REKTOR MELANTIK PARA WAKIL DEKAN FKIP UNPATTI

UNPATTI,- Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum melantik para Wakil Dekan dalam lingkup Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura pada hari Senin (24/5) yang berlangsung di lantai II Aula Rektorat dihadiri para Wakil Rektor, Direktur Pascasarjana, Senat Universitas Pattimura, para Dekan, pejabat fungsional dalam lingkup FKIP, Koordinator dan Sub Koordinator Dalam Lingkungan Rektorat Universitas Pattimura

Penandatanganan berita acara disaksikan oleh para saksi yaitu Dr. Muspida, M.Si selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistim Informasi dan F. Polnaya, S.E., M.M selaku Kpala Biro Umum dan Keuangan. Setelah prosesi pengambilan sumpah jabatan, para pejabat yang dilantik hari ini menandatangani naskah Serah Terima Jabatan.

Pejabat yang dilantik hari ini, yakni :

  1. Karolis Anaktototy, S.Pd, M.A sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura Periode 2021-2025 dengan SK Rektor Nomor 697/UN13/SK/2021
  2. Albertus Fenanlampir, S.Pd, M.Pd, AIFO sebagai Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura Periode 2021-2025 dengan SK Rektor Nomor 698/UN13/SK/2021
  3. Amjad Salong, S.Pd, M.Pd sebagai Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura Nomor 699/UN13/SK/2021

Rektor, Prof Saptenno dalam sambutan mengatakan tanggungjawab saat ini yang diberikan harus dilakukan secara formal sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan bagaimana dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab kedepan secara baik dalam kurung waktu 4 tahun.  Karena itu perlu di design program kerja yang matang untuk dilaksanakan dengan baik pada bidang masing-masing yaitu Bidang Akademik, Umum dan Keuangan serta Kemahasiswaan dan Alumni. Rektor mengatakan “Marilah membangun hubungan kerja yang baik, belajar dari para Wakil Dekan yang sudah mengakhiri masa jabatan selama 8 tahun”.

Prof Saptenno menjelaskan, jumlah mahasiswa di FKIP Unpatti hampir 1/3 dari jumlah mahasiswa yang ada di Universitas dan dalam mengelola tanggungjawab tersebut membutuhkan strategi, dan langkah-langkah konkrit yang bisa diwujudkan dalam waktu yang akan datang.

Lebih lanjut Prof Saptenno memberikan gambaran untuk Bidang Akademik bahwa tidak mudah dalam menjalankan tugas pada bidang tersebut, karena akan berhadapan dengan banyak aktivitas untuk menjawab kontrak kinerja yang telah disepakati, baik antara Rektor dan Kementerian maupun Para Dekan dengan Rektor. “kedepan ada 12 poin penting yang perlu diperhatikan sehingga program-program kerja akan tercapai dan pada akhirnya semua dapat berlangsung dengan baik”, jelas Prof. Saptenno.

“Ada point penting yang perlu diperhatikan di Bidang Akademik, yakni agar Program Studi Bahasa Inggris dapat melakukan kerjasama dengan Universitas terkemuka di luar negeri, seperti di Amerika dan lainnya dan membuka kelas Internasional, sehingga FKIP akan mempunyai channel, yang dapat bermanfaat bagi mahasiswa maupun dosen dalam pengembangan keilmuan maupun melakukan magang dan studi lanjut pada universitas-universitas ternama di dunia”, harap Rektor.

Dikatakan pula pada Bidang Umum dan Keuangan perlu mempersiapkan mekanisme pengusulan kenaikan pangkat dan golongan bagi Guru Besar dan para Dosen agar sesuai dengan sistem di DIKTI, perlu juga mengelola keuangan yang baik dan benar.

Lanjut Beliau, di Bidang Kemahasiswaan dan Alumni agar membina para mahasiswa FKIP dapat menyelesaikan studi tepat pada waktunya sehingga melahirkan lulusan yang berkualitas dan berkompeten.

Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada pejabat yang lama dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab selama ini. “Selama tugas yang berlangsung, saya yakin bapak dan ibu sudah melakukan yang terbaik dan menanamkan nilai-nilai penting dalam FKIP Unpatti”, ujarnya.

“Saya bersyukur di hari ini pelaksanaan pelantikan para Wakil Dekan FKIP Unpatti boleh berjalan dengan baik. Saat ini saya sudah meluncurkan program FKIP MENGAJAR, Wakil Dekan Bidang Akademik dapat membantu saya untuk mengimplementasi program tersebut di Kabupaten/Kota untuk meningkatkan mutu pendidikan di Provinsi Maluku”, ujar Dekan FKIP Unpatti, Prof. Dr. Izaak H. Wenno, M.Pd dalam wawancara dengan Humas Unpatti usai pelantikan.

Beliau berharap, kedepan para Wakil Dekan dapat membantu tugas dan tanggungjawab yang dilakukan untuk mengembangkan mutu dan pendidikan FKIP Unpatti lebih baik. “Karena bagi saya, berdasarkan evaluasi selama kurang lebih 3 bulan dengan para Wakil Dekan yang lama dan saya sangat bersyukur sudah melaksanakan kurang lebih 13 program dan 50 kegiatan”, ungkap Prof Wenno.

Beliau juga menambahkan, untuk program FKIP MENELITI berdasarkan tim riview sudah menghasilkan 71 proposal dari 123 proposal penelitian dengan Road Map Pengembangan Pendidikan di Maluku berbasis Laut Pulau. Terkait dengan program FKIP MENGABDI juga berdasarkan tim riview dari 73 proposal yang lolos hanya 71 proposal. “Saya bersyukur karena program-program yang sudah diluncurkan dapat berjalan dengan baik”, tutupnya.

Selamat dan Sukses. Hotumese…!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.