Penutupan Program KKN Universitas Pattimura Gelombang II Angkatan XLVII Tahun 2021

UNPATTI,- Penutupan Program KKN Universitas Pattimura Gelombang II Angkatan XLVII Tahun 2021 dan sesi Webinar yang mengusung tema “Transformasi Digital Melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka”, digelar secara daring, Jumat (2/7). Kegiatan ini menghadirkan narasumber Dr. Cepi Riyana, M.Pd dari Departemen Kurikulum Dan Teknologi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, yang dilaksanakan dengan menggunakan Aplikasi Zoom.

Dr. Samuel Patra Ritiauw, M.Pd selaku Ketua Pengelola Mata Kuliah KKN Unpatti dalam laporannya mengatakan pelaksanaan penarikan mahasiswa KKN Universitas Pattimura Gelombang II Angkatan XLVII telah dilakukan tanggal 12 Juni 2021 pada 100 lokasi KKN yang tersebar pada Kota Ambon Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Seram Bagian Barat.

“Pada 100 lokasi KKN diimplementasikan program kegiatan KKN terdiri dari dua bentuk yakni pelaksanaan kegiatan KKN Reguler dan pelaksanan kegiatan KKN Mandiri. Secara keseluruhan sampai dengan saat ini, kami memperoleh hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan KKN Reguler dan KKN Mandiri berjalan sesuai yang kita rencanakan”, ujarnya

Lanjutnya, dalam pelaksanaan kegiatan KKN gelombang II tahun 2021 ini kami mencoba memperketat rencana pelaksanaan pembelajaran dan disusun sesuai dengan mekanisme yang berlaku sehingga dalam implementasinya dapat diukur luaran pelaksanaan kegiatan KKN yang terarah. tercatat 895 akun YouTube yang berhasil dipublikasikan oleh mahasiswa pada 100 lokasi KKN, dengan  gambaran implementasi prioritas program unggulan sampai pada implementasi program pendamping pada desa dan kelurahan yang tersebar pada 100 desa dan kelurahan di kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah. Selain 895 akun YouTube Mahasiswa juga berhasil memperkenalkan desa-desa dengan potret potensi wisata dan ini menambah sebuah informasi baru terkait dengan semua peta penyebaran wisata yang tersebar pada provinsi Maluku. Informasi-informasi yang terkait dengan implementasi program juga disampaikan lewat luaran yang di publikasikan pada berbagai akun media social yaitu Instagram dan Facebook yang telah dikembangkan oleh para mahasiswa KKN pada lokasi KKN nya, dengan tujuan setiap perkembangan informasi maupun pelaksanaan KKN Universitas Pattimura lebih di kenal lebih luas lagi dan berharap mutu pelaksanan KKN Gelombang II Angkatan XLVII tahun 2021 semakin lebih baik

Dapat disampaikan juga sebagai ketua pengelola mata kuliah dan sebagai pengelola KKN kami tetap membangun hubungan kerjasama pada desa-desa di Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Seram Bagian Barat.

Ditambahkan pada akhir program pelaksanaan KKN kami membuat program design  yang memuat program kreativitas mahasiswa melalui design video program yang telah dikembangkan pada lokasi-lokasi KKN dan mendapatkan tiga lokasi KKN terbaik, 3 dosen terbaik dan 7 lokasi KKN favorit dengan harapan menjadi salah satu batu loncatan agar dosen-dosen KKN agar lebih terfokus lagi dan dapat mengimplementasikan program KKN pada semester yang direncanakan akan berlangsung dalam bentuk tiga bentuk salah satunya adalah KKN tematik.

Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M.Hum dalam sambutanya sekaligus menutup dengan resmi program KKN Unpatti Gelombang II Angkatan XLVII Tahun 2021 memberikan apresiasi kepada para mahasiswa KKN maupun para dosen pembimbing lapangan pada KKN Unpatti Gelombang Ke II Angkatan XLVII Tahun 2021 atas inovasi maupun kreatifitas yang dilakukan dan berharap kedepanya difokuskan lagi pada bidang ilmu masing-masing. “KKN berarti Kuliah Kerja Nyata dengan artian kita mempraktekkan apa yang selama ini kita dapatkan dibangku kuliah masing-masing walaupun dalam waktu singkat pada tiap lokasi, sesudah itu kita dapat berkolaborasi dengan masyarakat dan ketika kita kembali ilmu pengetahuan yang kita punya itu dapat bermanfaat bagi maupun negeri tempat kita malksanakan pengabdian”, tutur Prof. Saptenno.

Lanjut dikatakan nantinya para mahasiswa KKN diharapkan tidak lagi tinggal di Desa atau Negeri untuk jangka waktu yang lama, dimaksimalkan satu minggu saja   berada di lokasi untuk menangkap isu atau permasalahan di desa sesuai dengan bidang ilmunya dan mereka kembali untuk mengkajinya dari aspek keilmuan berdasarkan teori dan mampu memberikan solusi, ini adalah KKN yang modern. Mahasiswa didorong untuk lebih kreatif dan inovatif di era digitalisasi, pemanfaatan teknologi informasi dan penggunaan internet dengan segala macam fitur yang ada dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk dapat menginformasikan berbagai hal terkait perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi walaupun memang beberapa daerah di Maluku terkendala jaringan internet karena kondisi geografis, tetapi minimal ada perubahan yang signifikan. Dengan adanya video kreatifitas yang dibuat oleh mahasiswa KKN pada beberapa lokasi, rektor berharap perlu dikembangkan sehingga parawisata di provinsi Maluku semakin dikenal dan para wisatawan semakin banyak datang di Maluku dengan demikian, pertumbuhan ekonomi masyarakat meningkat, dan ini adalah kontribusi positif yang diberikan mahasiswa KKN Universitas Pattimura.

Prof. Saptenno mengucapkan terimakasih kepada Nara sumber Dr. Cepi Riyana, M.Pd yang mau mebagikan ilmu dan pengalamannya bagi Universitas Pattimura dan berharap apa yang di berikan mampu menambah referensi maupun pengetahuan dalam dunia digital dalam pengembangan universitas, peribadi  maupun masyarakat Maluku pada umumnya.

Kegiatan dilanjutkan pengumuman hasil lomba Pembuatan Video Program KKN terbaik :

  1. Video Mahasiswa KKN Negeri Hukurila
  2. Video Mahasiswa KKN Negeri Larike

  • Video Mahasiswa KKN Negeri Waai

Video Program KKN terfavorit :

  1. Video KKN Negeri Tengah-Tengah
  2. Video KKN Negeri Latuhalat

  • Video KKN Negeri Naku

  1. Video KKN Desa Negeri Lama
  2. Video KKN Negeri Liang
  3. Video KKN Kelurahan Honipopu

Dosen Pembimbing Lapangan Terbaik :

  1. Fransina S. Latumahina, S.Hut., MP., IPU
  2. Y. Leiwakabessy, ST., MT

  • Febryano Saptenno, S.E., M.Si

Selamat dan Sukses

Mahasiswa Unpatti teruslah berinovasi.n

Leave a Reply

Your email address will not be published.