Dies Natalis ke-65 Fakultas Hukum

UNPATTI – Perayaan Dies Natalis Fakultas Hukum Universitas Pattimura yang ke – 65, digelar dipelataran Fakultas Hukum, (rabu, 6/10). Mengawali cara perayaan, Lembaga Bantuan Hukum dan Klinik Hukum Fakultas Hukum Universitas (LBH-KH) Pattimura melaksanakan Talkshow “HUELE” dengan Topik “Bahaya Kekerasan Terhadap Perempuan di Lingkungan Kampus”.

Pada Kesempatan yang sama dilakukan launching Aplikasi Sirat E – Office, Aplikasi SIMPEG, Aplikasi SITAMA, Aplikasi Cek Similaritas-Ithenticate dan memperkenalkan beberapa Jurnal-Jurnal Fakultas oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Pattimura Dr. R. J. Akyuwen, S.H., M.Hum.

Widya Murad Ismail (Ketua P2TP2A Provinsi Maluku) menjadi Keynote Speaker pada Kegiatan Talkshow “HUELE”, dan Narasumber yang kompeten di bidangnya yaitu Dosen dan Pakar Hukum Pidana Fakultas Hukum Unpatti Dr. D. J. A. Hehanussa, SH., M.Hum, AIPDA O. Jambormias KANIT PPA Polresta Pulau Ambon dan Pulau Pulau Lease dan Koordinator Milenial Maluku Katrin Wokanubun, S.H.

Ketua Lembaga Bantuan Hukum dan Klinik Hukum Fakultas Hukum (LBH-KH) Universitas Pattimura Dr. Julista Mustamu, SH., MH dalam opening speech mengatakan dalam rangka Dies Natalis Fakultas Hukum Unpatti LBH-KH bekerja sama dengan Laguga Entertainment meluncurkan program HUELE untuk menyuarakan kepada masyarakat Maluku tentang berbagai isu hukum yang marak dibicarakan publik. Kampus yang dipercaya dapat menjadi ruang aman bagi seluruh sivitas akademika, pada kenyataannya tidak demikian. Beberapa kasus kekerasan terhadap perempuan pernah terjadi di lingkungan kampus, dengan demikian mendorong LBH-KH mengusung tema “Bahaya Kekerasan Terhadap Perempuan di Lingkungan Kampus” sebagai tema Talk show.

Lanjut dikatakan kegiatan ini dikemas dalam bingkai yang menarik dengan metode yang mudah diterima dengan mengcombine antara dialog interaktif dengan diskusi tentang isu-isu hukum untuk meningkatkan pengetahuan tentang isi peraturan dan hal-hal fundamental yang lagi marak dibicarakan di masyarakat, dengan diselingi pentas music secara live, hal ini selaras dengan gelar City of Music yang disematkan untuk Kota Ambon, kota dimana LBH-KH Fakultas Hukum Universitas Pattimura berdiri.

Dr. Mustamu berharap Program ini bisa diterima oleh seluruh lapisan masyarakat. “Selamat Ulang Tahun Bunda Asuh Tercinta Fakultas Hukum Universitas Pattimura yang ke-65, Terbaik Untukmu Bunda Asuhku, teruslah berkembang dan melahirkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas untuk Kota Ambon, Provinsi Maluku dan Indonesia”.

Output yang didapat dari kegiatan ini adalah Universitas harus menyediakan regulasi yang lebih detail dalam mengatur persoalan kekerasan yang terjadi pada ruang lingkup kampus dan peningkatan sumber daya individu.

Dekan Fakultas Hukum Dr. R. J. Akyumen, S.H., M.Hum dalam sambutannya mengatakan program HUELE kerjasama Fakultas Hukum dengan Laguga Entertainment akan di laksanakan setiap bulannya dengan pembahasan mengenai persoalan-persoalan hukum, pendidikan dan politik yang  ada di masyarakat Maluku maupun masyarakat Indonesia.

Lanjutnya, Usia ke-65 tahun merupakan usia yang sudah matang, diusia ini Fakultas Hukum diperhadapkan dengan kondisi Pandemi Covid -19 akan tetapi Fakultas Hukum mampu melewatinya dengan baik bahkan lebih baik lagi, Fakultas Hukum mampu berinovasi memberikan aplikasi-aplikasi terbaik untuk memudahkan civitas akademika Fakultas Hukum UNPATTI yaitu :

  1. aplikasi SIMPEG (Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian) aplikasi ini di buat untuk memudahkan pencarian Data Kepegawaian, Riwayat Golongan, Riwayat Jabatan Fungsional, Riwayat Jabatan Struktural, Data judul skripsi, tesis, disertasi dosen, Data pelaksanaan tridharma dosen, Data publikasi karya dosen dengan tujuan publik dapat mengetahui kualitas dosen-dosen Fakultas Hukum UNPATTI dan Pengembangan kedepan akan ditambah fasilitas simulasi angka kredit dosen.
  2. SITAMA (Sistem Informasi Status Administrasi Mahasiswa) apikasi ini Untuk mengetahui:

–           Data Akademik mahasiswa

–           Data Keuangan mahasiswa

–           Data Kemahasiswaan

–           Data Perpustakaan

–           Data jumlah mahasiswa per angkatan

–           Data jumlah lulusan per tahun

–           Data rerata IPK lulusan per tahun

–           Data rerata masa studi lulusan per tahun.

Tujuannya di buat aplikasi ini yaitu untuk mempermudah pimpinan dalam mengambil kebijakan.

  1. Ithenticate

Tujuan aplikasi : untuk mengecek persentase similaritas skripsi mahasiswa dan artikel jurnal yang diterbitkan di Fakultas Hukum UNPATTI. Kapasitas 10.000 dokumen per tahun

  1. SIRAT (E-OFFICE)

Tujuan aplikasi untuk mengatur keluar masuk surat secara digital

Fakultas Hukum juga memiliki Jurnal-Jurnal yang Akreditasi Sinta 3 yaitu Jurnal SASI ( sementara proses untuk naik SINTA 2) dan Jurnal Belo (jurnal bagian hukum pidana), juga ada beberapa jurnal Yang dipersiapkan yaitu jurnal Batulis Civil Law Review (jurnal bagian hukum keperdataan), Jurnal Saniri (jurnal bagian HTN/HAN), Balobe Law Journal (jurnal bagian Hukum Internasional), jurnal TATOHI (jurnal penampung mahasiswa), Jurnal Aiwadthu (jurnal karya pengabdian hukum), Pattimura Law Journal ( jurnal internasional) dan Pamali : pattimura magister law journal (jurnal magister ilmu hukum).

Lanjut dekan, dalam bidang akademik Fakultas Hukum berusaha melakukan pelayanan prima bagi mahasiswa, dibidang keuangan tetap diutamakan transparansi dan di bidang pendidikan akan melakukan studi tiru di Universitas Hasanudin dalam rangka mengubah kurikulum yang lebih baik lagi dan pada bidang kemahasiwaan kita terus mendorong prestasi dan inovasi mahasiswa guna pengembangan Fakultas Hukum dan Universitas Pattimura kedepannya.

Dekan berharap di usia Fakultas Hukum ke-65 ini kita semua bahu membahu dalam pengembangan Fakultas Hukum sebagai bunda asuh tercinta.

Mewakili Rektor Universitas Pattimura, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutanya mengatakan upaya dan kerja keras Fakultas Hukum hingga mencapai usia ke 65 tahun mengarah pada pencapaian dari implementasi berbagai regulasi menyangkut status akreditasi program studi dan kepentingan Implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Lanjutnya “Fakultas Hukum memiliki semboyan Ad Augusta Per Angusta, Universitas Pattimura memiliki semboyan HOTUMESE dengan demikian marilah kita semua bekerja keras untuk bisa mewujudkan tantangan yang kita hadapi dan mendapatkan kualitas yang terbaik yaitu kualitas lulusan, kualitas dosen dan kualitas kurikulum dan pembelajaran. Dengan fakta yang ada bahwa kualitas Fakultas Hukum Unpatti sudah terlihat pada mahasiswanya yang dapat menerapkan kebijakan  Merdeka Belajar Kampus Merdeka”.

Dalam perayaan ini juga dilakukan penyerahan piagam untuk mahasiswa berprestasi dalam bidang sosial pendidikan, oleh Dekan Dr. R. J. Akyuwen, S.H, M.Hum dan juara III Nasional Kompetisi Peradilan Semu di Kendari oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Saartje Sarah Alfons, S.H., M.H. Selamat Dan Sukses Fakultas Hukum yang Ke-65, Ad Augusta Per Angusta

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#DiesnatalisFHke65

Leave a Reply

Your email address will not be published.