UNPATTI SIAP LAKSANAKAN PKKMB

UNPATTI,- Pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2021/2022 mengusung tema “Melalui PKKMB Kita Tingkatkan Nasionalisme, Kemandirian, Entrepreneurship dan Literasi Digital Demi Terwujudnya MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA Di Era Adaptasi Kebiasaan Baru”.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Jusuf Madubun, M.Si mengatakan PKKMB merupakan suatu kegiatan yang wajib dilaksanakan perguruan tinggi dalam menyambut mahasiswa baru setiap tahunnya. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan orientasi pengenalan dinamika kampus yang akan dilalui oleh mahasiswa baru dalam melakukan proses pembelajaran di perguruan tinggi, Kamis (02 September 2021).

“Universitas Pattimura kurang lebih akan melaksanakan PKKMB selama satu minggu dan tingkat universitas akan dilaksanakan pada tanggal 8 September 2021, sedangkan untuk tingkat fakultas akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh panitia”, jelas Dr. Madubun.

Lanjut dikatakan tema yang diangkat tahun 2021 disesuaikan dengan dinamika perkembangan sekarang ini dan apa yang hendak kita capai dapat diwujudkan dalam rangka proses pembelajaran di era Merdeka Belajar Kampus Merdeka. “Nasionalisme itu penting karena kita sebagai bangsa yang pluralisme membutuhkan pemahaman nilai-nilai kebangsaan kepada setiap generasi muda terutama kepada mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa. Entrepreneurship merupakan program-program kegiatan kreativitas dan inovasi yang dilakukan dari tahun ke tahun menjadi bekal atau nilai tambah bagi para mahasiswa kita, sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi diri sendiri dan orang lain” ungkap Dr. Madubun

Dikatakan pula, dimasa digitalisi dibutuhkan literalisasi dalam rangka mengikuti perkembangan teknologi informasi sehingga mahasiswa dapat memanfaatkannya dengan benar. “Ini menjadi dasar rumusan tema yang diangkat tahun ini”, katanya.

Beliau berharap, di era adaptasi kebiasaan baru, mahasiswa perlu mendapatkan pemahaman yang kuat sehingga dinamika proses perkuliahan di kampus Unpatti dapat berjalan dengan baik dengan meningkatkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Ketua Panitia PKKMB Unpatti, Johan M. Tupan, S.T, M.T mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh mahasiswa baru pada saat pelaksanaan PKKMB yaitu :

  1. Agenda pelaksanaan berlangsung tanggal 8 – 16 September 2021. Pembukaan kegiatan PKKMB berlangsung pada tanggal 8 September 2021 pukul 07.00 s/d 18.00 WIT sesuai dengan jadwal yang sudah dipublikasikan, dan diikuti oleh 5500 mahasiswa baru Universitas Pattimura.
  2. Kegiatan PKKMB Unpatti berlangsung secara daring, melalui ruang zoom dan dapat disaksikan melalui YouTube UNPATTI CHANNEL dan Facebook Universitas Pattimura
  3. Sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, pembukaan oleh Rektor Universitas Pattimura dilanjutkan dengan materi yang diberikan oleh Rektor Unpatti, Kapolda Maluku, Pangdam XVI Pattimura dan panel diskusi dengan tokoh-tokoh agama, menjadi rangkaian acara pembukaan PKKMB 2021/2022.
  4. Materi terkait dengan kewirausahaan akan disampaikan pula kegiatan ini bekerjasama dengan gerakan 1000 Star Up Digital yang diprakarsai Dinas Kominfo Provinsi Maluku.
  5. Kegiatan PKKMB disponsori oleh Ichitan
  6. Kegiatan lanjutan untuk materi internal dalam hal ini penguatan adaptasi kebiasaan baru yang akan diberikan oleh gugus tugas penanganan Covid-19 Universitas Pattimura, adaptasi kebencanaan oleh Pusat Mitigasi dan Studi Perubahan Iklim Universitas Pattimura.

Beliau berharap, semua mahasiswa baru dapat mengikuti kegiatan PKKMB dengan baik, mulai dari tanggal 8 s/d 16 September 2021 karena ini menjadi kewajiban mahasiwa baru dimana mahasiswa baru yang mengikuti PKKMB akan mendapatkan sertifikat nantinya dapat digunakan dalam syarat akhir studi.

Selamat Mempersiapkan diri untuk mengikuti PKKMB Unipatti Bagi mahasiswa baru…!!!

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#PKKMBUnpatti2021/2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.