Pusat Studi Bahasa Selenggarakan “World Class Program”

UNPATTI,- Pusat Studi Bahasa Universitas menyelenggarakan “World Class Program” yang merupakan kerjasama dengan Western Language Departement of Khon Kaen University – Thailand. Kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan kualitas penguasaan bahasa termasuk pembelajaran bahasa asing di Unpatti ini, dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Pattimura, Prof. Dr. F. Leiwakabessy, melalui ruang vitual (zoom), Kamis, 29 Juli 2021.

World Class Program dilaksanakan pada Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman FKIP yang berlangsung dari bulan Juli sampai dengan bulan Oktober 2021 dan untuk Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP yang akan berlangsung pada bulan Oktober sampai dengan bulan Desember 2021.

Dalam sambutan saat membuka kegiatan, Prof. Leiwakabessy mengatakan Universitas Pattimura mendukung seluruh kegiatan yang digagas oleh Pusat Studi Bahasa yang bekerjasama dengan Western Language Departement of Khon Kaen University – Thailand yang hari ini dilaksanakan untuk program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, serta berharap kegiatan ini dapat diikuti oleh semua pengajar dan mahasiswa dengan baik agar produk luaran yang nantinya dihasilkan dari program ini yakni buku resep kuliner tradisional Maluku dan Thailand, dan Coorperation Agreement untuk bidang akademik dapat terealisasi. Hal yang sama diharapkan juga dapat terealisasi pada World Class Program yang nantinya akan dilakukan pada program studi Bahasa Inggris dengan luaran produk Pocketbook Eco Tourism dan Coorperation Agreement untuk bidang akademik bekerjasama dengan Burriram Rajabhat University Thailand.

Prof. Leiwakabessy juga berharap agar program ini dapat mendukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka, dan terus melakukannya secara berkesinambungan. Mahasiswa unpatti juga diharapkan bisa belajar ke Khon Kaen University dan ada konversi 20 SKS diluar kampus utama.

Dalam laporannya Ketua Pusat Studi Bahasa Unpatti, M.M. Nikijuluw, S.Pd.,M.A mengatakan penyelenggaraan kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kerjasama yang sangat baik yang telah berlangsung antara Universitas Pattimura dalam hal ini Pusat Studi Bahasa dan Western Language Department Khon Kaen University – Thailand untuk berbagai kegiatan antara lain “Joint International Seminar” dan Pertukaran mahasiswa untuk belajar Bahasa Indonesia dan Budaya Thailand. “Hal yang paling penting adalah program ini dilaksanakan dalam rangka internasionalisasi universitas “ujarnya. Lanjut dikatakan pelaksanaan program ini diatur dalam proses pembelajaran selama beberapa bulan sesuai schedule dan satu bulan tambahan untuk merampungkan produk luaran yang dihasilkan, sehingga mahasiswa Thailand dan mahasiswa Universitas Pattimura akan bersama berkolaborasi untuk menyusun konsep buku kuliner, dan para dosen kedua universitas ini selain sebagai pengajar akan bertindak sebagai editor produk luaran sebelum dipublikasi.

Ketua Pusat Bahasa berharap agar sebagai fasilitator, penyelenggaraan program ini akan menjadi pilot project bagi program studi pendidikan Bahasa Jerman, Bahasa Inggris maupun program studi lainnya, dan akan terus dievaluasi. Selanjutnya mahasiswa yang mengikuti program ini akan dilaporkan ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sebagai mahasiswa World Class Program dan berharap mahasiswa dapat memperoleh pengalaman melalui program ini. “Semoga kerjasama ini bisa terus dibangun, dan kita dapat terus mengembangkan ide dan berkolaborasi semakin baik”. tuturnya.

Turut memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut, Ketua Pusat Program Studi Bahasa Jerman Khon Kaen University, Asst. Prof. Wassamill Watcharakaweesilp; Ketua Prodi Bahasa Jerman Unpatti, Dra. Patricia Apituley, M.Pd, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Urusan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Khon Kaen University, Asst. Prof. Thanapauge Chamaratana.

Pembukaan kegiatan dipandu oleh Sekretaris Pusat Studi Bahasa Monica, S.S, M.Hum dan hadir dalam kegiatan tersebut para Dosen pada Program Studi Bahasa Jerman, Pengajar dari Khon Kaen University Mr. Frank Holzen, Mahasiswa Thailand dan Mahasiswa Unpatti.

Maju Terus Unpatti.

#UniversitasPattimura
#humasUnpattiHotumese
#UnpattiBerkarya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *