Pusat Studi Lingkungan Dan Sumber Daya Alam Menyelenggarakan Rapat Kerja

UNPATTI,- Jumat, (10/9) Pusat Studi Lingkungan dan Sumber Daya Alam (PSL SDA) Universitas Pattimura (UNPATTI) menyelenggarakan Rapat Kerja dengan  mengususng tema “Struktur Organisasi, Tatakelola dan Program Kerja Tahunan.

Ketua PSL-SDA Dr. P. Kunu, MP dalam laporannya mengatakan raker yang diselenggarakan saat ini dilandasi pada tugas dan tanggungjawab yang merupakan amanah Rektor sebagai Pimpinan Universitas Pattimura dan sekaligus merupakan respon terhadap masukan pimpinan LP2MP dan berbagai pihak, termasuk kesadaran kita bersama akan pentingnya peningkatan kualitas tugas dan pelayanan dibidang lingkungan hidup di wilayah Indonesia terkhususnya di Maluku yang kita cintai.

Lanjutnya raker yang dilaksanakan saat ini adalah untuk kedua kalinya akan tetapi karena adanya tuntutan new normal serta desakan berbagai isu lingkungan hidup diwilayah kepulauan, maka raker yang pertama yang telah melahirkan RENSTRA PSL SDA Unpatti 2020-2025 serta diturunkannya berbagai berbagai bentuk program-program kerja dan layanan public tahunan dirasakan perlu dilakukan kembali sebagai penyesuaian sekaligus penyegaran tugas-tugas pokok dan fungsi serta peran kita di lembaga ini.

“Melalui Visi yaitu Menjadi Pusat Studi dan Penyedia Jasa Konsultan Lingkungan Hidup dan Sumber daya Alam berbasisi Wilayah Kepulauan yang unggul di tahun 2024, dan diwujudkan Misinya yaitu meningkatkan kualitas pelaksanaan dan/atau hasil-hasil penilitian lingkungan hidup SDA sebagai dasar untuk menjamin pelaksanaan pembangunan berkelanjutan diwilayah kepulauan, meningkatkan peran PSL SDA Unpatti sebgai mitra pemerintah dan seluruh stakeholder di bidang lingkungan hidup dan SDA wilayah kepulauan, meningkatkan fungsi PSL SDA sebagai lembaga penyedia jasa konsultasi lingkungan hidup berbasis wilayah kepulauan dengan mengembangkan system dan kapasitas sumber daya manusia dalam pelaksanaan penelitian lingkungan hidup dan diseminasinya serta penyususnan dokumen – dokumen lingkungan hidup sesuai standart KLHK dan instansi lain yang terkait, meningkatkan implementasi tupokpersi PSL SDA bagi kepentingan pembangunan dan masyarakat sebagai pusat diklat lingkungan hidup bagi seluruh stakeholder pemerhati lingkungan hidup di Maluku, diharapkan Raker yang dilaksanakan hari ini bisa lebih berdaya guna dan berhasil guna yang lahir dari gagasan – gagasan yang cemerlang dalam rangka meningkatkan kualitas tugas dan layanan kita ke depan”, tutup Dr. Kunu, MP.

Ketua Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) Prof. Dr. D. Male, M.Sc dalam sambutanya membuka Raker Pusat Studi Lingkungan dan Sumber Daya Alam (PSL SDA) Universitas Pattimura (UNPATTI) memberikan apresiasinya atas pelaksanaan raker saat ini karena, dari semua pusat studi yang ada pada Universitas Pattimura PSL SDA sangat progresif dan aktif dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

Prof. Male menjelaskan bahwa PSL merupakan sebuah lembaga formal yang secara khusus mengakji dan memiliki tupoksi dalam kaitan dengan lingkungan hidup dan sumberdaya alam. Sebagai lembaga milik pemerintah, setiap kajian – kajian yang dibuat sesuai dengan peraturan yang berlaku.Tugas PSL selanjutnya adalah melakukan advokasi dan harus di pahami bahwa setiap orang yang berada pada PSL SDA Unpatti merupakan  akademisi dan tenaga ahli, apa yang disampaikan merupakan fakta yang  sifatnya ilmiah sebgai dasar pengambilan keputusan.

Dilihat dari permasalahan lingkungan hidup yang begitu rumit Prof. Male berharap PSL tidak hanya dalam proses kajian yang baik akan tetapi perlu ada peningkatan juga pada tataran pengabdian masyarakat pelatihan dan advokasi. “Di Maluku ahli lingkungan hidup sudah cukup banyak dan kerusakan lingkungan hidup di Maluku juga termasuk kerusakan yang parah, sekarang posisi kita ada dimana apakah kita sudah melakukan yang terbaik atau kah tidak dan ini merupakan hal  penting. Teman-teman sekalian kita kan diperhadapkan dengan berbagai tugas dan tanggunjawab kedepan, banyak program strategis nasional yang sudah masuk kewilayah Maluku, tidak menutup kemungkinan PSL akan bekerja cukup banyak didalam kegiatan-kegiatan kajian Lingkungan Hidup , oleh karena itu saya meminta teman-teman semua dalam satu koordinasi yang baik secara orginasatoris, mekanismenya harus teratur , terukur dan memberikan hasil yang maksimal”. tuturnya.

Prof. Male juga berharap Pusat Studi Lingkungan Sumber Daya Alam Universitas Pattimura dapat melakukan kerjasama yang baik dengan Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Pattimura.

Sukses selalu Pusat Studi Lingkungan Sumber Daya Alam  Universitas Pattimura.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#RakerPslSdaUnpatti

Leave a Reply

Your email address will not be published.