Sumpah Dan Pelantikan Dokter Baru Periode Juli 2021

UNPATTI,- Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura melakukan Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Dokter Baru Lulusan Ke-21 Periode Juli 2021, yang dilaksanakan secara virtual, Jumat (30/7).

Pelantikan dilakukan kepada :

1. dr. Westy Cornelya Gaspers, S.Ked

2. dr. Revoldy Moenandar, S.Ked

3. dr. Maria Handayani Lerebulan, S.Ked

4. dr. Sandrayani Sangadji, S.Ked

Wakil Dekan Bidang Akademik drg. Christiana R. Titaley, MIPH., Ph.D dalam laporannya menjelaskan keempat dokter baru ini merupakan dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura yang telah menjalani tahap preklinik dan profesi dokter selama kurang lebih enam tahun.

Tahap Kepaniteraan Klinik telah berlangsung di lingkungan Rumah Sakit dan Puskesmas di wilayah Provinsi Maluku, yaitu di RSUD Dr. M. Haulussy Ambon, RSKD Ambon, RS. Angkatan Laut, Kantor Kesehatan Pelabuhan Ambon, Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, BASARNAS dan Klinik Dokter Keluarga di Kota Ambon, serta beberapa Puskesmas di wilayah pelayanan Dinas Kesehatan Kota Ambon dan Kabupaten Seram Bagian Barat. Untuk Rumah Sakit dan Rumah Sakit Pendidikan di luar Ambon, ke-4 dokter ini telah menempuh kepaniteraan klinik di RSP FK Universitas Hasanuddin dan RSUD dr. Soetomo Surabaya dan 1 orang lulusan juga menempuh kepaniteraan klinik di RS Andi Makassau Pare-Pare

Setelah menyelesaikan kepaniteraan klinik, mereka telah mengikuti Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) yang dilakukan secara nasional, serentak diseluruh wilayah Indonesia. Ujian Kompetensi ini merupakan exit exam dalam menentukan kelulusan dan kompetensi mereka untuk memperoleh gelar dokter.

Hingga saat ini, jumlah dokter yang diluluskan dari Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura telah bertambah menjadi 221 dokter. Dari ke 4 dokter baru ini merupakan retaker oleh karena itu persentase kelulusan first taker masih tetap sama seperti sebelumnya yaitu sebesar 78,4%, ini adalah presentasi yang cukup tinggi.

Dari 217 lulusan dokter sebelumnya sebagian besar telah menyelesaikan program internship, dan ada yang masih mengikuti program internship. Dari yang telah menyelesaikan program internship, ada yang telah melanjutkan pendidikan di tingkat spesialis maupun S2, dan sebagian telah bekerja menjadi PNS maupun dokter kontrak di berbagai instansi, bahkan termasuk staf dosen di almamater tercinta Fakultas Kedokteran Unpatti.

Acara dilanjutkan dengan Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Dokter Baru oleh dekan Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura. Selanjutnya Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M.Hum menyerahkan keempat Dokter Baru lulusan FK Unpatti kepada Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Maluku yang diterima oleh dr. Hendrita Tuankotta, M.Kes dan selanjutnya IDI Wilayah Maluku menyerahkan Buku Kode Etik Kedokteran Indonesia kepada para dokter baru secara simbolis melalui ruang virtual.

Dekan Fakultas Kedokteran, dr. Bertha Jean Que, Sp.S., M.Kes dalam sambutanya memberikan apresiasi kepada keempat dokter baru yang telah menyelesaikan pendidikan dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura.

Dekan mengucapkan terima kasih kepada Rektor Universitas Pattimura yang telah memberikan kesempatan kepada keempat dokter baru menjalankan pendidikan di UNPATTI hingga selesai, juga kepada kepada Rumah Sakit jejaring, para kepala pusat kesehatan masyarakat tempat para dokter baru menjalani proses pendidikan hingga selesai, semua pihak dan semua dosen pembimbing serta orang tua yang selama ini memberikan yang terbaik kepada para dokter dokter baru.

Dekan berharap agar kempat dokter yang baru dilantik dan diambil sumpahnya dapat mempersiapkan dirinya untuk ditempatkan sesuai kebutuhan Provinsi Maluku. Setelah ini keempat dokter baru akan menjalani internship selama satu tahun. Dari kasus Covid 19 yang terus melonjak dan tenaga kesehatan yang terbatas untuk lulusan UKMPPD pada gelombang ini di seluruh Indonesia termasuk ke empat dokter baru di persiapkan internsip melayani pasien Covid 19. Setelah masa internsip selesai dokter baru akan menjalani satu tahun PTT daerah sebagai bentuk pengabdian kepada daerahnya dan dibentuk sebagai dokter pulau. “Jadilah dokter pulau yang siap untuk melayani di kepulauan karena itu bentuk tugas dan panggilan sebagai seorang dokter”, tutur dekan.

Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M.Hum dalam sambutanya memberikan apresiasi kepada Fakultas Kedokteran UNPATTI yang dalam kondisi Pandemi Covid 19 tetap konsisten melaksanakan kegiatan-kegiatan akademik yang mana di hari ini pelantikan dan sumpah dokter baru dapat berjalan, itu semua berkat kerja keras dari Dekan, para wakil dekan, para dosen dan para pegawai yang sudah melaksanakan tugasnya dengan baik.

Lanjutnya Dunia kedokteran saat ini semakin maju tetapi juga disimbangi dengan berbagai macam tantangan dari segi internal maupun eksternal, para dokter dihadapkan dengan berbagai gejolak dalam menghadapi Pandemi Covid 19, tenaga kesehatan sebagai garda depan yang harus turun menangani situasi pandemi covid 19 saat ini, dan berharap bagi keempat dokter baru bisa mempersiapkan dirinya dari segi fisik, mental dan juga moral untuk menghadapi keadaan ini dengan penuh ketulusan hati karena tugas dokter adalah tugas yang mulia.

“Menjadi dokter itu tidak mudah, harus mampu mengikuti dinamika ilmu kedokteran secara global dan menjadikan dirinya sebagai orang-orang terbaik dalam menangani berbagai situasi dalam pekerjaannya” ungkap Rektor.

Rektor berharap bagi keempat dokter baru bisa mempertahankan nama baik Universitas Pattimura terkhususnya Fakultas Kedokteran UNPATTI supaya lembaga ini senantiasa berkibar dan mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia maupun Dunia atas semua prestasi-prestasi akademik dan praktek yang gemilang. “Semakin banyak kompetitor yang akan ditemui deng itu belajarlah terus jangan bangga dengan apa yang sudah dicapai tetapi benahilah apa yang dirasa masih kurang, pisau yang terus diasah pasti tajam demikian diri saudara-saudara”.

Turut hadir dalam kegiatan ini wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Jusuf Madubun, M.Si Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Ketua Ikatan Dokter Indonesia Wilayah Maluku, Ketua Ikatan Dokter Indonesia Kota Ambon, Para Kepala Rumah Sakit jejaring, Para Wakil Dekan, koordinator, tenaga fungsional, pegawai dalam lingkup Fakultas Kedokteran Unpatti serta orang tua dokter baru.

Selamat kepada para dokter baru…!!!!

#UniversitasPattimura
#HumasUnpattiHotumese
#UnpattiTerusBerkembang

Leave a Reply

Your email address will not be published.