Mahasiswa Universitas Pattimura Lolos IISMA 2021 Pada Universitas Padua, Italia

UNPATTI,- Pangeran Michael Sihaloho Mahasiswa Program Studi Ilmu Tanah Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian, dinyatakan lolos dalam seleksi program Indonesia Internasional Mobility Award (IISMA) 2021 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Selasa (15 Juni 2021).

Universitas Pattimura adalah satu-satunya Universitas di Timur Indonesia yang mahasiswanya dinyatakan lolos dalam seleksi IISMA Tahun 2021. Michael begitu sapaannya berhasil diterima pada Universitas Padua, Italia dan akan mengikuti pembelajaran selama 1 (satu) semester.

“Internasional Office bersama dengan Penanggungjawab IISMA di UNPATTI akan mengasistensi mahasiswa ini dengan berbagai dokumen yang diperlukan dan memfasilitasi pengurusan visa bagi yang bersangkutan”, ujar Ketua Internasional Office Wilma Latuny, S.T., M.Si. M. Phil, Ph.D. Lanjut dikatakan Universitas Pattimura juga akan mensupport dan memfasilitasi yang bersangkutan untuk pengurusan visa sedangkan biaya yang terkait dengan transportasi, biaya hidup, biaya pendidikan serta asuransi selama yang bersangkutan menempuh pendidikan akan ditanggung oleh DIKTI.

“Kita bersyukur Universitas Pattimura mendapat kesempatan mengikuti seleksi IISMA dimana salah satu mahasiswanya Pangeran Michael Sihaloho, diterima di Universitas Padua Italia, dan UNPATTI berada diantara 98 Universitas yang mahasiswanya diterima di program ini”, hal ini disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. F. Leiwakabessy, M.Pd.

Prof. Leiwakabessy juga menjelaskan, IISMA merupakan salah satu program yang mendukung kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, disamping program-program lainnya yang memberikan peluang luas untuk semua mahasiswa berkompetisi, seperti  magang, studi independent  bersertifikat, Kampus Mengajar untuk tahap II untuk SD dan SMP, ada Pertukaran Mahasiswa Permata disemester depan dan begitu banyak  kesempatan yang bisa didapatkan dan kami berharap UNPATTI melalui Pimpinan Univesitas, Pimpinan Unit Kerja, Program Studi, Jurusan dan semua pihak bisa terus  memotivasi mahasiswa maupun dosen untuk bisa mengikuti berbagi program MBKM. “Pa Menteri juga sangat memotivasi agar semua program yang mendukung MBKM bisa berjalan dengan cepat”.

Saya berharap Michael bisa mengharumkan nama Univertas Pattimura tetapi juga Indonesia Timur dan Indonesia pada umumnya serta mendapat pengalaman belajar pengetahun di Universitas Padua, Italia “Semoga semuanya bisa berjalan dengan baik dan Michael dapat menyelesaikan perkuliahan selama satu semester sesuai dengan yang diharapkan. Kami juga berharap sekembali dari program ini, yang bersangkutan dapat memberikan motivasi dan support kepada teman-teman mahasiswa lainnya sehingga mereka juga termotivasi untuk mengikuti kompetisi dan berlomba melihat peluang pada program-program yang mendukung MBKM”.

Dikesempatan lain Pangeran Michael Sihaloho sangat senang dan bersyukur atas hasil yang diperoleh. “Kalo saya melihat peta pesebaran peserta yang mendaftar maupun yang dinyatakan lulus dari Timur Indonesia sangat sedikit, untuk itu saya berharap periode berikutnya mahasiswa Universitas Pattimura akan lebih banyak yang lolos program IISMA maupun program lain yang dilakukan dalam mendukung kebijakan MBKM.  Saya juga berharap nantinya ada network antara Universitas Pattimura dengan Universitas Padua Italia dalam bidang pendidikan dan science” ujarnya.

Terus maju mahasiswa Universitas Pattimura

Hotumese…!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *