Unpatti Sambut Rencana Gerakan 1.000 Start-Up Digital

UNPATTI,- Provinsi Maluku, khususnya Kota Ambon, untuk pertama kalinya menjadi salah satu kota yang terlibat dalam gerakan 1.000 Start-Up Digital, ditahun 2021 ini, dan Universitas Pattimura menjadi salah satu mitra bagi upaya merealisasi gerakan 1.000 Start-Up Digital. Gerakan Nasional (Gernas) 1.000 Start-up Digital di Inisasiai oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dan telah berlangsung sejak 2016 ini, bertujuan untuk menumbuhkan minat generasi muda menjadi entrepreneur, dan tentunya pelaksanaan kegiatan ini diharapkan melibatkan semua pihak agar bisa mengakselerasi skala bisnis dan ekosistem digital secara lebih cepat, mengingat  sektor informasi dan komunikasi menjadi sangat penting bagi  masyarakat dalam melakukan aktivitas secara daring dalam masa pandemi covid 19, Jumat (16 Juli 2021).

Pada audensi yang dilaksanakan melalui ruang virtual, Regional Project Office 1.000 Start-Up Digital, M. Ikhsan Tualeka dan Elvialiana Y. Watopa, menjelaskan over view dan rencana pelaksanaan sosialisasi gerakan 1.000 Start-Up Digital kepada Mahasiswa Universitas Pattimura yang nantinya berbentuk seminar secara daring dan berharap agar Mahasiswa Universitas Pattimura nantinya mampu memahami apa itu 1000 Start Up Digital dan sekaligus bisa menjadi bagian dari gerakan ini. Lebih lanjut diharapkan agar Universitas Pattimura sebagai salah satu Pergururan Tinggi ternama di Maluku dapat mendukung pelaksanaan program ini sehingga mampu mendorong  perubahan di ekosistem digital Indonesia menjadi lebih baik kedepannya khususnya dari mahasiswa Unpatti dan menumbuhkan semangat untuk tetap berkembang dengan ide dan inovasi. Target yang ingin dicapai ada pada bidang agrikultur, kesehatan, pendidikan, pariwisata,logitik dan maritim. “Berharap agar kegiatan ini nantinya akan ada mahasiswa unpatti yang bisa menjadi pioneer lahirnya star up digital yang mumpuni di Maluku”, ujar Tualeka.

Rektor Universitas Pattimura Prof. D. M. J. Saptenno, SH., M.Hum mengapresiasi rencana kegiatan sosialisasi gerakan 1.000 Start-Up Digital pada Universitas Pattimura. “Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi terus mendorong agar 80% lulusan universitas dalam kurun waktu 6 bulan setelah lulus harus mampu memperoleh pekerjaan. Kadang-kadang pengertian ‘kerja’ bagi para lulusan ini adalah berkerja disektor swasta maupun pemerintahan, walaupun dengan upah yang tidak terlalu besar. Padahal kalo kita melihat menjadi star-up adalah suatu aktivitas yang bisa menumbuhkan inovasi-inovasi serta kreatifitas dan mendatangkan keuntungan, dan ini yang harus digagas dan dikembangkan kedepan”, ujar rektor. Lanjut dikatakan nantinya akan berupaya agar mahasiswa maupun alumni akan tetap diberdayakan agar timbul kesadaran dan pemahaman bahwa teknologi harus dimanfaatkan untuk mendapatkan peluang kerja. Hal ini juga sebagai bentuk implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka dimana diperlukan sinergitas dan pemahaman bahwa tidak selamanya mahasiswa eksakta hanya memahami bidang ilmunya, tetapi lebih dari itu mahasiswa harus bisa berkolaborasi, menciptakan inovasi dan kreatifitas secara keilmuan untuk mendapatkan pemahaman yang benar tentang keilmuan dan mampu survive menghadapi dunia kerja.

Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Pattimura, Dr. Jusuf Madubun, M.Si, bidang Kemahasiswaan telah merancang begitu banyak program kewirausahaan walaupun dalam kenyataannya ditemui bahwa karakter kewirausahaan mahasiswa belum terlalu baik, belum bisa mengangkat potensi anak muda mahasiswa unpatti dalam mengembangkan wirausaha. Oleh karena itu nantinya diharapkan melalui sosialisasi dan pelatihan yang dibuat bisa merubah mindset dan perilaku berpikir dan menjadi salah satu penting yang bisa di lirik untuk membangun masa depan anak muda lulusan Unpatti nantinya. Oleh karenanya perlu kita dukung dan nantinya bisa bermanfaat dari sisi akademik terutama menjawab kebijakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka.

Diharapkan dalam waktu dekat pelaksanaan sosialisasi 1.000 Start-Up Digital bisa segera dilaksanakan bagi mahasiswa Universitas Pattimura.

#MulaiDariKamu
#MahasiswaUnpattiBisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *