PEMBUKAAN PKKMB UNIVERSITAS PATTIMURA

UNPATTI,- Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Pattimura Tahun Akademik 2021/2022 yang dilaksanakan pada 8 s/d 16 September 2021 dilakukan dengan fasilitas via live streaming YouTube UNPATTI CHANEL dan Zoom Meeting, Rabu (8/9).

 

Pelaksanaan pembukaan pengenalan kampus mahasiswa baru kali ini mengusung tema sentral “MELALUI PKKMB KITA TINGKATKAN NASIONALISME, KEMANDIRIAN, ENTERPRENEURSHIP DAN LITERASI DIGITAL DEMI TERWUJUDNYA MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA DI ERA ADAPTASI KEBIASAAN BARU”.

Ketua Panitia Johan. M. Tupan, S.T., M.T dalam laporannya mengatakan, sejak tahun 2020 pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru Universitas Pattimura dilakukan dalam bentuk daring dengan materi dan jadwal yang sangat padat baik pada tingkat universitas maupun fakultas. Lanjut dikatakan, tujuan dari dilaksanakan PKKMB ini adalah :

  1. Menanamkan kesadaran berbangsa, bernegara, bela negara, serta peduli lingkungan dan masyarakat sesuai dengan empat pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika);
  2. Memperkenalkan sistem pembelajaran dan kehidupan sivitas akademika di perguruan tinggi dengan menanamkan nilai-nilai dasar pendidikan dan perguruan tinggi;
  3. Memperkenalkan hak dan kewajiban sebagai mahasiswa, sebagai insan pra dewasa, bagi diri dan lingkungan sekitar
  4. Mewujudkan kampus yang ramah (inklusif), aman dan sehat
  5. Memperkenalkan kiat sukses belajar dan mengembangkan diri di perguruan tinggi melalui konsepsi dan praktik merdeka belajar kampus merdeka dan kewirausahaan;
  6. Merancang hari esok generasi unggul yang mandiri dan bertanggung jawab;
  7. Mewujudkan mahasiswa menjadi pembelajar yang lincah dan tangguh (powerful agile leamer).

“Untuk menjawab tujuan tersebut, maka materi-materi yang akan diberikan dalam kegiatan PKKMB ini dirancang dengan berpedoman pada panduan PKKMB tahun 2021 yang di keluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi baik pada tingkat Universitas Pattimura maupun Fakultas. Pada kegiatan ini juga Universitas Pattimura diberikan kesempatan berkolaborasi dengan Gerakan Nasional 1000 Starup Digital. Para peserta PKKMB yang mengikuti melalui zoom berkesempatan memperoleh doorprize yang disediakan oleh pihak sponsor Ichitan” jelasnya.

Dikatakan pula, PKKMB Univeristas Pattimura Tahun 2021 diikuti oleh mahasiswa baru yang terdaftar berjumlah 5.408 orang mahasiswa dengan rincian,  Fakultas Hukum sebanyak : 722 orang., Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebanyak : 491 orang., Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebanyak : 1.062 orang., Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebanyak : 1.104 orang., Fakultas Pertanian sebanyak : 276 orang., Fakultas Teknik sebanyak : 494 orang., Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan sebanyak : 244 orang., Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam sebanyak : 191 orang., Fakultas Kedokteran sebanyak : 185 orang., PSDKU Aru dan MBD sebanyak : 504 orang., Jurusan Teknik Geologi sebanyak : 113 orang.

“Untuk tingkat Universitas yang dilaksanakan tanggal 8 september 2021 hari ini di ikuti oleh perwakilan mahasiswa Fakultas/PSDKU Aru dan MBD/Jurusan Teknik Geologi berjumlah 900 orang dan menggunakan akun zoom kapasitas 100 orang, sedangkan peserta yang lain mengikuti melalui live streaming YouTube UNPATTI CHANEL”, ungkapnya.

Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H., M.Hum mengawali sambutannya menyampaikan ucapan selamat dan sukses bagi mahasiswa baru yang telah mengikuti seleksi dan  lolos menjadi mahaiswa baru unpatti. “Saudara adalah orang-orang terpilih yang boleh mengikuti seleksi dari jutaan calon mahasiswa baru ditahun ini di seluruh Indonesia. Memasuki perguruan tinggi di era ini adalah sesuatu yang sangat sulit karena di hadapkan dengan berbagai kendala oleh karena itu masukalah di garda unpatti kampus orang basudara. Kampus ini terbuka bagi siapa saja dari latar belakang suku, agama yang berbeda bisa mengikuti pendidikan dilembaga ini”, ungkap rektor.

Lanjut dikatakan, Universitas Pattimura adalah Universitas Negeri di Wilayah Timur di Indonesia yang memasuki usi 58 tahun yang telah melaksanakan berbagai kegiatan Tri Dharma Perguran Tinggi dalam rangka menciptakan Sumber Daya Manusia berkualitas untuk disumbangakan kepada pembangunan Bangsa dan Negara terutama di daerah Maluku.

“Saya mengutip istilah dari mantan Wakil Rektor Unpatti, M. A. H Tahapary, S.H, M.H bahwa mahasiswa adalah kelompok elit starategis, dimana mahasiswa mempunyai posisi yang sangat penting didalam kehidupan masyarakat. Oleh karena itu ketika menyandang gelar mahasiswa maka cara berfikir, berbicara, bertindak dan bekerja harus berubah saat ini. Saudara adalah rekan kami untuk melaksanakan proses Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Mahasiswa merupakan sub sistem penting dalam kehidupan kampus. kecapalah ilmu pengetahunan sehingga anda akan menjadi orang berguna bagi bangsa dan negara”, jelas rektor.

Rektor berharap, para mahasiswa baru nantinya dapat mengikuti semua proses perkuliahn dengan baik walau dalam kondisi pandemi, janganlah berhenti belajar untuk menjadi yang terbaik sehingga nantinya para mahasiswa baru dapat berhasil dan bermanfaat bagi kehidupan pribadi, keluarga, bangsa dan negara. Banggalah menjadi mahasiswa Universitas Pattimura.

Pada Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Pattimura Tahun Akademik 2021/2022, sambutan diberikan juga oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A dan Head Of Finance PT ICHT TAN Indonesia Dawit Surahmat Wiji. Dilanjutkan dengan materi yang diberikan oleh Rektor Unpatti, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum dengan materi “Sekilas Tentang Perguruan Tinggi Di Indonesia”, Direktur Pendidikan Tinggi dan IPTEK BAPPENAS RI, Tatang Muttaqin, Ph.D dengan materi “Spirit Pembelajar Untuk Menyongsong Era Industry 4.0”., Pangdam XVI Pattimura yang di wakili oleh , Kolonel Inf. M. Sjahroni, S.E., M.Han dengan materi “Pembinaan Kesadaran Bela Negara Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara”.,  Kapolda Maluku yang diwakili oleh DirBimas Polda Maluku, Kombes Andy Ervyn dengan materi  “Penanggulangan Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme” dan panel diskusi dengan tokoh-tokoh agama, menjadi rangkaian acara pembukaan PKKMB 2021/2022.

Pembukaan PKKMB Universitas Pattimura Tahun Akademik 2021/2022 selengkapnya dapat disaksikan pada YouTube UNPATTI CHANEL.

Selamat dan sukses mahasiswa baru “ALE BISA, BETA BISA KATONG SAMUA BISA”.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#PembukaanPKKMBUnpatti

Leave a Reply

Your email address will not be published.