Seminar Nasional Pendidikan Matematika – Literasi Matematika Berbasis Hybrid Learning

UNPATTI,- Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura melaksanakan Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2021 dengan mengusung tema “Literasi Matematika Berbasis Hybrid Learning Untuk Menunjang Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)” Rabu, (28/7).

Kegiatan yang dilaksanakan secara Virtual ini menghadirkan narasumber Prof. Dr. Tatang Herman, M.Pd Guru Besar Pendidikan Matemetika Universitas Pendidikan Indonesia dengan materi yang dibawakan “Literasi Matematis dan Hybrid Learning : Arah dan Mode Pembelajaran Kedepan”, Prof. Drs. Sukestiyarno, YL, MS., Ph.D Guru Besar Matematika pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang dengan materi yang di bawakan “Mengintegrasikan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi dan Prof. Dr. Theresia Laurens, M.Pd Guru Besar Program Studi Pendidikan Matematika Pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura dengan materi yang dibawakan “Literasi Numerasi Dalam Asesmen Kompetensi Minimum” dengan Moderator Dr. Christina M. Laamena, M.Sc Dosen Pendidikan Matematika FKIP Unpatti.

Ketua Panitia Seminar Nasional Pendidikan Mattematika 2021, Megi Gaspersz, M.Pd dalam laporannya mengatakan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era revolusi industri 4.0. menuju 5.0 merupakan tantanganan bagi pendidikan di Indonesia, untuk itu dibutuhkan adanya perubahan paradigma pendidikan, pendidik sebagai learning material provider dapat menginspirasi dari berbagai kreativitas dan sebagai fasilitator serta pembelajar sejati yang memotivasi pendidik serta peserta didik menuju Merdeka Belajar. Dengan menciptakan pendidikan berkualitas bagi seluruh Rakyat Indonesia

Lanjutnya, Melalui layanan dan akses internet dan teknologi digital dengan demikian pembelajaran dirancang menjadi lebih bermutu salah satunya adalah dengan menggunakan pembelajaran hybrid learning, untuk mewujudkan itu diperlukan kecakapan abad 21 yang terintegrasi dalam kecakapan pengetahuan , keterampilan dan sikap serta penguasaan teknologi informasi dan publikasi dan juga diharapkan memiliki kompetensi literasi dasar yaitu literasi membaca dan literasi matematik yang diukur sebagai asesmen kompetensi minimum, hal ini merupakan tantangan bagi para matematikawan maupun pendidik matematika untuk terus menerus belajar dan memperluas wawasan ilmiahnya bersama para pendidik di bidang lainnya dalam menciptakan sumber daya manusia unggul dan memiliki kompetensi dalam mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif dalam masyarakat.

Seminar ini diharapkan menjadi wahana interaksi dan pertukaran informasi dari hasil penelitian maupun pengalaman serta gagasan di bidang matematika maupun pembelajarannya dalam semangat untuk menghadapi tantangan masa depan.

Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2021 diikuti oleh mahasiswa, guru, dosen dari berbagai universitas di Indonesia dengan makalah yang telah diterima untuk diseminarkan sebanyak 53 makalah dan diikuti oleh 200 peserta secara virtual.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura Prof. Dr. Izaak H Wenno, M.Pd dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan ini mengatakan ditengah situasi pandemi covid 19 program studi pendidikan matematika FKIP UNPATTI tetap memberikan kontribusi positif dalam perkembangan pendidikan dan pembelajaran matematika di Indonesia terkhususnya di Provinsi Maluku sehingga di hari ini dapat melaksanakan Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2021 dengan tema “Literasi Matematika Berbasis Hybrid Learning Untuk Menunjang Asesmen Minimum (AKM)” .

Dekan berharap Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2021 yang diikuti oleh seluruh peserta dari berbagai LPTK dan berbagai Universitas di Indonesia bisa berjalan dengan maksimal dan baik sampai selesa, melalui seminar Nasional Matematika ini para narasumber dapat memberikan pencerahan kepada seluruh guru dan calon guru agar bisa memahami hybrid learning dalam pembelajaran Matematika yang korelasinya dengan asesmen kompetensi minimum yang dicetuskan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayan, Riset Dan Teknologi sebagai alternatif pembelajaran. Bagi para narasumber dekan mengucapkan terima kasih untuk kesediaannya untuk membagi ilmunya dan berharap apa yang diberikan oleh para narasumber dapat bermanfaat bagi kita semua terkhususnya pengembangan pendidikan dan pembelajaran Matematika di Indonesia terkhususnya di Provinsi Maluku.

Sukses Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan ilmu Pendidikan Universitas Pattimura. Hotumese…!!!

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#Seminar Nasional Matematika 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published.