Penyerahan Bantuan CSR Astra Kepada Kelompok Gerabah Negeri Ouw Saparua

UNPATTI,- Acara Penyerahan Bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada Kelompok Gerabah Negeri Ouw merupakan Kerjasama Universitas Pattimura dengan PT. Astra Internasional berlangsung di Kantor Raja Negeri Ouw, Saparua, Maluku Tengah, Selasa (24/8/22). Kegiatan yang dihadiri Raja Negeri Ouw, Willem Pelupessy, S.Hut beserta seluruh saniri negeri dan kelompok pengrajin Gerabah.

Penyerahan bantuan Alat Produksi berupa 2 Unit Oven Glassir Gerabah spesifikasi bahan besi dinding Fibre Glass dengan suhu 1.200 Celcius (Volume 0,3M3 berbahan bakar kayu) dan 1 Unit Molen Tanah (Tenaga Diesel) diserahkan langsung secara simbolis dari Universitas Pattimura, Rektor Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum kepada Kelompok Gerabah Negeri Ouw yang diwakili oleh Raja Negeri Ouw, didampingi Ketua Pusat Studi Perdesaan Universitas Pattimura, Dr. Ir. L. Ega, M.Si.

Raja Negeri Ouw, Willem Pelupessy, S.Hut mengucapkan terimakasih kepada pihak Universitas Pattimura yang telah membantu Kelompok Penghasil Gerabah Negeri Ouw. Beliau juga Mengatakan bahwa alat yang telah diserahkan dapat digunakan untuk kesejahteraan bersama. “Apa yang telah kita bangun di Negeri Ouw ini, dapat menjadi perhatian penuh sehingga dalam upaya membangun manusia lewat program-program yang sudah dibuat dapat terwujud dengan baik”, ujar Willem Pelupessy. Beliau berharap, apa yang telah dilakukan, dapat menjadi nilai tambah di Negeri Ouw.

Ketua Pusat Studi Perdesaan, Dr. Ir. L. Ega, M.Si mengatakan Negeri Ouw merupakan satu dari 5 negeri yang telah melakukan kerjasama antara Universitas Pattimura dengan PT. Astra Internasional, Tbk dan di Negeri Ouw dimulai dengan Gerabah. “Saya melihat berbagai hal yang perlu kita benahi bersama di Negeri Ouw sebagai bagian dari Desa Binaan Pusat Studi Perdesaan Universitas Pattimura”, terangnya.

Ia menambahkan, ada 3 kelompok Gerabah Negeri Ouw yaitu Kelompok 1 Sektor Ebenheizer dan Kelompok III Sektor Betlehem dengan fasilitas alat Oven sedangkan Kelompok II Sektor Maranatha, Imanuel, Ora Et Labora dengan fasilitas alat Mesin Pengolah Tanah. “Ini merupakan kesepakatan saat rapat bersama antara tiap-tiap kelompok”, jelas Dr. Ega.

Dr. Ega berharap, lewat bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh kelompok Gerabah di Negeri Ouw dan mendorong masyarakat agar mendapat kesempatan modal yang lebih banyak sehingga berpeluang untuk pengembangan ekonomi.

Rektor, Prof. Saptenno dalam sambutan mengatakan, bantuan alat oven gerabah dan molen tanah yang diserahkan hari ini kiranya dapat bermanfaat dan digunakan secara produktif oleh masyarakat setempat, sehingga ada perkembangan yang nantinya dapat ditunjukan, tentunya dengan kualitas yang lebih baik. Pendampingan dan evaluasi perlu dilakukan untuk mencapai suatu hasil yang baik pula. Rektor berharap agar setiap kelompok usaha mampu memanfaatkan alat ini sebaik-baiknya dan mampu menerapkan manajemen yang baik termasuk menajemen keuangan dalam pengelolaan usaha yang dilakukan.

Lanjut dikatakan tanggungjawab pemberdayaan masyarakat desa itu menjadi penting. Suatu Negeri akan maju tergantung program yang dibuat oleh Negeri tersebut. Oleh karenanya peran pemerintah desa baik raja dan staf pemerintahan diperlukan dalam merancang program yang mendukung pemberdayaan masyarakat desa, sehingga program-program tersebut harus terarah ke berbagai bidang dan bukan hanya pembangunan fisik, tetapi juga pengembangan sumberdaya manusianya.

Negeri Ouw mempunyai potensi dan sumberdaya alam yang bisa kelola dan bernilai.  Dan bantuan yang diberikan melalui dana CSR PT Astra Internasional berkerjasama dengan Pusat Studi Perdesaan Universitas Pattimura, karena potensi Negeri Ouw yang perlu terus dikembangkan.

Rektor berharap, Pemerintah Negeri juga dapat membangun kerjasama dengan Fakultas Pertanian Unpatti dalam upaya pengembangan potensi pertanian, sebagai bentuk ketahanan pangan. “Mari jaga hutan, pantai dan laut serta sumberdaya alam lainnya sehingga Negeri Ouw akan semakin terkenal bukan hanya dengan kerajinan gerabah tetapi juga dengan objek wisata alam”.

Rektor juga menyampaikan terima kasih kepada pimpinan PT Astra Internasional dan Kepala Pusat Studi Perdesaan Unpatti untuk kerjasama dan sumbangan yang diberikan bagi pemberdayaan masyarakat di Negeri Ouw.

Pesan rektor, mari kita gunakan apa yang telah diberikan dengan sebaik mungkin agar dapat terlaksana dengan baik.

Acara dilanjutkan dengan Penandatanganan Berita Acara dan peninjauan lokasi pembuatan produksi penghasil Gerabah.

Turut hadir Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi, Dr. Muspida, M.Si beserta staf dan perwakilan dari Pusat Studi Perdesaan Universitas Pattimura.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#Kelompok GerambahNegeri Ouw
#SemangatAstraUntukIndonesia
#AstraInternationalTetapBerkaryaDimasaCovid-19

Dokumentasi : Peninjauan Lokasi, Alat Produksi Penghasil Gerabah dan Hasil Gerabah Negeri Ouw

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.