Dr.Ir. Delly D.P Matrutty, M.Si, Dr. Ir. Welem Waileruny, M.Si dan Dr.F. Tuapetel, S.Pi, M.Si)

3. Penerapan Teknologi Ikan Asin Berkadar Garam Rendah bagi Masyaraat Nelayan (Dr. Ir. R.B.D Sormin, M.Si, Dr. Meigy Nelce Mailoa, S.Pi, M.Si dan Dr Ir. I.K.E Savitri, M.Si)

Setelah kegiatan sosialisasi, penyuluhan dan FGD, kegiatan dilanjutkan dengan penanaman bakau di pantai Naku melalui kolaborasi dengan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Pattimura Angkatan XLVII Gelombang II dan Program KKN Merdeka Belajar Kampus Merdeka Tahun 2021, di Negeri Naku Kecamatan Leitimur Selatan dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) : Dr.Ir. Delly D.P Matrutty, M.Si. Melalui KKN ini sejumlah program telah dirancang kelompok Mahasiswa KKN bersama Pemerintah Negeri setempat. Salah satu program diantaranya berhasil dikolaborasikan dengan kegiatan PKM Staf Dosen Program Studi Magister Ilmu Kelautan Yakni: Program Pelestarian Lingkungan, dengan mencanangkan penanaman mangrove di pesisir Pantai Negeri Naku. Harapannya melalui kegiatan PKM ini masyarakat teredukasi sekaligus termotivasi untuk merawat dan menjaga lingkungan pesisir agar tetap lestari, masyarakat mengenal potensi pesisir dan laut di sekitarnya dan bagaimana memanfaatkan SD yang ada untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid 19.

Leave a Reply

Your email address will not be published.