Banda Neira “Romantisme Masa lalu Kejayaan Masa Depan” – Festival Hatta-Sjahrir

UNPATTI,- Sahabat Pattimura tahu kah kamu bahwa pada tanggal 12 dan 13 Agustus 2021 Festival Hatta-Sjahrir digelar oleh Dinas Pariwisata Provinsi Maluku bertempat di Banda Naira, Kecamatan Banda Kabupaten Maluku Tengah. Festival ini dilakukan untuk mengenang dua tokoh nasional yaitu Mohammad Hatta dan Sultan Sjahrir yang pernah diasingkan di pulau Banda Naira selama 6 tahun sejak tahun 1936 – 1942. Kegiatan yang berlokasi di Banda Neira menampilkan presentasi budaya Banda dan Minangkabau, alasan mempresentasikan budaya kedua daerah ini semata-mata untuk menghormati kedua tokoh Bung Hatta dan Bung Sjahrir .Tema yang diusung dalam festival ini yaitu Banda Neira “Romantisme Masa lalu Kejayaan Masa Depan”. Festival ini diawali dengan Seminar Nasional, Pameran Edukatif dan UMKM, Lomba Rakyat, City Tour, Pagelaran Seni dan Budaya. Keseluruhan rangkaian kegiatan ini memiliki tujuan untuk mengembalikan lagi eksistensi sejarah kedua tokoh Bung Hatta dan Bung Sjharir, bersinergi mengembangkan periwisata Indonesia khususnya Provinsis Maluku dan Provinsi Sumatra Barat lebih khusus sebagai ajang promosi untuk memperkenalkan keindahan budaya Pulau Banda kepada dunia luar.

Seluruh rangkaian kegiatan ini dilaksanakan secara offline maupun online (Hybrid) dengan harapan tidak ada klaster penyebaran pandemi covid meskipun tidak hadir langsung di lokasi penyelenggaraan.

Kegiatan yang diawali dengan Seminar Nasional dibuka secara resmi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr. Sandiaga Salahuudin Uno, Laporan PLT Kepala Dinas Pariwisata Maluku Prof. Markus. Pattinama, DEA dan sambutan-sambutan yang disampaikan oleh Bupati Maluku Tengah yang diwakili oleh Wakil Bupati Maluku Tengah Marlatu Leleuri,SE, Gubernur Provinsi Maluku Irjen Pol (Purn) Drs. Murad Ismail, dan Gubernur Sumatra Barat H. Mahyeldi Ansharullah, SP, dalam kegiatan ini menghadirkan Keynote Speaker Prof. Dr. Mutia Hatta, Sitt Rapiah Parvati Sjahrir dan  Prof. Dr. Anies R. Baswedan (Gubernur DKI Jakarta) dan narasumber Babe Ridwan Saidi (Sejarawan Nasional), Prof. DR. Mus Huliselan (Sejarawan Maluku), DR. Muhammad Farid. M. Sos (Ketua STP STKIP Hatta-Sjahrir Banda) dengan moderator Dr. Jusuf Madubun, M.Si (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Pattimura).

Untuk lebih lengkapnya sahabat pattimura bisa mengikutinya pada chanel YouTube Dinas pariwisata Provinsi Maluku pada tanggal 15 Agustus 2021.

Sukses Festival Hatta-Sjahrir – Banda Neira “Romantisme Masa lalu Kejayaan Masa Depan”.

#Universitas Pattimura
#HumasUnpatti
#Festival Hatta-Sjahrir

Leave a Reply

Your email address will not be published.