SELEKSI PILMAPRES TINGKAT UNIVERSITAS PATTIMURA TAHUN 2021 KEMBALI DIGELAR

UNPATTI,- Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) kembali digelar pada Tingkat Universitas Pattimura Tahun 2021 yang berlangsung di lantai 2 Aula Rektorat Universitas Pattimura, Jumat (28 Mei 2021).

Sebelumnya tahapan seleksi yang dimulai dari tingkat fakultas dan peserta terbaik hasil seleksi pada fakultas tersebut kemudian diusulkan oleh fakultas untuk mengikuti seleksi Tingkat Universitas Pattimura, masing-masing fakultas:

  1. Gracia Immanuela Lekatompessy dari Fakultas Pertanian
  2. Samuel Goesniady dari Fakultas Teknik
  3. Asrul Irfanullah dari Fakultas MIPA
  4. Juan Felix Pangestu dari Fakultas Kedokteran
  5. Gloria H. Kesaulya dari Fakultas Perikanan dan IK
  6. Vera W. Simanjuntak dari Fakultas Hukum
  7. Chrismenda E. Pay dari Fakultas KIP
  8. Michelle Cecillia Papilaya dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Ketua Panitia, Ir. Daniel H. Nanuru, M.Si dalam laporan mengatakan, Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Perguruan Tinggi merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nansional (PUSPRESNAS) bertempat di Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam rangka mendorong mahasiswa yang unggul, cerdas secara intelektual dan spiritualitas. Ia mengatakan, setiap Perguruan Tinggi Negeri mengirimkan satu mahasiswa berpretasi program sarjana sebagai wakil resmi dari Perguruan Tinggi Negeri pada ajang yang dimaksud. “Universitas Pattimura setiap tahunnya selalu berpartisipasi pada kompetisi PILMAPRES dan pada tahun ini Unpatti kembali mempersiapkan mahasiswa terbait melalui tahapan seleksi yang dimulai dari tingkat fakultas dan peserta terbaik hasil seleksi pada fakultas tersebut kemudian diusulkan oleh fakultas untuk mengikuti seleksi Tingkat Universitas Pattimura sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh PUSPRESNAS”, ujar Ir. Nanuru.

Beliau menambahkan, tahun ini jumlah peserta terbaik yang diusulkan oleh fakultas sebanyak 8 orang dari masing-masing fakultas yaitu Fakultas Hukum, KIP, Pertanian, Perikanan dan IK, Teknik, Ekonomi dan Bisnis, MIPA serta Kedokteran. “Peserta yang lolos dengan nilai terbaik dari hasil seleksi di tingkat Universitas Pattimura yang berlangsung pada hari ini akan didaftarkan untuk mengikuti PILMAPRES Tingkat Nasional Tahun 2021 dengan tahapan yaitu Pendaftaran Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional akan berlangsung dari tanggal 7 Mei – 5 Juni 2021, seleksi berkas berlangsung dari tanggal 6 – 12 Juni 2021, seleksi tahap pertama akan berlangsung dari tanggal 5 – 17 Juli 2021, pengumuman hasil tahap pertama berlangsung pada tanggal 21 Juli 2021, seleksi tahap kedua akan berlangsung pada tanggal 28 Juli – 13 Agustus 2021, pengumuman peserta untuk babak final akan ditetapkan pada tanggal 15 Agustus 2021 dan babak final ditingkat nasional akan berlangsung pada tanggal 7 – 10 September 2021”, jelasnya.

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum dalam sambutan mengatakan saat ini para peserta akan melaksanakan kegiatan penting untuk menguji kemampuan dalam rangka mendapatkan seorang yang mempunyai prestasi akademik yang baik. “Bukan hanya prestasi akademik akan tetapi perilaku, mental dan moral perlu diperhatikan dengan baik”, kata Rektor.

Beliau menambahkan, saat ini dengan kondisi Kampus Merdeka – Merdeka Belajar mestinya perlu diperlihatkan adalah hal-hal unik yang dianggap belum pernah dibuat oleh orang lain. Beliau berharap kepada dewan juri agar dapat menilai peserta PILMAPRES sesuai dengan hati nurani dan objektivitas menjadi penting. “Peserta PILMAPRES sudah melakukan sebuah perjuangan dari tingkat fakultas hingga ke tingkat universitas dan ini merupakan proses panjang sehingga sebagai juri harus menilai dengan baik dan pada akhirnya untuk mewakili universitas pada tingkat nasional adalah perwakilan yang terbaik. Jangan pernah menganggap bahwa kita di Indonesia Timur adalah orang-orang terkecil dan tidak bisa berprestasi, akan tetapi ketika di tingkat nasional kita siap dan mampu untuk berlomba dengan peserta lainnya”, ujar Prof Saptenno.

“Tunjukkanlah semua yang ada pada diri saudara kepada para dewan juri melalui kemampuan akademik dan lakukanlah yang terbaik untuk universitas di tingkat nasional”, tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan proses Seleksi PILMAPRES tingkat universitas dengan juri yang diketuai oleh Prof. Dr. Ir. M. Tukan, BSE, M.T selaku dosen Fakultas Teknik, Dr. Z. A. Rengifurwarin, M.Si (Sekretaris) selaku dosen Fakultas ISIP, Dr. E. K. Huliselan, S.Pd, M.Si selaku dosen Fakultas KIP (Anggota), Dr. A. M. Tapotubun, M.P selaku dosen dari Fakultas Perikanan dan IK (Anggota), M. A. H. Labetubun, M.H (Anggota) selaku dosen Fakultas Hukum dan Stella Rose Que, SS, M.A (Anggota) selaku dosen Fakultas KIP.

Seleksi PILMAPRES tingkat universitas telah berlangsung dengan baik. Berdasarkan hasil penilaian dewan juri maka pemenang PILMAPRES Universitas Pattimura Tahun 2021 adalah sebagai berikut :

  1. Gloria H. Kesaulya (2018 65 001), Fakultas Perikanan dan IK, Prodi BDP (Juara 1)
  2. Michelle C. Papilaya (2019 28 184), Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen (Juara 2)
  3. Chrismenda E. Pay (2018 40 047), Fakultas KIP, Prodi Pendidikan Biologi (Juara 3)
  4. Asrul Irfanullah (2018 50 030), Fakultas MIPA, Program Studi Statistika (Harapan 1)
  5. Samuel Goesniady (2019 72 050), Fakultas Teknik, Prodi Teknik Industri (Harapan 2)
  6. Gracia I. Lekatompessy (2019 81 032), Fakultas Pertanian, Prodi Agribisnis (Harapan 3)

Turut hadir dalam kegiatan tersebut para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni dalam lingkup masing-masing fakultas, Koordinator Bagian Kemahasiswaan dan Humas, French O. Pattiruhu, S.Sos., Sub Koordinator Humas, Elvenda Ch. A. Taihuttu, S.H, M.H., Sub Koordinator Minat dan Bakat, Divy A. Toisuta, S.E., para peserta dan undangan lainnya. Acara berlangsung dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.