Pembinaan Wawasan Kebangsaan Bagi Mahasiswa Afirmasi Unpatti

UNPATTI-, Pembinaan Wawasan Kebangsaan bagi mahasiswa afirmasi pada Universitas Pattimura dengan tema “Memperkokoh Nilai Dan Karakter Nasionalisme Di Kalangan Mahasiswa” diselenggarakan di Aula lantai dua Gedung Rektorat, Sabtu (12/6).

Kegiatan yang diikuti oleh para mahasiswa afirmasi ini, dimaksudkan untuk membina nilai dan karakter kebangsaan dikalangan mahasiswa guna menumbuhkan rasa cinta tanah air, menumbuhkan kepedulian terhadap sesama dan mampu bekerja sama diantara satu dengan yang lainnya dengan harapan, akan timbul rasa cinta tanah air, peduli sesama dan  mampu bekerjasama diantara satu dengan yang lain.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Jusuf Madubun, M.Si dalam sambutannya menjelaskan, pembinaan wawasan kebangsaan dilakukan bagi mahasiswa afirmasi baik afirmasi Papua maupun yang afirmasi 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal). “Mahasiswa di Unpatti datang dari berbagai daerah untuk itu mereka perlu saling bersosialisasi diantara teman-temannya yang ada dikampus, asrama, bahkan lingkungan masyarakat sehingga perilaku mereka dapat mencerminkan wawasan kebangsaan”, jelasnya.

Lanjut dikatakan kegiatan ini juga dimaksudkan agar nilai-nilai kebangsaan dapat terus dijaga terutama ketika menghadapi pandemi Covid -19. Dengan perkembangan teknologi informasi dan penggunaan medsos yang marak belakangan ini, jika tidak hati – hati bisa menimbulkan ketidakharmonisan diantara sesama anak bangsa, oleh karena itu dengan pembinaan wawasan kebangsaan mahasiswa dapat memahami, mencermati nilai-nilai wawasan kebangsaan dan dapat dipraktekkan dalam kehidupan mereka di kampus, asrama dan masyarakat.

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber Kepala badan Kesatuan Bangsa dan Politik – (Kesbangpol) Kota Ambon Yan Suitela, SSTP dengan materi Membangun Wawasan Kebangsaan Bagi Mahasiswa Sebagai Calon Pemimpin Bangsa serta  Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Jusuf Madubun, M.Si  dengan materi Peran Mahasiswa Dalam Memperkokoh Nilai dan Karakter Bangsa.

Dalam kesempatan wawancara Kepala Kesbangpol Kota Ambon Yan Suitela, SSTP menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan ini. “Pada prinsipnya kehadiran kita di Unpatti untuk memberikan pencerahan, masukan dan berbagi informasi terkait dengan wawasan kebangsaan. Wawasan kebangsaan sebenarnya telah kita laksanakan dalam kehidupan sehari-hari baik di masyarakat maupun di lingkungan pendidikan”, ujarnya. Suitela berharap kerjasama Unpatti dengan Pemerintah Kota melalui kesbangpol dapat ditingkatkan. Diharapkan pula mahasiswa menjadi penggerak, dan lebih memahami tentang wawasan kebangsaan, bela negara serta ideologi, sehingga nantinya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-sehari.

Kegiatan ini di ikuti oleh para mahasiswa afirmasi, Koordinator dan Subkoordinator serta staf bagian Kemahasiswaan dan Alumni dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.