Unpatti – Perwakilan Bank Indonesia Maluku Laksanakan Program Bank Indonesia Mengajar

UNPATTI,- Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku bekerjasama dengan Univesitas Pattimura, melaksanakan Program Bank Indonesia Mengajar. Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Bank Indonesia ke-68 dan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-76 dan sebagai bentuk sumbangsih Bank Indonesia terhadap kemajuan pendidikan masyakat Indonesia, dilakukan secara virtual melalui platform zoom Meeting. Kegiatan ini juga diikuti oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. F. Leiwakabessy, M.Pd., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Jusuf Madubun, M.Si, Tenaga Fungsional dan Tenaga Kependidikan pada bagian Kemahasiswaan dan Alumni serta 450 mahasiswa Universitas Pattimura, Senin (9/8).

Dalam sambutan saat membuka kegiatan, Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H., M.Hum,  mengatakan “Memperkuat Inovasi, Sinergi dan Kepedulian Sosial, Sebagai Kontribusi Bagi Pemulihan Ekonomi Indonesia “yang menjadi  tema pelaksanaan Program Bank Indonesia Mengajar, sangat menarik untuk disampaikan terutama ketika Indonesia dan dunia ada pada Pandemi Covid-19 selama 2 tahun terakhir. Situasi yang berdampak luar biasa terhadap semua aspek kehidupan bangsa dan negara baik aspek ekonomi, kesehatan,pendidikan, sosial, politik  dan hukum, membutuhkan kepedulaian kita semua termasuk mahasiswa sebagai kelompok elit pada perguruan tinggi, sehingga pemahaman yang utuh terhadap kondidi ini sehingga mahasiswa mampu mengambil tindakan bijaksana dan terus menciptakan inovasi. “Pandemi membutuhkan inovasi dari kita semua termasuk inovasi dari mahasiswa” ujar Rektor.

Rektor berharap materi yang akan diberikan bisa mendorong mahasiswa untuk tidak berleha-leha dan saling mempersalahkan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. “Sebagai mahasiwa harus berpikir objektif, positif, kreatif dan mampu untuk mencari alternative pemecahan. Mahasiswa diharapkan mengembangkan inovasi, menjadi fighter untuk mengembangkan potensi diri, dan menjadi pioneer untuk melakukan perubahan-perubahan “

Program ini merupakan suatu program yang mendorong dan membantu menjalanan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, dan berharap nantinya ada kerjasama dan kolaborasi dengan Bank Indonesia terkait magang, penelitian, pengabdian dan studi berkelanjutan bagi  mahasiswa Universitas Pattimura.  Merdeka Belajar Kampus Merdeka menghendaki mahasiswa lebih kreatif, inovatif dan memberikan peluang melakukan aktifitas pembelajaran dimanapun, semesta belajar tak berbatas, tidak hanya di ruang kelas, perpustakaan dan laboratorium, tetapi juga di desa, industri, tempat-tempat kerja, tempat-tempat pengabdian, pusat riset, maupun di masyarakat. Semua ini dilakukan agar mahasiswa nantinya mampu meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills, agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja.

Kegiatan dilanjutkan dengan materi yang diberikan oleh Noviarsano Manullang, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku. Kegiatan ini mendapat antusias dari para mahasiswa yang memberikan tanggapan dan pertanyaan dan mengikuti quis kreatif.

Selamat dan Sukses BI Mengajar

#Universitas Pattimura
#HumasUnpatti
#AyoMajuMahasiswaUnpatti
#MahasiswaUnpattiBerinovasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *