IKAPATTI GELAR RAKERNAS PERTAMA

UNPATTI,- Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Alumni Universitas Pattimura (DPP IKAPATTI) periode 2021-2025 menggelar Rapat Kerja Nasional pertama dengan mengusung tema “Solidaritas dan Optimalisasi Sumberdaya IKAPATTI Untuk Membangun Negeri”, yang berlangsung di Auditorium Universitas Pattimura, Jumat (25/6).

Ketua Panitia Rakornas IKAPATTI Victor A. Palijama, SP dalam laporannya mengatakan pelaksanaan Rakernas I  tahun 2021 ini dilaksanakan sesuai amanat DPP IKAPATTI berdasarkan surat keputusan nomor 01/SK/IKAPATTI/II/2021 tertanggal 17 Mei 2021.

Rakernas IKAPATTI akan berlangsung selama dua hari pada tanggal 25-26 Juni 2021 Pembukaannya dilaksanakan di Auditorium Universitas Pattimura dan untuk proses sidang akan berlangsung pada tanggal 26 Juni di Hotel Pasifik Mardika Ambon.

Lanjut dikatakan peserta rakernas terdiri dari DPP IKAPATTI, dewan pembina, dewan pakar beserta dewan kehormatan dan para peninjau dari pimpinan ikatan alumni dalam lingkup universitas Pattimura. Ucapan Terimakasih disampaikan kepada semua pihak yang membantu secara moril dan materil untuk  pelaksanaan Rakernas IKAPATTI ke-1. “Biarlah iman, ilmu dan amal kita berpadu mengabdi untuk bersama-sama membangun  solidaritas dan optimalisasi sumber daya  Ikatan Alumni Universitas Pattimura dalam membangun negeri”.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Alumni Universitas Pattimura (IKAPATTI) Dr. Muhammad Marasabessy, S.P, ST, mengatakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) akan menjawab tantangan masa depan dan memberikan kontribusi kepada daerah. Selain itu Rakernas ini juga sebagai momentum kebangkitan IKAPATTI di Indonesia serta memaksimalkan sumber daya untuk mendorong kemajuan negeri.

Menurutnya,sebagai alumni terbesar di Maluku, pihaknya siap menjadi lokomotif perubahan pada daerah dan memberikan kontribusi pemikiran serta bekerja sama dengan pemerintah maupun swasta dalam berbagai bidang

“Munculnya IKAPATTI akan menjadi kekuatan bergaining buat Maluku dalam menjawab berbagai tantangan global di Indonesia”, ungkap Dr. Marasabessy.

Tambahnya,untuk diketahui, pembahasan Rakernas perdana ini,akan memunculkan program prioritas di bidang kesehatan, hukum dan agama.

Pada kesempatan yang sama Rektor Universitas Pattimura Prof. M.J. Saptenno, S.H., M.Hum dalam sambutannya mengatakan Unpatti sebagai salah satu perguruan tinggi terbesar di wilayah Indonesia Timur,hingga kini kiprahnya secara institusi pendidikan tinggi telah banyak melahirkan alumni dari berbagai disiplin ilmu, sebagai jawaban untuk mengisi pembangunan dan tercatat alumni Unpatti telah menyebar hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Menyadari kondisi Maluku, Prof. Saptenno  terus mendorong para alumni agar bagaiman bangkit mengejar ketertinggalan,menjawab tantangan masa depan ditengah-tengah semakin ketatnya persaingan dan tuntutan pembangunan nasional mapun daerah dan juga menjawab berbagai permasalahan seperti kemiskinan dan kesehatan.

Prof. Saptenno berharap IKAPATTI harus berperan secara nyata sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki, “minimal IKAPATTI dapat memberikan pemikiran-pemikiran konsepsional dalam berbagai aspek sosial kemasyarakatan kepada pemerintah,untuk menjadi mitra berpikir bersama”, ujar Rektor.

Wakil Gubernur Maluku Drs. Barnabas Orno dalam sambutanya sekaligus membuka Rakernas IKAPATTI ke-1, mengatakan pelaksanaan Rakernas dapat dimanfaatkan sebagai momentum strategis dan menjadi wadah bagi para alumni Unpatti untuk menyatukan tekad dan semangat dalam meningkatkan peran organisasi terhadap kemajuan Maluku. “Pemerintah saat ini terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,mengurangi angka kemiskinan serta menjaga dan mengelola potensi sumber daya alam yang dilakukan secara bertahap,sesuai visi pembangunan”, kata Orno.

Lanjutnya dalam upaya mewujudkan visi tersebut, pemerintah pun harus bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan,serta memanfaatkan potensi sumber daya manusia Maluku, termasuk bersama organisasi IKAPATTI.

Sesuai dengan temanya, Solidaritas dan Optimalisasi Sumber Daya IKAPATTI untuk Membangun Negeri, tugas yang diemban DPP IKAPATTI, dengan potensi alumninya yang telah diakui dimana berhasil menduduki berbagai jabatan strategis di lembaga pusat maupun daerah, demikian juga pada dunia usaha dan swasta. “Dengan demikian, saya meminta dukungan dari alumni Unpatti melalui DPP IKAPATTI untuk mendukung sepenuhnya langkah dan upaya yang dilakukan oleh Pemda,termasuk menyiapkan dan membangun kekuatan SDM alumni dan Sivitas Akademika Unpatti”, ujar Orno.

Pada kesempatan itu  diserahkan sumbangan dari IKAPATTI kepada Mesjid Gimelaha Majira Unpatti, Gereja Protestan, Gereja Katolik dan Pura di lingkungan Unpatti, masing-masing sebesar Rp 25 juta.

Pada kegiatan tersebut juga dihadiri FORKOPIMDA Maluku, Dewan Pembina IKAPATTI, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Jusuf Madubun., M.Si, Para Dekan dalam Lingkup Universitas Pattimura, Sekertaris Kota Ambon A. G. Latuheru, Ketua KPU Maluku, Syamsul Rifan Kubangun, Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury dan Wakil Azis Sangkala, Kadis Kominfo Maluku Semmy Huwae, Kadis Kehutanan Maluku Sadlie Lie dan para undangan lainnya.

Sukses Selalu Ikatan Alumni Universitas Pattimura.

Leave a Reply

Your email address will not be published.