UNIVERSITAS PATTIMURA LAKUKAN RAKER PIMPINAN TAHUN 2021

UNPATTI,- Universitas Pattimura melaksanakan Rapat Kerja Pimpinan Universitas Pattimura Tahun 2021, secara virtual dari ruang kerja masing-masing, dengan mengusung tema Unpatti Bergerak Bersama Untuk Menuju Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. RAKERPIM diikuti oleh Rektor, Ketua dan Sekretaris Senat,, Para Wakil Rektor, Para Dekan dan Wakil Dekan, Direktur dan Wakil Direktur Pascasarjana, Pimpinan Lembaga, Para Kepala Biro, Para  Kepala UPT, Ketua dan Sekretaris SPI, Para PPK, Koordinator Kelompok Kerja, Ketua dan Sekretaris Jurusan Geologi, Ketua Internasional Office, Ketua dan Sekretaris Pengelola PSDKU, Ketua dan Sekretaris Badan Pengembangan Usaha Akademik dan Non Akademik, Bendahara, Ketua dan Sekretaris Tim Remunerasi serta Ketua dan Sekretaris Tim Renstra Universitas, Selasa (25/5).

Rapat Kerja rutin yang dilaksanakan setiap tahun ini akan melakukan evaluasi program kerja tahun 2020, memantapkan program kerja di tahun 2021 dan melakukan penyusunan program kerja di tahun 2022.

Dalam laporan Ketua Panitia Pelaksana Ir. Daniel Nanuru, M.Si, mengatakan Rapat Kerja Pimpinan tahun ini telah dimulai dari unit-unit kerja dengan mengacu pada arahan kebijakan Rektor dalam mengimplementasi Renstra Universitas Pattimura, Kebijakan Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi serta mendukung isu-isu yang berkembang dengan memperhatikan tema Pendidikan Nasional  Serentak Bergerak Mewujudkan Merdeka Belajar .  Lanjut dikatakan dalam RAKERPIM diharapkan masing-masing Bidang, Lembaga, Fakultas, Pascasarjana dan PSDKU akan menyampaikan capaian kinerja tahun 2020, isu-isu yang berkembang, rencana implementasi program kegiatan tahun 2021 dan estimasi program kegiatan tahun 2022 dan nantinya Bidang Kerjasama, Perencanaan dan Sistim Informasi  akan melakukan penataan kembali program kegiatan dan anggaran tahun 2021 melalui pelaksanaan Refocusing Anggaran untuk kegiatan prioritas Nasional diantaranya penanganan covid 19 dan kompilasi Program Kegiatan dan Anggaran sesuai dengan PAGU tahun 2022 yang akan dialokasikan. “Pelaksanaan RAKERPIM ini diharapkan mampu menciptakan konsolidasi dan koordinasi untuk memadukan dan menserasikan langkah untuk mengatasi berbagai isu-isu lokal, nasional maupun internasional  yang saat ini berkembang demi mewujudkan kebijakan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar”, ujarnya.

Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M. J. Saptenno dalam arahan kebijakannya sekaligus membuak Raker Pimpinan ini, mengatakan pentingnya RAKERPIM sebagai nilai strategis untuk mengukur kinerja masing-masing unit dalam upaya mencapai Visi dan Misi Universitas Pattimura. Beberapa Isu penting dan strategis yang dihadapi di Bidang Pendidikan, Bidang Penelitian dan Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat.  Hal ini perlu mendapat perhatian dan bersama melakukan evaluasi terkait  pelaksanaan kegiatan pendidikan dimasa pandemi dan mempersiapkan berbagai hal untuk memasuki era adaptasi kebiasaan baru,  evaluasi pelaksanaan kegiatan perkuliahan daring maupun luring, mempersiapkan sumberdaya manusia yang berkualitas serta kesejahteraan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan,  mempersiapkan sumberdaya lulusan yang berkualitas melalui proses pendidikan yang bermutu, pelaksanaan pendidikan pada Program Studi  Di Luar Kampus Utama (PSDKU), kebijakan dalam mendukung dan menerapkan  MBKM yang perlu diprogramkan secara  baik,  serta mempersiapkan infrastruktur pendukung dalam rangka pelayanan pendidikan bermutu di Unpatti.

Demikian juga di Bidang Penelitian diharapkan  menghasilkan temuan-temuan  yang bermutu dan dapat dipublikasikan pada jurnal yang terakreditasi nasional maupun internasional, pengembangan inovasi dan kreativitas yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi, upaya untuk peningkatan perolehan HAKI dan PATEN hasil penelitian dan inovasi dosen Unpatti, serta membangun kerjasama penelitian dengan pihak industri, pemerintah daerah dan pemerintah pusat.  Sedangkan dibidang Pengabdian Kepada Masyarakat, mendorong dan berupaya agar semua hasil penelitian harus didesiminasikan kepada masyarakat, pengabdian harus bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan kepentingan pembangunan di masyarakat, berupaya untuk mampu berkompetisi memperoleh dana pengabdian pada tingkat nasional,  melakukan kerjasama dengan berbagai institusi dalam rangka kegiatan PKM,  serta secara bersama baik dosen maupun mahasiswa terlibat dalam  kegiatan PKM.

Rektor juga mendorong adanya upaya secara bersama untuk peningkatan perengkingan universitas, dengan mempersiapkan berbagi hal untuk mencapai pembobotan pada indikator Input-proses, output dan outcome, serta penyiapan data dan informasi secara teratur dan berkesinambungan terkait pelaksanaan Tri Dharma pada Universitas Pattimura. Unpatti perlu mempertahankan predikat wajar tanpa pengecualian, melakukan pengelolaan keuangan sesuai prinsip pengelolaan yang baik, penyiapan SDM yang handal dan pengelolaan keuangan yang dilakukan bermuara pada output dan outcome yang bermanfaat bagi sivitas akademika. Lanjut dikatakan kegiatan kemahasiswaan harus tetap dilakukan  dengan mengikutsertakan mahasiswa dalam berbagai kegiatan ilmiah,  seni dan olahraga pada tingkat daerah, nasional maupun internasional, pemberdayaan mahasiswa melalui pelaksanaan program kewirausahaan mahasiswa, serta mengembangkan program pelatihan kepemimpinan mahasiswa.  Dibidang Perencanaan, perlu terus didorong kerjasama yang lebih baik dengan institusi/lembaga pada tataran daerah, nasional dan internasional, pengembangan kerjasama dengan dunia industri dan kerjasama dengan 100 QS World University.

“Program studi bisa berpacu untuk memperoleh akreditasi unggul dan menyusun kurikulum yang mengarah pada MBKM. MBKM mengajarkan kita untuk lebih kreatif dan inovatif. Kegiatan inovasipun harus terus didorong melalui mekanisme yang berlaku sehingga menghasilkan produk-produk unggul yang bisa memiliki nilai jual dan dapat dipromosikan”, harap Rektor.

RAKERPIM dilanjutkan dengan penyampaian pemaparan evaluasi kinerja dan rencana program tahun 2022, oleh Para Wakil Rektor, Kepala UPT TIK Unpatti, Ketua Remunerasi dan Ketua Badan Pengembangan Usaha Akademik dan Non Akademik serta diskusi terkait pemaparan tersebut. Pada sesi kedua, dilanjutkan dengan penyampaian saran dan masukan dari para Dekan, Direktur Pascasarjana, Ketua Pengelola PSDKU dan pemaparan dari Ketua Lembaga Pengembangan, Pembelajaran dan Penjaminan Mutu, Pendidikan (LP3MP) serta Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M). Rakerpim berjalan dengan baik dengan moderator M. Talakua, S.Pd., M.Si.

“Program-program tahun 2022 telah tergambar secara jelas untuk kita rancangkan dan lakukan. Kita akan menemukan solusi untuk setiap permasalahan yang dihadapi kedepan, dan kita harus mampu melampaui target yang diharapkan. Yang terpenting adalah semua program yang dirancangkan terarah pada pengembangan Universitas Pattimura, penyiapan Sumber Daya Manusia yang kompeten agar kita mampu menghasilkan lulusan yang yang bermutu sesuai keilmuan dan mempunyai kemampuan bersaing serta mampu menciptakan lapangan kerja yang baik. Mari bersama membangun Unpatti”, ujar Rektor saat menutup RAKERPIM.

Hotumese …!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.