Dies Natalis Fisip ke-62: Pemantapan Fisip Bermutu

UNPATTI,- Puncak Perayaan Dies Natalis ke-62  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pattimura digelar, Selasa 5 Oktober 2021 dengan mengusung tema  “Pemantapan Fisip Bermutu”.

Perayaan Dies Natalis kali ini diisi dengan orasi ilmiah dengan topik “Inovasi Kreatif dan kolaboratif di Era Society 5.0 Menuju Fisip Bermutu dan mandiri” oleh Dr. Yunus Rahawarin, M.Ag.

Prof. Dr. T. D. Pariela, MA, dalam pidatonya mengatakan 62 tahun  mencerminkan kematangan dari sebuah lembaga, oleh karena itu kebijakan-kebijakan telah ditempuh, baik yang telah dijalankan maupun yang direncanakan bermuara pada upaya bagaimana mempertahankan keinginan untuk menjadikan Fisip yang bermutu dan berkelanjutan. Komitmen  untuk membangun Fisip kedepan tidak lepas dari dukungan sivitas akademika. Tekad dan komitmen menjadi modalitas dari seluruh sivitas akademika untuk mendorong proses perubahan. “Di Era digitalisasi saat ini tantangannya akan semakin berat dan kompleks oleh karena itu, seluruh prespektif keilmuwan yang di asuh dilembaga ini harus diupayakan untuk ditempatkan pada posisi yang tepat dan profesional dalam dinamika perubahan masyarakat” ungkapnya.

Lanjut dikatakan, dalam periode tahun 2018 – 2022 ada 3 tahapan yang dijalankan, mulai dari tahapan konsolidasi, pengembangan dan pemantapan yang arahnya untuk mewujudkan FISIP bermutu.. Menghadapi gagasan terkait dengan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Fisip mengambil langkah responsive dan telah siap untuk menjalankan kurikulum MBKM.

Dekan berharap, Fisip mampu beradaptasi di dalam arus perubahan dan dinamika masyarakat untuk mempertahankan eksistensi fisip sekarang dan dimasa yang akan datang.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Almuni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Drs. B. Temar, berharap, Fisip semakin memberi tempat kepada pengembangan ilmu untuk memajukan Fisip yang bermutu.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Fredy. Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutannya mewakili Rektor mengatakan, 62 tahun perjalanan Fisip Unpatti yang terus melakukan konsilidasi, pengembangan dan pemantapan terhadap Fisip bermutu, menjadi konsep dasar untuk memajukan Fisip kedepan. Dalam setiap sistem pengembangan Universitas Pattimura dan fakultas tentunya tidak lepas dari regulasi yang harus diimplementasikan. Kerja keras Fisip dalam melaksanakan kebijakan dan proses akreditasi, membuahkan 2 program studi terkareditasi Unggul dan reakreditasi yang sementara dilakukan oleh prodi lainnya, demikian juga berbagai capaian dalam pelaksanaan tri darma, pengembangan kerjasama, serta prestasi-prestasi yang ditorehakan dalam kurun waktu tersebut.

Lanjutnya dalam upaya meningkatkan status akreditasi perguruan tinggi, yang salah satu indikator utamanya adalah pencapaian 30 persen program studi strata satu terakreditasi Unggul, maka Unpatti terus berupaya mempersiapkan dan mendorong program-program studi untuk mencapai predikat Unggul, dan mendorong program studi yang telah terakreditas Unggul untuk menuju akreditasi Internasinal.

Prof. Leiwakabessy berharap seluruh sivitas akademika Unpatti bersama mendukung berbagai kebijakan yang dilakukan dalam pengembangan Unpatti sebagai Badan Layanan Umum dan kedepannya berupaya mendapatkan akreditasi  Unggul untuk menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum, mendukung pembukaan program-program studi baru dengan harapan Univesitas Pattimura akan peka  dan cepat tanggap terhadap perkembangan iptek yang mampu memberikan terobosan dan inovasi untuk menghasilkan lulusan perguruan tinggi yang andal dan siap untuk bersaing dalam dunia kerja baik secara global dan nasional, serta mendukung kebijakan MBKM dan berbagai kebijakan lainnya.

Prof Leiwakabessy berharap melalui Dies Natalis yang ke-62 Fisip akan mampu mencapai target dalam peningkatan akreditasi fakultas maupun program studi dan pemantapan Fisip bermutu yang menjadi konsep  pengembangan Fisip maupun Universitas Pattimura kedepan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris Senat, para Wakil Rektor, para Dekan, Tenaga Pendidik dan tenaga Kependidikan dalam lingkup Fisip serta perwakilan mahasiswa.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#Dies Natalis Fisip ke-62: PemantapanFisipBermutu

Leave a Reply

Your email address will not be published.