Inpex Masela Ltd dan Unpatti Tandatangani Perjanjian Kerjasama

UNPATTI,- Universitas Pattimura dan Perusahan minyak dan gas (Migas) asal Jepang, Inpex Corporation yang mengelola Blok Masela melakukan penandatangan kerjasama program pemberian Beasiswa melalui ruang virtual, Selasa (15/6).

Sub Koordinator Kesejahteraan Bagian Kemahasiswaan, Sonny Kailola, S.E dalam laporannya mengatakan kerjasama penyaluran beasiswa  antara Universitas Pattimura dan Inpex Masela di tahun ini masih tetap berjalan seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Inpex memberikan bantuan kepada 55 mahasiswa dengan ketentuan 22 mahasiswa penerima beasiswa berasal dari Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), 22 mahasiswa berasal dari Kabupaten Kepulauan Tanimbar  dan 11 orang mahasiswa diluar Kabupaten MBD dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar, dari ke 55 mahasiwa penerima beasiswa Inpex  5 orang diperuntukan untuk bantuan penulisan skripsi.

Universitas Pattimura melalui bagian Kemahasiswaan akan melakukan pendampingan pada mahasiswa di tahun ajaran 2021-2022. Sedangkan untuk penyaluran beasiswa tahun 2020-2021 sudah di selesaikan, harapannya kerjasama ini bisa berjalan seperti tahun – tahun sebelumnya dan jumlah kuota yang diberikan bisa ditambahkan karena banyak sekali minat dari mahasiswa yang berasal dari kedua kabupaten tersebut.

Putri Minari perwakilan Manajemen Inpex dalam sambutannya mengatakan Program Beasiswa Inpex Masela memberikan bantuan yang diprioritaskan kepada mahasiwa yang berada di wilayah kerja Blok Masela yaitu mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dan tidak menutup kemungkinan kepada mahasiswa diwilayah lain di Maluku.

“Sebagai wujud kepedulian Inpex dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Maluku melalui Universitas Pattimura, Inpex memberikan bantuan dalam bentuk beasiswa sehingga mahasiswa-mahasiwa berprestasi yang dalam financial keluarganya kurang  dapat menyelesaikan studinya  tepat waktu, beasiswa Inpex Masela juga merupakan bentuk infestasi sosial bagi masyarakat disekitar wilayah kerja dan operasi Inpex,  terkhususnya Universitas Pattimura  yang merupakan mitra terpenting dari Inpex karena Universitas Pattimura merupakan Universitas terbesar di Maluku yang mampu melahirkan lulusan yang secara mandiri dan produktif dalam upaya mendukung peningkatan indeks pembangunan manusia melalui program beasiswa prguruan tinggi disekitar wilayah kerja Inpex”, tambahnya .

Selain beasiswa Inpex dalam pelaksanaannya juga menyelenggarakan kegiatan pendampingan dan peningkatan kapasistas kepada mahasiswa dalam bentuk coaching dan pelatihan secara virtual dan secara berkala, Putri  berharap dengan adanya program ini inpex dapat membantu dalam membarikan pendampingan dan motivasi kepada mahasiswa peneriam beasiswa  untuk dapat bersaing dalam meningkatkan prestasi akademik dan non akademik sekaligus melaksanakan tridharma perguruan tinggi khususnya terkait dalam pengabdian terhadap masyarakat.

“Terimakasih disampaikan kepada Universitas Pattimura atas komitmennya dengan Inpex hingga saat ini masih dapat melakukan kerjasama dan berharap program ini bisa bermanfaat bagi kita semua”.

Saat yang sama Wakil Rektor Bidang Perencanaan, kerjasama dan Sistem Informasi Dr. Muspida, M.Si menyampaikan terimakasih karena pada hari ini Inpex dengan Universitas Pattimura akan melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama dalam rangka berbagai kegiatan terkhususnya pengembangan Sumber Daya Manusia yang ada di Provinsi Maluku, “terimakasih kepada Inpex atas kepercayaan yang diberikan kepada Universitas Pattimura untuk menyelenggarakan berbagai program salah satunya program pemberian beasiswa kepada putra-putri khususnya daerah-daerah yang terkait dengan blok masela, sesungguhnya bukan hanya dua kabupaten yaitu Kabupaten MBD dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar akan tetapi Kabupaten Kepulauan Aru juga berada pada segitiga blok Masela sehingga mungkin bisa dipertimbangkan diberikan kesempatan kepada putra-putri diwilayah Kabupaten Kepulauan Aru untuk bisa mendapatkan beasiswa dari Inpex”, ungkap Dr. Muspida.

Lanjutnya dalam mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Inpex diharapkan dapat memberikan peluang kepada penerima beasiswa Inpex Masela untuk magang pada wilayah kerja Inpex, hal ini menjadi modal yang akan dimiliki dalam rangka pengembangan Sumber Daya Manusia di wilayah itu dan ilmu yang diperoleh bukan hanya teori yang didapat pada bangku kuliah melainkan ilmu yang lain yang didapat dari proses magang tersebut. Terima kasih atas kepercayaan Inpex terhadap Sumber Daya yang ada dari Universitas Pattimura untuk pelaksanan sosial meeting di Kabupaten Kepulauan Tanimbar tentang pemetaan sosial baik dari sisi potensi sumberdaya alam maupun potensi sumberdaya manusia sehingga dapat melahirkan kemampuan masyarakat untuk menyusuaikan diri beradaptasi dengan kegiatan Blok Masela berjalan.

Dr Muspida berharap  Inpex tetap mempercayakan Universitas Pattimura untuk menjadi pelaksana program pendampingan dalam rangka penyiapan Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia yang ada pada tiga kabupaten pada wilayah Blok Masela. Untuk mahasiswa peneriam beasiswa Inpex diharapkan mendapatkan kesempatan selama  tiga hingga enam bulan untuk magang di wilayah kerja inpex sehingga mereka yang magang mendapatkan pemahaman praktis terhadap apa yang menjadi kebutuhan dan hal-hal apa yang harus disiapkan dimasyarakat sekitar blok masela dan ketika  mereka lulus nanti dan kembali ke masyarakat mereka mampu manjadi motivator maupun penggerak bagi masyarakat sekitar dalam memproduksi kebutuhan-kebutuhan dalam pelaksanaan kegiatan Blok Masela.

Universitas Pattimura berharap agar kuota yang sekarang sudah didapatkan agar ditambahkan jumlahnya dan dapat menyebar bukan hanya pada dua kabupaten melainkan tiga kabupaten pada wilayah blok masela dan mahasiswa umum di luar tiga kabupaten tersebut. “Besar harapan kami dana CSR yang merupakan bagian dari pengambangan Sumber Daya Manusia daerah sekitar wilayah Blok Masela dapat bermanfaat”, ungkap Dr. Muspida.

Kegiatan dilanjutkan dengan Penendatangan Kerjasama antara Inpex dan Universitas Pattimura.

Selamat dan sukses atas kerjasamanya. Hotumese!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.