FATEK UNMUL – UNPATTI GELAR SOSIALISASI PROGRAM PROFESI INSINYUR TEKNIK

UNPATTI,- Fakultas Teknik Universitas Mulawarman melakukan kunjungan ke Fakultas Teknik Universitas Pattimura dalam rangka Sosialisasi Program Profesi Insinyur, bertempat Aula Lantai II Gedung Fakultas Teknik Universitas Pattimura, Senin, (31/5). Sosialisasi Ini dihadiri oleh para Wakil Dekan, para Kaprodi, para Dosen dalam lingkup Fakultas Teknik Universitas Pattimura serta para Alumni Fakultas Teknik Unpatti.

Program Studi Profesi Insinyur adalah program pendidikan tinggi setelah program sarjana untuk membentuk kompetensi Keinsinyuran dan  Keberadaan Program Profesi Insinyur merupakan syarat untuk mendapat sebutan Insinyur dan juga syarat untuk pengajuan permohonan mendapatkan sertifikasi profesi.

Dekan Fakultas Teknik Dr. Ir. W. R. Hetharia, M.App.Sc, dalam sambutanya mengatakan pelaksanaan sosialisasi dihari ini merupakan salah satu langkah awal  Universitas Pattimura yang berada di timur Indonesia bekerjasama dengan Universitas lainnya, salah satunya Universitas Mulawarman dalam rangka melaksanakan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan berharap sosialisasi dihari ini dapat berjalan dengan baik sehingga kedepannya banyak lulusan dari Universitas Pattimura berminat untuk melanjutkan Program Profesi Insinyur.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Mulawarman, Ir. Muhamad Dahlan Balfas, S.T., M.T mengapresiasi Fakultas Teknik Universiatas Pattimura yang menunjukan sambutan yang baik terhadap kunjungan ini. Dekan menjelaskan bahwa dalam rangka memenuhi amanat UU Nomor II Tahun 2014 tentang keinsinyuran, yang merupakan salah satu landasan Hukum untuk pengembangan keprofesian Insinyur di Indonesia bertujuan untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia yang memiliki pengetahuan yang mencukupi dalam bidang keinsinyuran dan memberikan kekuatan hukum dalam perlindungan kepada pengguna profesi keinsinyuran dan pemanfaat keinsinyuran melalui penjaminan kompetensi dan mutu kerja insinyur.

Dekan berharap Fakultas Teknik Universitas Mulawarman dan Fakultas Teknik Universitas Pattimura dapat bekerja sama dalam segala bidang dan yang paling utama melaksanakan tri dharma perguruan tinggi. “Dengan banyaknya riset yang dilaksanakan Fakultas Teknik Universitas Pattimura saya berharap Universitas Mulawarman dapat belajar lebih banyak dari Universitas Pattimura”, tutur Ir. Dahlan Balfas, M.T.

acara dilanjutkan dengan Selayang Pandang Fakultas Teknik Universitas Pattimura, Pemaparan Materi oleh Tim Sosialisasi Program Profesi Insinyur Fakultas Teknik Universitas Mulawarman, Ir. Muhamad Dahlan Balfas, S.T., M.T ; Ir. Budi Nining Widarti, S.T., M.T. IPM ; Ir. Arif Harjanto, S.T., M.Kom. IPM; Ir farida Sitania, S.T., M.T. IPM dengan Moderator Dr. Alfredo Tutuhatunewa, ST., M.T. IPM Dosen Fakultas Teknik Unpatti. Dalam acara tersebut juga dilakukan pertukaran plakat.

Sukses untuk kerjasama yang terbangun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *