PUSAT PENGEMBANGAN KARIR UNPATTI LAKUKAN BIMBINGAN TEST CPNS 2021

UNPATTI,- Pusat Pengembangan Karir Universitas Pattimura telah menyelenggarakan Pelatihan Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil bagi para Alumni Universitas Pattimura dan masyarakat umum. Kegiatan tersebut dilaksanakan dari tanggal 5 Juli 2021 hingga 30 Juli 2021. Pelatihan ini diikuti oleh 45 orang. Pelatihan dilaksanakan secara daring yang terdiri dari Sesi Pelatihan oleh para trainer dan sesi Latihan Mandiri yg dilakukan oleh para peserta selama 2 jam efektif setiap hari.

Narasumber pada pelatihan tersebut diantaranya Dr. Jantje Tjiptbudy, S.H., M.Hum, yang Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Universitas Pattimura, Dr. Harmanus Batkunde, S.Si., M.Si., Berny Tomasouw, S.Si., M.Si., Gabriella Haumahu, S.Si., M.Stat., Jeanete O. Papilaya, S.Psi., M.Psi., Dr. Revency Rugebregt, SH, MH., Dr. Fricean Tutuarima, S.Pd., M.Pd., Efilina Kissiya, S.Pd., M.Hum., Falantino Latupapua, S.Pd., M.A., Neleke Huliselan, S.Psi., M.Pd., Rusnawati Ellis, S.Psi, M.Pd dan Prisca Sampe, S.Psi., M.Si. yang merupakan Dosen pada Universitas Pattimura.

Materi pelatihan meliputi Tes Inteligensi Umum yaitu Kemampuan Verbal, Kemampuan Numerikal, dan Kemampuan Figural; Tes Wawasan Kebangsaan yaitu Nasionalisme, Integritas, Bela Negara, Pilar Negara dan Bahasa Indonesia; dan Tes Karakteristik Pribadi yaitu Pelayanan Publik, Jejaring Kerja, Sosial Budaya, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Profesionalisme, Anti Radikalisme.

Ketua Pengelola Pusat Pengembangan Karir Universitas Pattimura, Dr. I Wayan Sutapa, S.Si., M.Sc mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu dari tugas Utama Pusat Pengembangan Karier Universitas Pattimura. Sesuai dengan SK Rektor No: 325/UN13/SK/2021 Lembaga ini yang memiliki tugas 1) Melakukan tracer study untuk Alumni, 2) Melaksanakan Expo dan job fair dan Pelatihan dan Bimbingan Karir. Menurut Wayan dalam pelatihan yang baru pertama kali di lakukan ini, diiukuti oleh 45 yang mengikuti seleksi calon peserta pegawai negeri sipil dari berbagai bidang ilmu yang di harapkan semua peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat lulus dalam seleksi CPNS tahun 2021. Kegiatan dilaksanakan secara daring ini semula di harapkan agar dilaksanakan secara offline namun kondisi Covid sehingga akhirnya dilaksakan secara online. Namun para trainer akan melatih peserta dengan baik agar tidak mengurangi kualitas dari pelatihan.

Koordinator Divisi Pelatihan dan Bimbingan Karir yang juga menjadi Ketua Tim Pelatihan SKD CPNS 2021 Paul Arjanto, S.Pd, M.Pd. mengatakan bahwa dalam sesi pelatihan kali ini meskipun dilaksanakan secara daring namun dilaksanakan dengan jadwal yang ketat dengan latihan mandiri yang tersupervisi oleh para Narasumber di setiap sesi pelatihan. Pelatihan ini juga ada indikatornya yaitu pre-tes dan post-tes diakhir kegiatan. Kami mengharapkan dengan adanya kegiatan pelatihan ini maka kemampuan peserta dalam menjawab setiap sub tes pada SKD CPNS dapat meningkatkan sehingga berdampak pada tingginya persentase peserta yang lulus dengan melampaui passing grade SKD CPNS 2021.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpattiHotumesse
#PusatPengembanganKarirUnpatti

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *