119 Calon Sarjana Hukum Di Yudisium

UNPATTI,- Selasa, (24/8) bertempat di Halaman lantai satu Fakultas Hukum Universitas Pattimura dilaksanakan yudisium dan Penggelaran Lulusan terhadap 119 lulusan yang terdiri dari 89 lulusan Program Studi ilmu Hukum  Kampus Utama dan 30 Lulusan dari Program Studi Ilmu Hukum Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Kabupaten Kepulauan Aru dan Kabupaten Maluku Barat daya dalam rangka wisuda periode Agustus 2021.

Acara Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Yudisium dan Panggelaran Lulusan Fakultas Hukum Universitas Pattimura Periode Agustus 2021 dibuka oleh  Ketua Senat Fakultas Hukum Universitas Pattimura Dr. A. D. Bakarbessy, SH., LLM Acara dilanjutkan dengan Pembacaan Surat Keputusan, Pengukuhan Lulusan oleh Dekan Fakultas Hukum Dr.Rory J. Akyuwen, S.H., M.Hum, Pembacaan Panca Purna Ikrar Lulusan Oleh salah satu lulusan dan dilanjutkan dengan penyerahan lulusan dari Dekan kepada Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Saartje Sarah Alfons, S.H., M.H.

Untuk kali ini Fakutas Hukum Unpatti menghasilkan 31 lulusan Cumlaude yaitu :

  1. Yopi Riszey Loupatti (IPK 3,91)
  2. Fransina Mailoya (IPK 3,87)
  3. Fira Hanasti Putri (IPK 3,84)
  4. Ruben Lewedalu (IPK 3,80)
  5. Philippa Philomena Kosho (IPK 3,81)
  6.   Cindy Agnesia Ratmala (IPK 3,77)
  7. Salmiwati Rumadan (IPK 3,76)
  8. Gabriella Patricia T. Tomasoa (IPK 3,74)
  9. Nadine Y. I. Alfons (IPK 3,74)
  10. Bella Verawaty Arnas (IPK 3,73)
  11. Maltin Patrick Riupassa (IPK 3,72)
  12. Sri Ayu Junita Sainyakit (IPK 3,72)
  13. Faradillah Maulidyah Pelu (IPK 3,68)
  14. Martha Elizabeth Sutrahitu (IPK 3,68)
  15. Rosalinda E. B. Malaiholo (IPK 3,66)
  16. Jhon Alberth Latuny (IPK 3,65)
  17. Olivia Lebrina Inuhan (IPK 3,64)
  18. Maria Febriona Tawurutubun (IPK 3,64)
  19. Marsye Risye Leterulu (IPK 3,64)
  20. Delon S. Demny (IPK 3,62)
  21. 21Obbie Yandri Samatuak (IPK 3,62)
  22. Lixanya Felany Thenu (IPK 3,62)
  23. Lendry Hendrik (IPK 3,61)
  24. Celine E. J. Latusia (IPK 3,61)
  25. Andy Christopher Fallen (IPK 3,60)
  26. Deotrich Sammuel Sahetapy (IPK 3,57)
  27. Janri Jacob Bakarbessy (IPK 3,56)
  28. Lidia W. Tutuhatunewa (IPK 3,55)
  29. Lissa Fricilya Nahusona (IPK 3,54)
  30. Zian Rahmatullah (IPK 3,52)
  31. Christian V. S. Marzuki (IPK 3,52)

“Bermimpilah selama kamu masih tidur dan kerjakanlah mimpi itu ketika kamu sudah bangun, pendidikan adalah jendela dunia kalimat yang tidak asing untuk didengarkan oleh kita semua dan dihari ini telah ada 119 generasi berkompeten, berkarakter yang akan membangun masa depan bangsa terkhususnya dibidang Ilmu Hukum”, ungkap Yopi Riszey Loupatti (IPK 3,91) dalam sambutanya mewakili 119 lulusan Fakultas Hukum Unpatti.

Ketika berproses menimba ilmu pada bunda asuh tercinta, teringat pesan dosen saya Dr. R. Nendissa, SH., MH saat mengajar mata kuliah Ilmu Perundang-undangan pada kelas saya, beliau berkata “Jika ada kesempatan maka bertandinglah, sebab kesempatan tidak akan datang dua kali” kelimat yang memotivasi kita semua sehingga saat ini kita sampai pada tahap mengakhiri perjuangan kita guna memperoleh gelar sarjana hukum di bunda asuh tercinta, tutur Yopi Loupatti.

Yopi berharap bagi ke 119 lulusan dapat mengabdi pada masyarakat karena diluarsana masih banyak cerminan rekan-rekan karena berbagai keterbatasan ada pada jenjang ini, sehingga upaya dan daya kita semakin ditunggu, usahakanlah dirimu berguna dengan ilmu bagi sesamamu.

Yopi memberikan apresiasi yang tinggi bagi civitas akademika, Dekan, para Wakil Dekan baik dosen, tenaga kependidikan, orang tua, cleaning sevice dan ibu-ibu kantin atas pengajaran, bimbingan, pengalaman, pelayanan serta doa dan keringat selama berproses di bunda asuh tercinta.

“Datang sebagai Calon Mahasiswa, Berproses sebagai Mahasiswa, Mengakhiri sebagai Alumni dan Kembalilah sebagai donatur pada bunda asuh tercinta Fakultas Hukum Unpatti”, tutupnya.

Mewakili orang tua lulusan Ny. J Takaria, S.Pd mengucapkan terima kasih kepada Dekan, Para Wakil Dekan, seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan atas semua bimbingan, ilmu pengetahuan dan fasilitas yang diberikan. Kepada para lulusan janganlah cepat puas dan berbangga sebab ini bukan akhir dari perjuangan hidup kalian melainkan ini barulah awal dari langkah kalian untuk menapaki hidup yang sesungguhnya. “Asahlah terus ilmu yang diperoleh, lengkapi ilmu yang telah didapat dengan berbagai ilmu dan ketrampilan agar dapat menunjang kesuksesan kalian”.

Mengutip pandangan dari Albert Masli yang mengatakan bahwa “gelar bukanlah suatu produk akan tetapi gelar merupakan indikasi seseorang bisa hidup’  maka gelar saudara sebagai Sarjana Hukum tidak akan memberikan indikasi atau jaminan bahwa saudara sudah hidup tetapi bagaimana saudara-saudara memberdayakan diri agar dapat memberikan perubahan dan bermanfaat bukan hanya diri sendiri tetapi juga keluarga terutama masyarakat”, demikian  pesan yang disampaikan  Ketua Senat Fakultas Hukum Universitas Pattimura Dr. A. D. Bakarbessy, SH., LLM dalam sambutanya saat Yudisium dan pagelaran lulusan Fakultas Hukum.

Lanjutnya ditengah pandemi Covid19 lulusan dituntut untuk lebih berkreatif dan berkreasi untuk mengembangkan diri. Ketika menghadapi tantangan revolusi industry 4.0 dan masa digitalisasi para lulusan diharapkan lebih mengambangkan diri untuk memenuhi dan melayani kebutuhan masyarakat. janganlah pernah lupa akan bunda asuh tercinta Fakultas Hukum Unpatti karena keberadaan saudara-saudara sekarang ini berkat kerja keras dan usaha dari para pimpinan fakultas, para dosen dan para tenaga kependidikan semua itu mereka lakukan untuk menghasilkan seseorang yang dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat.

Ketua PSDKU Kabupaten Maluku Barat Daya dan Kabupaten Kepulauan Aru Prof. Dr. Aholiab  Watloly, S.PAK., H.Hum dalam sambutannya mengatakan hari ini saya dengan bangga menyampaikan kalian bukan lagi mahasiswa tetapi menyapa kalian dengan kaum terpelajar. Ada dua alasan pokok saya menyapa kalian dengan kata kaum terpelajar ; pertama orang yang menyebut diri kaum terpelajar adalah orang yang merasa diri bodoh intelektual karena itu belajarlah dan terus belajar membentuk apa yang kita junjung sebagai ilmu pengetahuan dan karakter  jangan seperti orang bodoh yang merasa diri pintar dan orang jahat yang merasa diri baik; yang kedua kaum terpelajar adalah orang-orang yang selalu merasa diri tersesat dijalan yang benar bukan merasa diri benar dijalan yang sesat,  karen itu selalu lah bertanya, belajar dan melakukan pertimbangan – pertimbangan. Dua kriteria pokok ini saya amanatkan kepada para lulusan yang kami banggakan di hari ini “kita lepas dari rahim Fakultas Hukum untuk menjadi kaum terpelajar ditengah masyarakat, kalian bisa menjadi Profesor, dan professional di Bidang hukum tetapi jangan gunakan hukum untuk menyesatkan banyak orang dengan cara yang dianggap benar tanpa melakukan pertimbangan-pertimbangan”.

Menutup sambutannya Prof. Watloly mengutip salah satu pandangan dari salah satu filusuf tua Yunani “Hikmat dan ilmu memberikan dasar kearifan dan kekuatan bagi kita tetapi ketika turun pada lefel ilmu dia memberi dua hal yang bagaikan cairan halus menerobos kedalam hati dan membawa kebaikan tetapi bisa juga membawa kehancuran, yaitu cinta dan benci kedua hal itu menjadi unsur yang halus yang bisa menerobos kedalam hati dan jiwa sehingga benci bisa menjadi damai sejahtera, dan cinta bisa membuat seseorang mencintai hal-hal yang jahat” karena itu diharapkan kaum terpelajar membenci kebohongan dan tidak akan mencintai kebohongan.

Dekan Fakultas Hukum Dr.Rory J. Akyuwen, S.H., M.Hum dalam sambutanya mengatakan disaat ini Fakultas Hukum Unpatti terus memperbaiki diri dalam pengembangan dan kenyamanan para mahasiswa dan alumni yaitu dengan memberikan  dua  aplikasi baru  aplikasi pertama yaitu  SITAMA (Sitim Informasi Status Mahasiswa) Fakultas Hukum, aplikasi ini untuk mempermudah, mengecek informasi administrasi mahasiswa dan aplikasi kedua yaitu aplikasi anti plagiat, aplikasi ini untuk mencegah plagiasi pada skripsi, tesis dan disertasi maupun artikel-artikel yang kan diterbitkan pada jurnal nasional maupun internasional.

Dekan mengucapkan terimakasih kepada para orang tua yang sudah menitipkan anak-anak nya di  Fakultas Hukum Unpatti dan berharap kepada orang tua untuk terus memberi dukungan kepada para lulusan bahwa proses hari ini adalah awal dan bukan akhir. Fakultas Hukum Unpatti akan terus membuka pintunya untuk meneriama para alumni jika mengalami kesulitan. Bagi para alumni dekan berharap jangan pernah melupakan bunda asuh Fakultas Hukum Unpatti.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutanya mewakili Rektor mengatakan terkait dengan kebijakan pemerintah tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka maka seluruh proses kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi harus bisa mengimplementasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan harapan Fakultas Hukum bisa mengikutinya dengan cara satu semester atau 20 SKS di siapkan oleh setiap prodi untuk pertukaran antara mahasiswa pada kampus asal dan 40 SKS pada kampus di luar kampus asal dengan delapan kegiatan pembelajaran. Untuk meningkatan akreditasi institusi Universitas Pattimura untuk mencapai level unggul dibutuhkan minimal akreditasi program studi pada institusi 30% dari jumlah prodi yang ada  terakreditasi unggul  maka diharapkan prodi Ilmu Hukum bisa mencapainya dan Fakultas Hukum Unpatti mampu mendapat Akreditasi Internasional.

Kepada para lulusan Prof. Lewakabessy memberikan selamat dan teruslah berjuang jangan cepat menyerah teruslah memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring dan luring dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan Covid 19.

Selamat dan Sukses bagi 119 lulusan Fakultas Hukum Universitas Pattimura.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#YudisiumFakultasHukum

Leave a Reply

Your email address will not be published.