DJKN Goes To Campus : Universitas Pattimura

UNPATTI,- Kementerian Keuangan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kanwil DJKN Papua, Papua Barat dan Maluku menyelenggarakan DJKN Goes To Campus  Universitas Pattimura dengan tema “APBN 2021 dan Pengelolaan Kekayaan Negara”. Kegiatan berlangsung melalui Aplikasi Zoom ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd, Kepala Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Ambon (KPKNL), Yoshua Wisnungkara, Humas Unpatti dan para mahasiswa Universitas Pattimura, Selasa (27/07). Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber yakni Reza Mirwanda (Kepala Seksi Piutang Negara) dan Anton Wijaya (Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara) dan dipandu oleh Robi Suwarna (Pelaksana PADA Seksi Lelang).

“Sebagai Lembaga Institusi Pendidikan Tinggi, kita harus memahami secara baik bahwa institusi ini merupakan bagian dari kekayaan negara, baik aset bergerak maupun tidak bergerak termasuk didalamnya sumberdaya manusia. Dalam kaitan tersebut kita harus memahami bahwa potensi kekayaan negara ada pada kita untuk dapat mengelolanya secara baik dan benar-benar potensial”, ujar Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam memberikan sambutan.

Dikatakan pula, kita harus menjaga kualitas dari pada aset-aset kekayaan negara tetapi juga harus melihat proses dari awal perencanaan sampai dengan pelaksanaan project pengawasan dan menjaga kualitas dari aset tersebut. “Karena tentunya aset tersebut akan mengalami penyusutan sehingga kita akan belanja modal untuk menjaga serta merawat. Ini merupakan sebuah momen penting, jika kualitas awal telah terjaga dari perencanaan sampai pengadaan maka semuanya dapat terjaga dengan baik”, katanya.

Lanjut dikatakan, pengawalan terhadap proses tersebut mestinya juga diketahui secara baik oleh mahasiswa karena mereka juga merupaka bagian dari aset negara yang memiliki potensi besar dari aset sumberdaya manusia.

Beliau berharap, dengan diadakan kegiatan DJKN Goes To Campus dan menghadirkan para narasumber yang berkualitas serta berkompetensi akan dapat memberikan inspirasi kepada mahasiswa yang merupakan aset negara untuk dapat berpartisipasi menjaga aset negara demi kemajuan kita bersama.

Materi yang diberikan pemateri pertama, Reza Mirwanda (Kepala Seksi Piutang Negara) tentang APBN dan Pengelolaan BMN serta pemateri kedua, Anton Wijaya (Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara) tentang APBN dan Peran Lelang Dalam Perekonomian.

Kegiatan ini mendapat antusias dari semua peserta yang mengikuti. Selain diberikan kesempatan bagi peserta untuk memberikan pertanyaan, kegiatan ini diselingi oleh quiz yang kreatif dengan pertanyaan-pertanyaan yang seputar DJKN.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpattiHotumese
#DJKNGoesToCampus

Leave a Reply

Your email address will not be published.